02 September 2019

“Semakin bertambah hari, persaingan bisnis akan melaju pesat, terutama di kota-kota besar. “

Banyaknya pelaku bisnis sejenis membuat mereka selalu berusaha untuk melakukan promosi produk maupun branding yang sesuai dengan karakteristik produk mereka.

Agar proses branding tersebut dapat berjalan sebagaimana mestinya tanpa mengganggu aktivitas pengusaha dalam memproduksi produknya, biasanya mereka akan menyerahkan proses branding ini pada ahlinya. Branding agency atau branding consultan  adalah agensi yang banyak dipakai untuk menjalankan fungsi branding.

Baca Juga: Brand Loyalty Adalah Kunci Kesuksesan Suatu Brand

Adapun beberapa tahapan yang dilakukan oleh branding consultant terhadap produk atau jasa klien mereka pada saat proses branding, antara lain:

1. Menentukan Tujuan Melakukan Branding

Sebelum melakukan berbagai tahapan proses branding, satu hal yang perlu Anda ketahui, apa tujuan Anda melakukan branding. Apakah untuk memperkenalkan produk baru pada masyarakat, melakukan promosi, atau meningkatkan penjualan serta memperluas pasar?

Karena proses branding yang dilakukan oleh consultant branding pada produk atau perusahaan baru berbeda dengan produk atau perusahaan yang sudah lama berdiri dan terkenal di masyarakat. Oleh karena itu penting untuk mengetahui apa tujuan utama dalam melakukan proses branding.

2. Memilih Image Untuk Produk

Image yang tertuang pada logo adalah sebuah identitas yang konsisten dan solid bagi sebuah bisnis. Kemampuan untuk menunjukan konsistensi terhadap branding yang ditampilkan pada logo atau image inilah yang juga akan menunjukkan tingkat loyalitas dari beberapa pengunjung dan pelanggan.

Buatlah image atau logo yang sederhana, informatif, unik, sekaligus mudah diingat oleh khalayak. Dengan logo yang seperti ini, akan mempermudah branding consultant untuk melakukan proses branding terhadap produk Anda.

3. Menentukan Nilai Lebih Dari Sebuah Produk

Mengetahui nilai lebih dari sebuah produk sangatlah penting. Karena nilai lebih atau keunggulan dari sebuah produk ini akan mempermudah proses branding atau pemasaran. Nilai lebih ini pula yang akan menjadi pembeda dengan produk sejenis dari pesaing.

4. Menentukan Budaya

Biasanya, sebuah perusahaan akan menerapkan budaya tertentu pada produk-produk mereka yang senantiasa konsisten ditampilkan pada khalayak. Penampilan budaya yang selalu konsisten inilah yang nantinya akan terus diingat oleh pelanggan. Sehingga mereka akan mencari produk Anda ketika menginginkan produk sejenis yang banyak beredar di pasaran.

Oleh sebab itu, bangunlah budaya yang positif terhadap produk Anda. Karena sisi budaya positif ini akan dengan mudah dikenal konsumen sehingga mempermudah untuk melakukan proses pemasaran.

5. Menentukan Strategi Pemasaran

Setelah keempat tahapan di atas dilakukan oleh branding consultant, langkah selanjutnya yang akan mereka lakukan adalah melakukan strategi pemasaran. Ada banyak cara yang bisa dilakukan. Baik melalui cara online ataupun offline.

Baca Juga: Tugas Dari Branding Agency Yang Harus Anda Ketahui

Setelah mengetahui tahapan-tahapan branding di atas, sudah siapkah Anda untuk melakukan proses branding produk demi memenangkan persaingan? Jika Anda membutuhkan bantuan untuk melakukan branding bisnis Anda, kunjungi kami di sini