Inilah 5 Cara Meningkatkan Penjualan Online yang Harus Anda Ketahui

08 January 2021

Menjalankan bisnis online, memang susah-susah gampang.

Selain karena hemat biaya,  kreativitas yang ekstra juga diperlikan untuk memasarkan produk. Ada banyak cara meningkatkan penjualan online, namun tentunya Anda harus pandai-pandai memilahnya. Pasalnya, cara yang digunakan perlu Anda kuasai dan harus sesuai dengan bisnis Anda.

Baca Juga: Tips Membuat Digital Marketing Plan yang Jelas dan Menarik

Meningkatkan penjualan online adalah salah satu tujuan bagi para pelaku bisnis, bahkan hal ini menjadi tujuan yang utama. Hal tersebut dikarenakan perkembangnya bisnis, juga tergantung pada tingkat penjualannya termasuk penjualan online. Maka dari itu, di bawah ini kami akan membahas tentang cara-cara  jitu yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan online.

Daftar Cara Meningkatkan Penjualan Online

Meskipun Anda harus memilih dan memilah cara meningkatkan penjualan online yang cocok, namun pada dasarnya untuk menerapkannya bukanlah hal sulit. Bahkan syarat yang perlu Anda penuhi tidak begitu ribet seperti bayangan Anda. Nah, berikut 5 cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan online:

1. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial tidak bisa diremehkan dalam hal meningkatkan penjualan secara online. Pasalnya, banyak di luar sana bisnis yang melejit hingga pendapatannya berkali-kali lipat dari modal yang dikeluarkan, memulai usaha dari media sosial.

Kini media sosial merupakan salah satu platform yang tidak pernah sepi pengunjung, apalagi media sosial besar seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram. Hal inilah yang bisa menjadi potensi penjualan online bisa membludak, karena jutaan pengunjung berpotensi melihat bisnis Anda.

Apalagi kini banyak media sosial kini sudah banyak yang menawarkan fitur khusus untuk bisnis. Jadi, potensi meningkatnya penjualan online jauh lebih tinggi.

2. Tunjukkan Testimoni dari Pelanggan

Selain menggunakan media sosial, Anda bisa melakukan cara meningkatkan penjualan online kedua ini. Dengan menunjukkan testimonial pelanggan yang positif dalam jumlah banyak, tentu saja akan menarik minat calon pelanggan baru, sehingga penjualan online akan naik.

Namun, jangan sampai Anda menunjukkan testimonial dalam jumlah banyak dalam satu waktu. Pasalnya, hal ini akan dianggap spam yang mengganggu oleh pelanggan.

3. Aktif di Komunitas Online

Komunitas online khusus pengusaha, baik pemula dan profesional dapat membantu Anda untuk mempelajari karakteristik konsumen. Hal ini memang terlihat sepele, namun hasilnya bisa sangat memuaskan.

Pasalnya, ketika Anda mengetahui karakteristik konsumen dengan baik, maka Anda bisa menciptakan produk yang diinginkan oleh konsumen, sehingga penjualan online dapat meningkat. Selain itu, dengan aktif di komunitas online Anda bisa mendapat informasi-informasi tentang bisnis lainnya.

4. Buat Iklan yang Jujur

Jika ingin meningkatkan penjualan online, tentu saja Anda perlu membuat iklan. Namun, jangan sampai Anda membuat iklan yang tidak jujur, ya! Karena hal tersebut sama saja Anda membohongi pelanggan. Jika terus dilakukan, Anda tidak akan dipercaya lagi oleh pelanggan.

Iklan yang jujur juga akan berpengaruh pada peningkatan penjualan. Karena ketika pelanggan melihat iklan tersebut, kemudian mulai membeli produk Anda dan produk sesuai dengan iklan, maka kemungkinan besar mereka akan repeat order.

5. Manfaatkan Influencer Berpengaruh

Pasti Anda yang aktif di media sosial tahu tentang istilah endorse atau  kolaborasi dengan influencer. Hal tersebut juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan, lho. Namun, harga yang perlu Anda keluarkan untuk menggunakan cara ini cukup mahal.

Jika berminat, Anda bisa menggunakan jasa influencer yang sesuai dengan bisnis. Karena influencer yang sesuai dengan bisnis Anda, pasti memiliki pengikut yang sama dengan target pasar Anda.

Bagaimana? Sudah tahu tentang cara meningkatkan penjualan online, bukan? Meskipun tidak semua cara bisa dilakukan dengan dana minim, namun Anda masih bisa memilih cara yang sesuai budget, kok. Nanti jika penjualan sudah stabil di angka yang tinggi, Anda bisa menggunakan cara yang harganya mahal, namun hasilnya dahsyat.

Baca Juga: Proses Membuat Nama Brand dan Kaitannya Dengan Strategi Branding

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini!