01 December 2021

Dapatkan berbagai keuntungan dengan jasa digital marketing.

Jika belum memiliki ahli di bidang pemasaran online, maka Anda bisa menggunakan jasa digital marketing dari pihak ketiga untuk menunjang bisnis. Mengingat sekarang ini penggunaan media sosial dan internet menjadi pendukung berpengaruh untuk dunia bisnis.  Di Indonesia sendiri penggunaan internet sudah semakin meluas, bahkan sampai ke pelosok negeri. Itu artinya jika dari sekarang Anda melebarkan bisnis dengan memanfaatkan dunia digital maka potensi untuk menambah pelanggan akan semakin banyak dari tiap daerah Indonesia.

Berbeda dengan zaman dulu, dimana orang harus menghabiskan sekian rupiah untuk ongkos promosi barang dari satu tempat ke tempat lain. Sekarang ini cukup memanfaatkan koneksi internet bisa menjangkau seluruh negeri, bahkan sampai ke luar negeri sekalipun. Kuncinya adalah memiliki skill untuk berkomunikasi secara baik sekaligus mempengaruhi orang agar tertarik menjadi pelanggan. Tidak sembarang orang akan berhasil melakukan pemasaran digital, oleh sebab itu adanya jasa membantu bisnis berkembang lebih besar.

Baca Juga: Alasan Anda Memerlukan Social Media Management

Keuntungan Menggunakan Jasa Digital Marketing

Anda sebenarnya bisa merekrut orang untuk menjadi spesialis digital marketing. Namun, permasalahannya jika ini kali pertama akan melakukannya maka butuh seleksi ketat agar target market tercapai secara baik. Sementara jika memanfaatkan jasa digital marketing maka ada sepaket keuntungan didapatkan, meliputi:

  1. Lebih cepat bisnis dikenal dan dapat menjangkau pasar lebih luas karena sebuah jasa berpengalaman pasti sudah tahu trend pasar seperti apa.
  2. Sementara jasanya menjalankan tugas sesuai kesepakatan, Anda bisa fokus menjalankan bisnis tanpa direpotkan dengan urusan postingan, dsb.
  3. Ketika pekerjaan dilakukan oleh ahlinya maka hasil akhir, dalam hal ini berkaitan dengan promosi akan semakin memuaskan.
  4. Sebuah layanan profesional bukan hanya menjalankan pekerjaan sesuai perjanjian, namun juga memberikan saran apabila dibutuhkan. Secara tidak langsung, efektivitas ini juga berpengaruh terhadap penghematan dana.
  5. Keuntungan terakhir menggunakan jasa digital marketing adalah menjangkau target pasar lebih sesuai karena tangan dingin tim di bidangnya tersebut.

Namun, catatan penting ketika memilih layanan, pastikan kredibilitas dari layanan tersebut. Pertimbangan di awal akan berpengaruh terhadap langgeng atau tidaknya sebuah bisnis, terutama sekarang ini persaingan di era modern semakin ketat dan semakin panas.

Langkah-langkah Bekerja Sama dengan Jasa Digital Marketing

Sebagai referensi jika Anda terpikirkan untuk menggunakan layanan profesional biasanya ada berbagai tahapan harus dilalui. Agar tidak terlalu blank, perhatikan poin-poin di bawah ini:

  1. Pihak pertama yang merupakan pemilik bisnis terlebih dahulu menghubungi bagian  jasa digital marketing dan menanyakan banyak hal.
  2. Jika obrolan dari jarak jauh sudah terasa cukup maka dilakukan pertemuan untuk membahas konten yang akan diangkat di internet.
  3. Pihak pertama akan memberikan penjelasan terkait bisnis dan menyampaikan keinginan konsep postingan atau kontennya seperti apa, jangkauannya sampai mana, siapa saja, dsb.
  4. Berdasarkan penjelasan dari pihak pertama, pihak kedua akan memberikan masukan dan saran terkait konten yang akan dinaikkan sesuai waktu kesepakatan.
  5. Adanya diskusi antara kedua belah pihak sampai ditemukan titik sepakat pada satu keputusan.
  6. Konten diangkat menjadi sarana pemasaran di media sosial, website, email, dsb sesuai kesepakatan.
  7. Pihak pertama berhak melakukan evaluasi dan melakukan diskusi tambahan jika ada kendala di pertengahan perjanjian.
  8. Pihak kedua menampung kritik dan memperbaiki kinerja apabila dirasa perlu.

