Kenali Strategi dan Cara Kerja Digital Marketing

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE
cara-memilih-digital-marketing-agency-terbaik-dreambox

Cara kerja digital marketing menghasilkan marketing lebih optimal.

Cara kerja digital marketing bisa bermacam-macam, tergantung pada manfaat dan tujuan dari perusahaan itu sendiri. Digital marketing merupakan upaya pemasaran yang dilakukan dengan memasarkan produk atau jasa secara digital, melalui media online atau internet. Perkembangan dunia teknologi, memang memiliki pengaruh cukup besar terhadap perkembangan bisnis. Kini setiap perusahaan mengandalkan internet, dimana hampir seluruh orang di dunia pasti menggunakannya, sehingga dengan mudah terhubung dengan siapapun. Dengan peluang tersebut, akan disayangkan jika Anda tidak memanfaatkan internet ke dalam kegiatan bisnis. Memasarkan produk secara online, melalui website atau sosial media, menjadi langkah cermat dan tepat jika ingin produk perusahaan dikenal oleh orang banyak. Biaya yang dikeluarkan juga jauh lebih murah, daripada Anda harus memasarkan produk melalui televisi atau media cetak seperti sebelumnya. Ada berbagai keunggulan dari digital marketing, serta tips terbaik bagi pebisnis dalam memanfaatkan digital marketing.

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Penggunaan Brand Voice untuk Bisnis Anda

Cara Kerja Digital Marketing yang Wajib Pebisnis Ketahui

Penggunaan digital marketing memiliki tujuan utama, yaitu mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih baik lagi. Kami akan menjelaskan kepada pebisnis, bagaimana digital marketing bekerja untuk anda, serta apa perbedaan dari kedua cara kerja tersebut.

1. Organic Marketing

Cara kerja organic marketing adalah dengan mendapatkan pelanggan atau audience yang bersifat organic, maksud dari kata organic tersebut adalah, pebisnis mendapatkan audience melalui strategi digital marketing yang bersifat soft selling. Dengan melakukan strategi digital marketing seperti ini, pebisnis perlu melalui tahapan awal seperti branding dan awareness. Hingga pada proses akhir yaitu conversion, dimana audience tersebut diubah menjadi konsumen.

2. Paid Marketing

Cara kerja digital marketing berikutnya yaitu Paid Marketing, dimana Anda memasarkan produk secara berbayar atau biasa disebut sebagai Ads. Promosi produk secara berbayar, menjadi pilihan bagi beberapa perusahaan, karena memiliki dampak cukup besar bagi penjualan. Cara kerja dari paid marketing ini adalah, Anda perlu menyusun strategi awal yaitu analisis pasar. Melalui analisis pasar tersebut, pebisnis bisa menyajikan konten kreatif kepada audience, kemudian konten tersebut disajikan dalam bentuk iklan yang ditayangkan kepada target pasar. Platform yang menawarkan Ads cukup banyak, seperti aplikasi Facebook, Instagram, Google, Yahoo dan lainnya. Juga terdapat fitur SEM, yang membantu agar Ads milik Anda mengalami peningkatan traffic website.

Tips dalam Membuat Digital Marketing

Pemanfaatan digital marketing dalam sebuah bisnis, tentunya bisa membantu Anda untuk mendatangkan keuntungan. Namun ada beberapa tips yang perlu Anda aplikasikan, dalam membuat pemasaran online bagi perusahaan.

1. Menentukan Tujuan dari Dibuatnya Konten

Jangan sampai Anda tidak memiliki tujuan dari dibuatnya konten tersebut, dalam membuat konten Anda harus fokus pada tujuan. Dengan begitu konten yang dibuat akan lebih terstruktur dan terarah, sehingga audiens akan mengerti apa yang Anda coba sampaikan.

2. Menyesuaikan dengan Kebutuhan Audiens

Tips lain dalam mengaplikasikan cara kerja digital marketing adalah, menyesuaikan konten dengan kebutuhan audiens. Inilah alasan mengapa Anda perlu melakukan Analisa pasar, agar nantinya pebisnis mengetahui kebutuhan dari para calon konsumen. Dengan begitu akan lebih mudah menarik perhatian calon konsumen, jika Anda menyajikan sebuah konten dalam bentuk pemasaran online yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Menyajikan Konten Menarik dan Informatif

Setiap orang pastinya menyukai konten menarik dan informatif, namun kebanyakan pemilik website lebih mengutamakan target kuantitas saja. Padahal kualitas dari konten tersebut tidak kalah penting, yang akan menentukan bagaimana kualitas website di mata audiens. Buatlah konten kreatif yang sesuai dengan tren saat ini, dengan begitu akan lebih mudah membuat konsumen menyukai iklan digital marketing anda.

