02 June 2021

Dalam dunia marketing, Anda akan diperkenalkan dengan jenis-jenis pemasaran seperti apa yang ampuh untuk menggaet konsumen.

Pada teorinya jenis-jenis pemasaran tersebut mungkin terdengar sederhana, namun tidak semua orang mampu melaksanakan tugas seorang marketing di lapangan. Itu kenapa sedikit orang dapat bertahan dalam profesi tersebut karena memang membutuhkan kemampuan dan keinginan yang gigih. Produk yang ditawarkan bukan hanya berupa barang, namun juga dapat berbentuk jasa dimana perannya memberikan layanan. Perkembangan teknologi bahkan memperluas trik marketing dengan adanya strategi dagang online. Meskipun demikian, namun trik pemasaran konvensional masih banyak digandrungi karena masih menang dalam kalangan masyarakat pedesaan.

Baca Juga: 4 Manfaat Jingle Iklan untuk Branding Bisnis Anda

Jenis-jenis Pemasaran yang Harus Diketahui

Bicara soal jenis pemasaran dalam berbisnis, tentu Anda dapat menemukan banyak contohnya. Adapun jika dijabarkan satu demi satu, berikut adalah penjelasannya:

1. Dari Mulut ke Mulut

Jenis pemasaran seperti ini dapat dikatakan seringnya dilakukan secara tidak sengaja. Ketika si A membeli barang dari si B kemudian merasa puas, lantas dengan sendirinya merekomendasikan tanpa sadar pada si C. Kualitas produk memang menentukan segalanya. Strategi ini memang terbilang cukup tua, namun masih digunakan sampai saat ini karena budaya Indonesia yang suka berkumpul. Dalam perkumpulan, biasanya selalu ada obrolan ringan mengenai apapun sehingga penyelipan rekomendasi produk sangat memungkinkan.

2. Ajakan untuk Bertindak

Ajakan untuk langsung membeli atau call to action biasanya dapat ditemukan pada bagian kalimat terakhir sebuah narasi. Karena bentuk pemasarannya online, maka ajakan tersebut biasanya disertai dengan nomor yang bisa dihubungi atau link langsung ke laman online shop. Bisa juga berupa marketing langsung dengan membawa barang dagangan dan mengajak calon konsumen membeli saat itu juga. Namun, ajakan seperti ini harus lebih dulu meyakinkan target terhadap berbagai alasan kenapa produk tersebut harus dibeli.

3. Memanfaatkan Media Sosial

Seiring dengan perkembangan teknologi, muncul kemudian jenis-jenis pemasaran memanfaatkan media sosial. Media sosial bukan hanya dapat dijadikan sarana eksistensi diri di dunia maya, namun jika dimaksimalkan dapat menjadi sumber penghasilan masa kini. Tapi, tentunya tidak sembarang media sosial efektif menjadi sarana jual beli. Perhatikan dulu apakah jumlah follower memadai kemudian pikirkan seperti apa konten postingan, mulai dari foto maupun video serta tautan dengan menyertakan tanda pagar sebagai pelengkap.

4. Iklan Berbayar

Memanfaatkan iklan berbayar masuk ke dalam salah satu dari sekian jenis-jenis pemasaran yang bisa dilakukan, baik online maupun offline. Contoh iklan berbayar secara online adalah kemunculan facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, endorse selebgram, dan iklan Youtube. Contoh marketing iklan berbayar secara offline adalah pemasangan info produk pada papan iklan di jalan raya. Videotron juga termasuk salah satunya. Berbagai desain iklan saling berlomba untuk terlihat tampak lebih menarik sehingga khalayak tertarik untuk membeli.

5. Direct Selling

Ada juga istilah direct selling atau sistem penjualan langsung dari produsen kepada konsumen. Salah satu produk terkait biasanya buku anak dengan harga premium dan kualitas bahan tidak main-main. Biasanya konsumen bertindak sebagai agen juga. Keuntungannya bukan hanya didapatkan produsen, namun juga selisih harga menjadi keuntungan bagi konsumen tetap. Istilah lain untuk menyebut direct selling adalah penjualan langsung dari pintu ke pintu. Produsen tidak perlu membayar pihak untuk menjadi penjual.

Baca Juga: 4 Keuntungan Masa Depan Menggunakan Jasa SEO Agency

Banyak sekali strategi dagang yang diterapkan oleh para pebisnis di Indonesia maupun dunia. Berbagai informasi di atas merupakan hal penting yang harus diketahui, terutama oleh pemula. Sebab jenis-jenis pemasaran menentukan efektivitas bisnis Anda di pasaran. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!