10 April 2020

Brand image adalah nama, istilah, ciri-ciri, atau simbol yang menunjukkan identitas atau gambaran dari suatu produk atau jasa.

Dengan adanya suatu brand, hal ini akan menunjukkan image, kualitas, cara produsen menjalankan bisnis, bagaimana produsen meyakinkan konsumen dan menerangkan nama sebuah produk. Adanya brand image, orang-orang akan lebih mudah mengenali suatu produk.

Baca Juga: Cara Membangun Brand Image Yang Kuat

Branding merupakan sekumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh pemilik brand. Tujuannya untuk membangun dan membesarkan brand. Tanpa adanya kegiatan komunikasi yang baik kepada konsumen yang disusun dan direncanakan dengan baik, sebuah merek tidak akan mudah dikenal bahkan tidak memiliki arti apa-apa bagi konsumen yang ditargetkannya.

Dalam membangun brand image tentu saja disini ada banyak hal penting yang harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Dengan brand image yang baik dan benar maka tentu saja akan membuat sebuah produk lebih mudah Anda pasarkan karena akan lebih mudah dikenal banyak orang.

Pentingnya Brand Image Dalam Marketing Produk

Dalam pemasaran sebuah produk, brand image memiliki peranan yang sangat penting. Beberapa manfaat brand image dan branding diantaranya :

  1. Adanya brand image, produsen secara tidak langsung menunjukkan produknya yang berkualitas dan terpercaya. Selain itu, untuk branding akan sangat diperlukan karena bisa membuat konsumen yang ditargetkan menjadi lebih familiar dengan produk yang ditawarkan.
  2. Dengan brand image, hal ini akan menumbuhkan kepercayaan bagi siapa saja konsumen yang menjadi target pemasaran. Seperti yang kita ketahui, seseorang tidak akan mudah percaya begitu saja dengan hal baru yang pertama dilihatnya. Namun seiring dengan intensitas bertemu maka seseorang bisa lebih tertarik untuk mengenalnya lebih jauh lagi.
  3. Branding bekerja dengan cara menargetkan konsumen untuk melihat, membaca, atau mendengarkan terus menerus merek dari suatu produk yang sama baik itu di majalah, billboard, koran, iklan di media sosial, televisi, ataupun di internet. Jika hal ini terjadi terus-menerus, target lama-lama akan mempercayai suatu produk tersebut.
  4. Brand image menampilkan personalitas yang unik serta membangun antara brand dan merek lain yang ada di pasaran.

Cara Membangun Brand Image Yang Tepat

Manfaat dan pentingnya brand image bisa didapatkan jika pembangunannya dilakukan dengan tepat. Apalagi saat ini hubungan brand image sangat erat kaitannya dengan loyalitas merek sebuah produk. Semakin bagus branding, semakin mudah pelanggan tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Pengaruh dan hubungan brand image yang baik terhadap loyalitas merek yaitu produk tersebut akan menjadi top of mind di benak konsumen sehingga konsumen cenderung memilih merek itu dibandingkan yang lain karena sudah melekat dibenaknya dan sudah ia percayai. Lalu bagaimana cara membangun branding yang tepat?

  1. Mulailah dengan melihat pesaing dalam pemasaran sampai Anda bisa menemukan angle lain yang berbeda dari kompetitor.
  2. Lakukan analisa dari angle yang digunakan apakah bisa membuat konsumen lebih memilih produk dengan merek yang Anda miliki atau bahkan masih tertarik dengan brand kompetitor.
  3. Buatlah logo, desain website, dan tagline yang disukai oleh publik. Cara ini bisa dimulai dengan melakukan survei dan ide-ide kreatif yang digunakan harus berinovasi.
  4. Tampilkan sebuah brand image yang positif dengan desain kreatif sehingga merek dari produk Anda lebih banyak dilirik oleh target konsumen.
  5. Setelah mendapatkan angle dan brand image yang tepat, sebisa mungkin Anda harus mampu mempertahankan image tersebut sehingga tetap dikenal baik oleh para konsumen.

Hubungan Brand image dengan loyalitas merek menjadi salah satu hal yang sudah pasti akan membuat loyalitas konsumen mulai terbangun dengan mudah. Untuk itu maka pastikan untuk memperhatikan brand image dan tidak menyepelekannya.

Baca Juga: Pengertian Word Of Mouth, dan Manfaatnya Terhadap Branding

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.