Kedelapan proses antara pebisnis dengan jasa digital marketing dilakukan sampai akhir kontrak perjanjian selesai. Bukan tidak mungkin apabila pebisnis merasa puas maka selanjutnya akan terus menggunakan jasa terkait sampai batas waktu yang ditentukan.

Tantangan dalam Dunia Digital Marketing

Setiap peluang yang semakin besar akan berimbang dengan tantangan yang tidak kalah besar juga. Meskipun sudah memanfaatkan layanan profesional, namun sebagai pebisnis, Anda juga tetap harus paham beberapa tantangan dalam dunia digital marketing:

  1. Jangkauan pemasaran online memang semakin luas dan mudah menyebar, untuk itu secara tidak langsung akan ada lonjakan besar dari segi wilayah dan waktu. Jika sumber daya tidak memadai maka bisa saja pesanan membludak tanpa tertangani.
  2. Tanpa menggunakan jasa digital marketing profesional maka akan membutuhkan waktu lebih banyak untuk merekrut dan melatih karyawan. Pilihannya mempekerjakan profesional dengan gaji besar atau memberi gaji kecil, namun merekrut orang belum berpengalaman.
  3. Meskipun terlihatnya lebih mudah menjangkau pasar secara lebih luas, akan tetapi tantangan bersaing dengan algoritma Google, Facebook, dan platform lainnya merupakan sebuah permasalahan serius.

Ada peluang, ada tantangan. Ketika kita semakin dimudahkan oleh teknologi, maka bayarannya adalah diri sendiri harus mau membuka wawasan. Tanpa belajar, sekalipun ada peluang besar dari internet maka peluang mendapatkan engagement tidak akan mudah didapatkan.

On Page SEO dan Off Page SEO

Salah satu strategi yang biasanya akan dilakukan oleh jasa digital marketing adalah SEO atau search engine optimization. Singkatnya SEO merupakan sekumpulan kata yang diulang beberapa kali dalam satu narasi penuh untuk mendapatkan engagement dari pembaca.

SEO terbagi menjadi dua jenis, pertama On Page SEO, kedua Off Page SEO. On Page SEO merupakan upaya meningkatkan engagement dari dalam situsnya langsung. Berbagai upaya ini meliputi:

  1. Riset keyword atau kata kunci yang sesuai dengan topik dalam artikel. Untuk menentukan keyword paling sering digunakan, Anda bisa menggunakan tools tertentu.
  2. Konten atau isi dari setiap postingan ibarat daging yang menarik dan mempertahankan pembaca untuk terus mengunjungi web. Semakin menarik konten maka semakin besar kemungkinan pembaca baru terus berdatangan.
  3. Optimasi kecepatan halaman, dimana situs Anda akan bersaing dengan situs serupa lain dalam menduduki posisi pertama mesin pencari Google.
  4. Menggunakan sub header secara tepat guna mendukung optimasi, hal ini sudah tidak asing bagi jasa digital marketing.
  5. Untuk mempromosikan postingan lain, Anda bisa menambahkan link internal supaya pembaca terarahkan menuju topik serupa dari link berbeda.
  6. Optimasi title, URL, dan tag deskripsi juga turut mempengaruhi engagement pembaca di internet.

Lain dengan On Page SEO, Off Page SEO hanya memuat dua hal, yakni link building, yakni web lain yang mengarahkan klik ke web Anda. Kedua, social sharing atau membagikan artikel ke beberapa sosial media di internet.

Baca Juga: Tips Membuat Desain Kemasan Produk Unik untuk Brand Anda

Semakin profesional sebuah jasa, semakin besar pula peluang mendapatkan engagement dari seluruh pengguna internet. Adanya jasa digital marketing merupakan solusi bagi para pebisnis, khususnya pemula. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!