13 March 2020

Berbisnis merupakan salah satu pilihan kerja populer masa kini.

Banyak orang yang memilih membuka usaha sebagai bentuk kebebasan akan diri sendiri dan juga untuk membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Namun, untuk membuat bisnis menjadi sukses diperlukan banyak usaha, salah satu yang paling penting ialah membangun brand.

Baca Juga: Branding Adalah Identifikasi Merek. 4 Komponen yang Harus Dilakukan Saat Branding

Brand merupakan wajah dari sebuah bisnis yang pertama kali akan dilihat oleh banyak orang. Secara tidak langsung, sebuah brand akan membangun identitas personal perusahaan Anda yang nantinya akan membedakan Anda dengan kompetitor.

Karena itu, sangat penting untuk membuat brand image dengan hati-hati. Bagaimana caranya? Apa saja yang perlu dipersiapkan? Yuk langsung saja perhatikan pembahasan berikut ini!

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Membangun Brand

Mengingat pentingnya brand untuk perusahaan, beberapa hal berikut ini perlu Anda persiapkan:

  1. Mengetahui Target Pasar dan Kompetitor

Riset pasar dan kompetitor merupakan langkah pertama yang perlu dipersiapkan oleh para pelaku usaha. Dengan mengetahui target dan kompetitor, akan memudahkan dalam membuat brand yang tepat. Jadi, Anda perlu untuk mencari tahu kepada siapa produk Anda ditujukan, mulai dari usia demografis, jenis kelamin, rata-rata penghasilan, dan lain sebagainya.

Keberadaan teknologi sangat membantu untuk mencari tahu sebanyak-banyaknya mengenai informasi yang Anda cari. Selain itu, penting juga untuk mengetahui kompetitor. Anda bisa mencari tahu demografis target pasar melalui target kompetitor. Setelah itu, tidak lupa untuk mendiskusikan dengan partner kerja Anda.

  1. Menentukan Ciri Khas Brand

Langkah ini sangat penting untuk dilakukan. Ciri khas dan karakteristik brand akan menentukan elemen penting selanjutnya. Nilai apa yang akan ditonjolkan dari produk dan brand Anda? Apa yang membuat orang melirik produk Anda? Mengapa memilih nilai tersebut? Bagaimana wajah dari nilai tersebut?

Semua aspek tersebut wajib diperhitungkan. Hal-hal ini juga akan menentukan penampilan brand dari segi visual creative seperti desain gambar dan tulisan.

  1. Mempersiapkan Nama dan Slogan

Nama dan slogan merupakan aspek yang kemungkinan bergantung dari jenis usaha dan karakteristik brand apa yang ingin dibangun. Nama dan slogan brand ini nantinya juga akan berpengaruh pada proses marketing mulai dari pembuatan website, logo, dan merek dagang.

Membuat nama brand  dan slogan yang mudah diingat, mudah diucapkan, memiliki makna yang luas, namun unik dan sulit ditiru perlu untuk Anda pertimbangkan.

  1. Mempersiapkan look brand yang sesuai

Visual art seperti font, warna dan logo dari brand perlu dipersiapkan dengan baik. Setelah nama dan slogan sudah diperhitungkan, saatnya bermain dengan look yang akan diberikan.  Aspek ini juga bergantung dari nilai yang ingin Anda bangun dari brand merek produk.

Perlu diingat, logo beserta elemen font dan warna harus ditentukan dengan baik agar mudah diingat dan unik. Anda bisa berdiskusi dengan desainer terbaik untuk mempersiapkan look brand yang menarik dan eye catchy.

  1. Persiapan pemasaran yang matang

Pemasaran merupakan langkah jitu untuk menembus target dengan baik. Salah satu cara pemasaran yang dapat dilakukan ialah iklan. Iklan sudah dikenal sejak lama sebagai cara branding yang efektif.

Bagi Anda yang baru memulai usaha, iklan digital bisa coba Anda tempuh. Iklan digital memiliki biaya yang relatif tidak terlalu mahal. Dengan demikian, biaya marketing tetap Anda tekan. Iklan digital ini juga sangat efektif di tengah era digitalisasi.

5 persiapan di atas perlu Anda lakukan untuk dapat membangun brand yang baik dan dikenal banyak orang. Namun, jangan lupa untuk terus melakukan evaluasi, perbaikan, dan inovasi agar tetap maju di tengah persaingan global. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Blueprint Adalah Basic Integrity Perusahaan. Pentingnya Blueprint dalam Bisnis

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.