11 June 2021

Suatu bisnis, selain memberikan kualitas produk dan pelayanan yang ramah, juga membutuhkan marketing campaign untuk mendukung kedua hal tersebut.

Baik dalam menjalankan ranah bisnis offline maupun online, kampanye atau promosi ini sangat penting. Dalam bisnis offline, salah satu kesalahan ketika produk sudah lengkap dan pelayanan sudah maksimal, barangkali lokasi tidak strategis. Sementara pada bisnis online, ketika produk sudah lengkap, konten sudah bagus, percuma tanpa adanya kampanye pemasaran produk. Dalam bisnis online, banyak cara mengampanyekan bisnis untuk memaksimalkan penjualan. Kampanye tidak bisa dianggap sebagai hal sepele sebab dari sana khalayak jadi tahu apa yang Anda jual. Sebagus apapun produk tidak akan ada pembeli jika mereka tidak tahu, sehingga marketing campaign berperan aktif dalam hal ini.

Baca Juga: Jenis-jenis Marketing Campaign Google Ads

Jenis-jenis Marketing Campaign dari Google Ads

Strategi pemasaran dari Google ini merupakan salah satu cara untuk mendapatkan jumlah pembeli sebanyak mungkin. Ada banyak jenisnya, Anda tinggal memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis, contohnya:

1. Search Network with Display Select

Jenis iklan ini didapuk sebagai salah satu jenis kampanye pemasaran yang cocok bagi pemula. Bentuknya berupa iklan teks dengan kata kunci yang telah ditentukan. Nantinya pemilihan iklan tersebut akan muncul pada berbagai media, teks, video, maupun gambar.

2. Search Network Only

Jenis marketing campaign kedua ini akan memunculkan iklan Anda di samping hasil pencarian senada. Ketika orang mencari sesuatu terkait dengan produk Anda maka besar kemungkinan mereka melihat kemudian membuka linknya sampai akhirnya membeli. Banyak orang percaya bahwa strategi pemasaran satu ini efektif untuk menarik lebih banyak pelanggan. Semakin banyak orang mencari sesuatu dari kata kunci yang berkaitan dengan iklan Anda maka semakin besar potensi Anda untuk mendapatkan pelanggan tetap. Ini salah satu alasan kenapa ketika seseorang mencari kata kunci “makanan burung” suatu waktu, keesokannya muncul pencarian sejenis. Hal senada berlaku pada kata kunci lainnya.

3. Display Network Only

Ketika sedang berselancar di internet untuk mencari sumber biasanya muncul gambar seperti pop up di bagian tertentu yang seperti ini dinamakan sebagai display network only. Biasanya tidak hanya muncul pada satu web, namun pada berbagai web lainnya. Hal yang dibutuhkan ketika menggunakan jenis kampanye pemasaran ini adalah memuat judul dan isi berkaitan dengan bisnis. Nantinya besar kemungkinan iklan tersebut dipasang pada halaman Google dan berbagai halaman media sosial partner mesin pencari Google.

4. Video

Pemasaran berupa video biasanya banyak ditemukan ketika menonton tayangan Youtube. Beberapa orang mungkin akan melewati iklan tersebut, namun jika ditayangkan berulang kali maka pasti mengundang rasa penasaran hingga mereka kenal dulu dengan produknya. Setelah mengenal, apabila target marketing campaign-nya tepat sasaran maka besar kemungkinan bisnis Anda mulai laris manis. Hal penting untuk mendapatkan keuntungan secara cepat adalah sedari awal isi dari konten video promosi tersebut harus menarik.

5. Aplikasi Universal

Jujur saja saat ini kebutuhan seluruh masyarakat dunia terhadap internet sangat tinggi. Mulai dari aktivitas serius di web, mencari hiburan di aplikasi, dan menghasilkan uang dari Youtube. Saking seringnya aktivitas tersebut dilakukan maka seyogyanya dimanfaatkan betul. Sebagai pebisnis, peluang keuntungan terbuka lebar, Anda dapat mulai mengiklankan produk terkait pada semua aplikasi universal. Mulai dari media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, dan banyak lagi sampai Youtube sebagai media iklan berbayar.

Baca Juga: 3 Manfaat Google Display Network untuk Marketing Bisnis Anda

Banyak cara memberitahukan khalayak bahwa Anda menjalankan bisnis berbagai produk yang mereka butuhkan. Ketika mereka sudah mulai mengenal maka selanjutnya tinggal mendukung langkah marketing campaign tadi dengan pelayanan terbaik dan juga maksimal. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!