08 October 2021

Manfaatkan Digital Campaign untuk pemasaran bisnis Anda.

Digital campaign mempunyai peranan penting dalam menjangkau target market yang lebih luas. Namun untuk menerapkannya pebisnis perlu memahami masing-masing jenisnya agar mampu memberikan manfaat yang maksimal. Kampanye atau iklan berbasis digital saat ini menjadi salah satu trend pemasaran yang dijalankan banyak orang, terlebih Indonesia adalah negara yang mempunyai riwayat perkembangan teknologi yang pesat. Selain itu masyarakat Indonesia saat ini sudah bermigrasi menggunakan cara-cara pemasaran berbasis digital. Salah satu alasannya adalah pengguna internet di Indonesia yang terus bertambah setiap harinya.

Baca Juga: Pentingnya Jasa Pembuatan Website Professional untuk Lead Bisnis

7 Macam Digital Campaign untuk Pemasaran

Oleh sebab itu para pebisnis lebih cepat menjangkau market lewat internet marketing. Berikut adalah 7 macam kampanye iklan berbasis digital yang perlu dicermati agar memberikan hasil yang optimal.

1. Digital Campaign Search Engine Optimization atau SEO

Search Engine Optimization atau dikenal dengan istilah SEO bagi sebagian besar pengguna internet. SEO merupakan alat berbasis digital yang dirancang untuk mengoptimalkan mesin pencari Google. SEO dijalankan dengan menargetkan kata kunci tertentu yang disematkan di dalam konten. Fungsi SEO adalah membantu pebisnis agar lebih mudah membidik jangkauan market yang lebih luas.Search Engine Optimization hingga kini masih sering dimanfaatkan banyak orang karena manfaatnya yang besar.

Salah satunya manfaat dalam memasarkan produk maupun jasa di internet dan jejaring sosial. Terlebih kebanyakan orang umumnya mencari produk dengan menggunakan kata kunci khusus di kolom pencarian Google. Sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk melakukan pemesanan dan pembelian produk. Penerapan Search Engine Optimization atau SEO yang tepat akan memunculkan konten di Page One halaman Google, sehingga konten yang Anda buat lebih cepat diakes oleh audiens.

2. Sosial Media Marketing atau SMM

Salah satu jenis digital campaign yang efektif mengoptimalkan pemasaran yaitu sosial media marketing atau SMM. Sosial media tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern seperti sekarang ini. Setiap hari banyak orang berbagi informasi dan komunikasi menggunakan media sosial. Selain itu saat ini media sosial dimanfaatkan masyarakat modern untuk berbagi video, foto, dan konten lainnya.

Terdapat ratusan jenis media sosial yang dirancang sesuai kebutuhan masing-masing penggunanya. Seperti Instagram, Facebook, dan media sosial lain yang mulai bermunculan di Google Play Store. Media sosial rupanya juga dimanfaatkan sebagai sarana promosi secara online. Hal ini lantaran jangkauannya sangat luas, sehingga memudahkan pebisnis yang ingin mengembangkan bisnis online maupun offline. Sosial media marketing terlihat dari adanya penggunaan Instagram Ads, Twitter Ads, dan masih banyak lainnya. Fungsinya efektif untuk meningkatkan user generated content atau mengajak orang memberikan testimoni produk.

3. Search Engine Marketing atau SEM

SEM atau Search Engine Marketing juga dapat dimanfaatkan sebagai digital campaign. Fungsi Search Engine Marketing atau SEM untuk mendapatkan jangkauan pengunjung yang berasal dari mesin pencari Google. Search Engine Marketing merupakan salah satu jenis marketing digital yang memungkinkan Anda mempromosikan produk di halaman pertama mesin pencari. Namun untuk menerapkannya dibutuhkan strategi khusus.

Pebisnis biasanya membutuhkan anggaran yang lebih besar apabila ingin menerapkan strategi Search Engine Marketing. Dengan demikian mesin pencari di halaman Google akan menampilkan hasil pencarian berbayar. Salah satu cirinya adalah tulisan “Ad” yang biasanya disematkan pada baris konten iklan bisnis tersebut. Anda dapat membeli spot iklan Search Engine Marketing yang menampilkan tulisan Ads.