4. Konsisten

Tips lain dalam cara kerja digital marketing yaitu konsisten, tidak banyak pebisnis yang memiliki sikap ini. Kebanyakan dari mereka tidak konsisten dalam membuat konten, sehingga lama kelamaan konsumen akan pergi, karena menganggap bahwa bisnis Anda sudah tidak berjalan.

Jenis Digital Marketing serta Manfaatnya

Terdapat berbagai digital marketing yang memiliki manfaatnya tersendiri, dan pebisnis dapat menentukan jenis marketing seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Namun pastinya setiap jenis pemasaran ini, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

1. Search Engine Optimization

Jenis pemasaran satu ini, memungkinkan website berada di peringkat teratas dalam situs pencarian. Biasanya konsumen akan lebih memilih situs yang berada di peringkat teratas, sehingga besar kemungkinan untuk mendapat pelanggan jika website berada dihalaman pertama.

2. Online Website

Anda bisa menggunakan Online Website, untuk menjalankan cara kerja digital marketing. Hampir seluruh perusahaan memiliki situs online, yang berisikan informasi lengkap mengenai produk perusahaan, sehingga memudahkan calon konsumen menemukan bisnis anda.

3. Pay-per-Click

Jenis ini memungkinkan website Anda lebih unggul dibandingkan dengan situs-situs lain, bagi audiens yang melakukan penelusuran dengan kata kunci yang sama. Facebook, Twitter, LinkedIn, menjadi beberapa platform, yang menyediakan fitur Pay per Click.

Keunggulan Digital Marketing bagi Kebutuhan Bisnis

Semakin banyaknya perusahaan yang menggunakan digital marketing, mungkin akan membuat Anda bertanya-tanya, manfaat seperti apa yang didapat dari perusahaan tersebut. Berikut kami akan menjelaskan apa saja manfaatnya bagi perusahaan, yang pasti memberikan kemudahan.

1. Lebih Dekat dengan Audiens

Setiap pebisnis pastinya ingin lebih dekat dengan audiens, meskipun Anda memasarkan produk secara online, sehingga tidak dapat bertemu secara langsung dengan konsumen, bukan berarti Anda tidak dapat mendengarkan keluhan atau berkomunikasi dengan mereka.

2. Biaya Lebih Rendah

Manfaat dari cara kerja digital marketing yang membuat banyak perusahaan tertarik adalah, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk memasarkan produk, jika dibandingkan dengan pemasaran melalui iklan tradisional. Bahkan pebisnis bisa memasarkan produk secara gratis, namun lama kelamaan dengan semakin berkembangnya perusahaan, Anda tetap harus mengeluarkan biaya lainnya, seperti pemasangan ads atau menyewa jasa digital agency marketing, agar pemasaran iklan menjadi lebih baik lagi.

3. Jangkauan secara Global

Setiap perusahaan pasti pernah memiliki misi untuk memasarkan produk secara global, dengan begitu produk mereka bisa dikenali oleh seluruh orang di dunia. Hal tersebut bisa membuat penjualan menjadi lebih meningkat, dan menghadirkan banyak pelanggan. Hal ini bisa saja terjadi jika Anda memasarkan produk melalui digital, sebab internet begitu luas dan tidak dapat dijangkau. Setiap pebisnis bisa saja memasarkan produk mereka, dan diakses oleh pengguna yang berada di luar kota atau luar negeri.

4. Bisnis Mudah Dikenal

Keunggulan lainnya dari cara kerja digital marketing adalah, produk perusahaan akan lebih mudah dikenali jika Anda cermat dalam memasarkannya. Pebisnis perlu mengetahui cara terbaik, dengan menyajikan konten kreatif yang mampu membekas di ingatan audiens. Hal ini juga bisa meningkatkan brand awareness, dimana produk Anda mudah dikenali oleh para konsumen, dan memungkinkan produk perusahaan menjadi pilihan pertama yang dipilih oleh konsumen, daripada produk lain dengan fungsi serupa.

Baca Juga: Gunakan Cara Membuat Iklan Online Terbaik ini untuk Bisnis Anda

Anda bisa mengaplikasikan cara kerja digital marketing pada bisnis, sehingga pemasaran pada produk bisa berjalan lebih maksimal. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms