15 June 2020

Branding dari kata brand dimana brand sendiri saat ini dapat diartikan sebagai identitas diri yang membedakan antara manusia dengan manusia lainnya, dan antara perusahaan dengan perusahaan lainnya.

Sedangkan branding merupakan kegiatan komunikasi, memperkuat, mempertahankan sebuah brand dengan memberikan perspektif atau pandangan yang dapat mengubah sudut pandang orang lain terhadap brand atau persona masing-masing termasuk perusahaan. Ide branding dapat muncul jika kita banyak melihat kesuksesan brand-brand terdahulu.

Baca Juga: Menciptakan Diferensiasi Produk Pada Sebuah Brand

Identitas merupakan aset yang harus dijaga dengan baik. Khususnya bagi perusahaan. Menurut beberapa teori. Branding itu adalah bukan hanya sekedar merek atau nama dagang dari sebuah produk, melainkan terdapat logo, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, dan anggapan yang berada di benak konsumen. Perlu perlakuan khusus agar perusahaan Anda dapat terjaga kualitasnya melalui branding. Ciptakan ide-ide branding baru dan berkualitas untuk branding Anda.

Menurut portal laman jurnal.id, branding memiliki beberapa unsur seperti nama merek, logo, tampilan visual, penggunaan juru bicara, suara, dan kata-kata. Perhatikan unsur-unsur tersebut. Aturlah sedemikian rupa agar segala unsur yang mendukung kegiatan branding bisa berjalan dengan lancar. Setiap perusahaan ingin memiliki tempat yang baik di benak konsumen, oleh karena itu branding merupakan hal yang cocok untuk mencapai tujuan tersebut.

Bagi Anda yang baru ingin menjalankan branding, Anda perlu memperhatikan teknik-teknik dan hasil akhir branding dari perusahaan-perusahaan besar. Lakukanlah analisis kenapa branding tersebut berhasil atau kenapa branding perusahaan tersebut gagal. Buatlah perencanaan yang matang sebelum aktivitas branding dijalankan, termasuk modal. Anda perlu modal yang tidak sedikit karena sesuatu yang berhubungan dengan identitas tidak boleh sembarang agar konsumen Anda tidak berpindah ke lain perusahaan.

Perusahaan yang Sukses dengan Ide Brandingnya

Berikut adalah beberapa perusahaan dengan ide branding nya yang menghebohkan masyarakat Indonesia:

1. Nike

Nike perusahaan sepatu olahraga telah menghebohkan pecinta olahraga di Indonesia dengan branding nya melalui slogan “just do it”. Mungkin tidak hanya di Indonesia tetapi di luar negeri juga. Nike menjadikan produknya bersahabat dengan berbagai kalangan. Branding yang perusahaan tersebut lakukan melalui jenis sepatu sneakers sangat menghebohkan masyarakat di Indonesia pada waktu itu. Nike sudah melakukan branding yang sangat berhasil dimana kita tidak hanya berolahraga dengan sepatu Nike tetapi bisa juga bepergian ke mana saja dengan sepatu Nike.

2. Gojek Indonesia

Diawal kemunculannya di Indonesia, Gojek selalu ditentang dengan alasan menghancurkan lapak kerja ojek-ojek pangkalan. Padahal Gojek di sini menawarkan layanan jasa antar-jemput dengan memaksimalkan teknologi. Pada awalnya Gojek sedikit diragukan di Indonesia. Masyarakat banyak yang masih takut untuk menggunakan Gojek karena belum terbukti keamanan dan kenyamanannya. Melalui branding yang sangat kuat, Gojek perlahan-lahan membuat masyarakat berpikir bahwa transportasi yang terintegrasi dengan teknologi menjadi kebutuhan masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya dengan segala fitur kemudahannya yang keamanannya terjamin. Akhirnya branding tersebut berhasil membuat banyak masyarakat mulai bergantung dengan Gojek sebagai aplikasi antar-jemput mereka.

3. Ruang Guru

Mungkin sampai detik ini perusahaan di bidang pendidikan berbasis teknologi ini masih terus melakukan branding besar-besaran. Tetapi, ketika pertama kali masuk ke Indonesia, Ruang Guru langsung memposisikan dirinya berguna sebagai tempat mendapatkan pelajaran tambahan di luar sekolah tanpa harus bepergian ke luar rumah, cukup dengan telepon pintar saja maka pelajaran yang diinginkan bisa Anda pelajari kapan saja dan di mana saja. Setelah itu Branding tersebut berhasil karena banyak anak-anak di Indonesia terbantu oleh Ruang Guru untuk mengatasi pelajaran yang kurang dipahami di sekolah.

Pelajaran dari perusahaan lainnya dalam melakukan branding sangatlah berharga bagi Anda yang sedang atau ingin menjalankan aktivitas branding. Lakukanlah dengan penuh perhitungan, jangan lupa menyiapkan rencananya terlebih dahulu, dan tentukan strategi jitu Anda agar ide branding bagi perusahaan Anda bisa berjalan dengan baik.

Baca Juga: Pentingnya Membuat Katalog Produk yang Sesuai Dengan Citra Perusahaan

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.