4. Konten Digital Marketing dan Viral Marketing

Konten marketing adalah jenis digital campaign yang banyak dimanfaatkan pengguna internet. Namun ciri-cirinya berbeda dengan viral marketing yang juga berfungsi sebagai alat pemasaran digital seperti penjelasan di bawah ini:

  • Membuat konten yang menarik minat

Konten marketing merupakan salah satu strategi dan praktik pemasaran yang dirancang melalui berbagai macam informasi berkualitas, yang dibuat harus memberikan manfaat dan mengundang ketertarikan orang.

  • Konten marketing dibuat tidak terbatas

Pembuatan konten marketing untuk menstimulasi ketertarikan orang terhadap produk bisnis yang ditawarkan., sehingga isi konten tidak terbatas seperti tulisan, caption, banner, website, video, gambar dan audio.

  • Viral marketing dibuat berdasarkan konten populer

Viral marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan lewat konten yang berpotensi viral. Tujuannya untuk menarik audiens agar memberikan respon terhadap berbagai konten yang telah dilihat. Konten viral dapat dibuat dengan berbagai format seperti video, gambar, rekaman dan lainnya yang berpotensi viral. Bahannya juga bisa diambil dari konten yang lucu, aneh maupun sedang tren.

5. Digital Campaign Pay Per Click atau PPC

Iklan kampanye berbagai digital selanjutnya yaitu Pay Per Click atau dikenal dengan istilah PPC. Pay Per Click adalah strategi marketing berbasis online yang memanfaatkan website sebagai perangkat dan internet. Pembayaran dilakukan setiap kali iklan yang tayang di website mendapat klik dari pengunjung. Anggarannya biasanya tergantung dari performa website bisnis yang dipasangi Pay Per Click atau PPC. Penggunaan Pay Per Click atau PPC saat ini menjadi pilihan banyak pebisnis di tanah air. Oleh sebab itu agar mengoptimalkan pemasaran para pebisnis perlu mempertimbangkan tingkat kompetisi keyword website. Pay Per Click dipasang pada kolom iklan di halaman website yang mempunyai traffic pengunjung tinggi. Semakin bagus performa website akan memengaruhi jumlah klik pada iklan tersebut.

6. Digital Campaign oleh Influencer Marketing

Kampanye iklan yang dijalankan secara online juga bisa dilakukan melalui influencer marketing. Tentunya istilah influencer tidak asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang setiap hari menggunakan internet. Influencer marketing adalah orang-orang yang mempunyai pekerjaan mempromosikan produk barang maupun jasa. Namun tugas influencer marketing biasanya tidak hanya mempromosikan produk lewat media sosial saja. Influencer marketing memiliki tugas mengajak orang-orang untuk melakukan tindakan pemesanan jasa atau pembelian produk. Setiap influencer mempunyai strategi masing-masing agar mendatangkan respon positif dari audiens. Bekerja sama dengan influencer bisa dilakukan untuk menjangkau demografis user sosial media yang besar. Secara umum bentuk kerjasamanya dapat dilakukan dengan pemberian giveaway, diskon maupun lomba.

Baca Juga: Perbedaan Reach dan Impressions Instagram Adalah? Simak di Sini

7. Digital Campaign Lewat Email Marketing

Email marketing adalah salah satu bentuk kampanye digital yang diminati perusahaan besar. Strategi marketing tersebut dijalankan dengan mengirimkan pesan dalam berbagai format seperti tulisan dan gambar kepada pelanggan. Email marketing biasanya hanya dikirim kepada orang-orang maupun pelanggan yang telah subscribe platform atau website bisnis. Pengiriman email dimanfaatkan untuk membangun loyalitas bisnis kepada para pelanggan.

Ketujuh kampanye digital di atas dapat memaksimalkan pemasaran online produk Anda. Oleh sebab itulah setiap pebisnis perlu menerapkan jenis digital campaign sesuai kebutuhan marketing. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!