31 March 2021

Media sosial memang sering dipandang sebagai akun pribadi untuk kesenangan penggunanya.

Akan tetapi dari segi bisnis, media sosial juga sangat berpotensi mendatangkan keuntungan jika digunakan sebagai lahan untuk memasang iklan secara online. Salah satu media sosial tersebut adalah Facebook. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur atau menentukan setting ads manager iklan facebook. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengatur halaman akun bisnis pada facebook. Simak uraian lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: 5 Kelebihan Iklan Online Dibanding Iklan Konvensional

Cara Mengatur Halaman Ads Manager Iklan Facebook

Facebook menyediakan halaman khusus yang diperuntukkan untuk media advertising bagi para pelaku bisnis. Untuk dapat mengatur halaman tersebut, simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Login ke Facebook Business Manager

Ini adalah akun bisnis yang khusus disediakan oleh Facebook. Untuk login dan memulai setting akun, anda dapat mengunjungi bussines.facebook.com. kemudian anda akan diarahkan untuk memasukkan informasi yang dibutuhkan. Ada 4 tahap informasi yang harus anda isi. Tahap pertama adalah mengenai pengenalan bisnis yang akan diiklankan. Kedua adalah berkaitan dengan informasi dasar tentang bisnis anda. Terakhir, ketiga adalah nama halaman iklan bisnis yang akan ditampilkan. Tahap yang terakhir adalah profil pemilik atau pengelola bisnis atau produk yang akan diiklankan tersebut.

2. Berbagi Akses Masuk dengan Partner

Ketika memiliki satu page yang akan digunakan untuk iklan, biasanya akun tersebut hanya bisa dimasuki dengan akses satu akun saja. Jika ada akses masuk dari akun atau perangkat yang lain, maka bisa-bisa hal tersebut dicurigai sebagai aktivitas yang tidak wajar atau upaya pembobolan akun. Hal tersebut tidak akan terjadi jika anda mengatur Ads Manager Iklan Facebook dengan menggunakan Facebook Business Manager. Fiturnya dirancang supaya anda dapat berbagi akses masuk ke page tersebut dengan orang-orang yang menjadi partner bisnis anda. 

Terdapat 3 langkah yang harus anda lakukan untuk melakukan setting ini. Langkah pertama adalah masuk ke halaman beranda. Kemudian masuk ke menu setting atau pengaturan. Klik opsi “masuk bersama”. Langkah terakhir adalah tinggal menambahkan alamat email dan sandi yang akan digunakan oleh akun milik partner anda untuk login di page ads manager yang anda kelola. 

3. Mengatur Sistem Kepegawaian

Walaupun memiliki akses masuk, tidak semua orang yang login di page Facebook bisnis anda memiliki posisi yang sama. Posisi teratas dimiliki oleh admin utama. Admin utama ini selanjutnya akan menentukan orang-orang yang bertindak sebagai manajer. Walaupun sebenarnya admin juga merangkap posisi sekaligus sebagai manager juga, akan tetapi tugas utamanya lebih berfokus pada pembagian tugas dan memantau page Facebook bisnis. 

Untuk menambahkan partner bisnis sebagai manajer, maka anda harus kembali masuk di halaman setting. Pilih option sebelah kiri lalu klik opsi “orang”. Kemudian pindah ke option sebelah kanan dan klik opsi “tambahkan orang baru”. Kemudian masukkan alamat email milik partner yang akan dijadikan sebagai manager.

4. Mulai Pembagian Tugas

Ketika seluruh partner yang anda masukkan sudah mampu masuk ke halaman page facebook bisnis, langkah selanjutnya adalah membagi tugas yang akan diselesaikan. Caranya adalah memilih akun iklan yang akan dikelola pada halaman beranda. Kemudian pilih opsi “tambahkan orang”. Selanjutnya anda tinggal memilih manajer atau partner sudah diberi akses sebelumnya untuk mengelola page tersebut. Maka partner tersebut sudah siap dan bisa untuk memulai mengelola page bisnis facebook anda.

Menarik dan sangat mudah sekali, bukan? Itulah cara yang dapat dilakukan untuk mengatur Ads Manager Iklan Facebook. Selamat mencoba! 

Baca Juga: Strategi Social Media Marketing Jitu untuk Bisnis Anda

Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!