13 January 2021

“Banyak perusahaan yang makin sukses setelah mengambil jalur pemasaran produk secara digital.”

Melakukan pemasaran produk tanpa rencana, hasilnya pasti nihil atau tidak sesuai dengan target Anda. Pasalnya, persoalan memasarkan produk bukanlah hal yang sepele, apalagi jika Anda memasarkan produk secara digital. Masih banyak hal yang perlu Anda perhatikan, agar pemasaran dapat membuahkan hasil yang memuaskan.

Anda harus membuat rencana pemasaran produk, karena jika Anda hanya asal-asalan, pemasaran yang dilakukan tidak akan ada artinya. Melakukannya tanpa perhitungan yang matang, justru akan membuang-buang tenaga saja. Oleh sebab itu, mari belajar tips untuk membuat rencana pemasaran!

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Produk Secara Digital yang Kreatif

Tips Membuat Rencana Pemasaran Produk

Tak banyak tips yang akan dibahas pada artikel ini. Meskipun begitu, hasil dengan melakukannya cukup membuat pemasaran yang Anda lakukan menghasilkan suatu hal yang memuaskan. Berikut cara membuat rencana pemasaran produk yang baik:

1.   Riset adalah Kunci Awal

Dalam membuat sebuah rencana pemasaran sebuah produk, hal yang tidak boleh dilewatkan adalah riset. Pasalnya, produk yang akan Anda luncurkan nantinya akan dibeli oleh orang lain, sehingga jangan terlalu fokus pada produknya saja. Maka dari itu, lakukanlah riset pasar yang matang, karena pasar menentukan apakah produk akan laku atau tidak.

Banyak sekali produsen yang meluncurkan produk dalam jumlah besar, namun tidak melakukan riset pasar terlebih dahulu, sehingga banyak yang gagal menghasilkan penjualan tinggi. Nah, untuk mempermudah Anda melakukan riset, jawab saja rumusan masalah berikut:

  • Apa alasan meluncurkan produk tersebut?
  • Adakah pesaing di pasar dengan produk yang sama?
  • Siapa target pasarnya?
  • Keunggulan produk seperti apa, sehingga orang akan membelinya?
  • Bagaimana cara yang dilakukan agar orang mau membelinya?
  • Target yang ingin dicapai seperti apa?

Kegagalan yang biasa terjadi pada peluncuran produk adalah sumber daya terbuang, waktu yang tersita, dan produk masih menumpuk, sehingga Anda akan melakukan langkah terakhir seperti banting harga. Sungguh merugikan, bukan? Maka dari itu, lakukan riset yang mendalam, karena riset adalah kunci keberhasilan peluncuran produk.

2.   Uji Produk adalah Hal Penting

Selanjutnya, Anda perlu melakukan uji produk yang akan diluncurkan di pasaran. Hal ini dilakukan untuk mengevaluasi kekurangan produk, sehingga Anda dapat memperbaikinya sebelum melakukan peluncuran. Dengan melakukannya, Anda sangat bisa meminimalisir kekurangan, lho.

Untuk melakukan uji coba ini, Anda bisa melibatkan beberapa pelanggan guna memastikan perbedaan dalam produk Anda dan produk lainnya yang sejenis. Anda harus melakukan uji coba produk ini, karena sekecil apapun masalah yang terjadi pada produk Anda, tentu akan mengurangi tingkat kepercayaan pelanggan.

3.   Matangkan Tim Anda

Cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat rencana pemasaran produk adalah mematangkan seluruh tim. Pastikan bahwa semua tim Anda yang akan dilibatkan dalam peluncuran, tahu akan seluk-beluk produk dengan detail.

Perlu Anda ingat, bahwa dalam peluncuran yang terlibat bukan hanya tim penjualan atau pakar produk saja, tetapi juga umpan balik semua orang. Sehingga semua yang terlibat harus menguasai pengetahuan tentang produk, agar feedbacknya baik.

4.   Gunakan Website sebagai Senjata

Senjata yang bisa Anda gunakan dalam membuat rencana pemasaran adalah website. Aset digital satu ini berfungsi sebagai kantor berbasis online dari perusahaan Anda, sebagai toko, dan juga sebagai media pemasaran online.

Nah, sebelum meluncurkan produk baru, Anda harus melampirkan semua informasi tentang produk di halaman website. Setelah itu, maksimalkan penggunaan website dengan SEO, agar potensi halaman mendapat kunjungan banyak. Semakin banyak kunjungan, maka semakin banyak pula kesempatan produk terjual tinggi ketika diluncurkan.

Baca Juga: Tips dan Strategi Penjualan Online untuk Menambah Penjualan

Mungkin jika dihitung dari jumlahnya, sebuah rencana matang tidak akan dicapai dari 4 tips di atas. Namun perlu Anda ketahui, membuat rencana pemasaran produk secara digital tidak dilihat dari seberapa banyaknya cara, akan tetapi dapat memberikan hasil memuaskan jika cara tersebut dilakukan dengan maksimal. Selamat mencoba!

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia marketing? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.