23 August 2019

“Dalam sebuah usaha, membangun brand awareness atau kesadaran merek menjadi salah satu hal yang dapat membawa kesuksesan.” 

Brand awareness sendiri adalah kemampuan konsumen dalam mengenali maupun mengingat sebuah merek. Seperti gambar, logo, nama merek, dan slogan yang digunakan oleh merek tersebut. Setelah konsumen berhasil mengenali brand Anda, maka hal ini akan memudahkan serta meningkatkan kemampuan daya beli konsumen terhadap produk Anda.

Baca Juga: Pentingnya Branding Bagi Bisnis Anda!

Apa Yang Membuat Brand Awareness Penting?

Brand awareness memiliki peran penting bagi bisnis karena mampu meningkatkan daya beli produk. Mengapa demikian? Karena semakin seseorang mengenali dan mengingat sebuah merek produk, maka kemungkinan seseorang memercayakan jasa maupun produk yang dijual bertambah. Hal ini akan mendorong seseorang untuk membeli jasa maupun produk tersebut.

Menjadi hal yang pertama kali muncul dalam pikiran konsumen ketika hendak membeli sesuatu adalah tujuan dari pentingnya brand awareness. Brand awareness sendiri memiliki 4 tingkat tahapan dalam sebuah bisnis, yang diantaranya adalah:

1. Unaware Brand

Tingkat pertama yang pastinya dilalui sebuah bisnis adalah unaware brand (tidak mengenali merek). Dimana konsumen tidak atau belum menyadari adanya suatu merek. 

2. Brand Recognition

Kemampuan konsumen dalam mengenali suatu produk ketika mereka melihat produk tersebut merupakan pengertian dari brand recognition (pengenalan merek). Hal ini tidak hanya dipicu karena nama merek yang digunakan saja, namun juga karena tampilan visual produknya, logo, dan warna yang digunakan.

3. Brand Recall

Jika konsumen telah mengingat nama sebuah merek hanya berdasarkan kategori jenis produk maupun hanya melihat secara sekilas, ini artinya merek tersebut telah berada dalam tingkat brand recall. Ketika suatu merek telah berada di tingkat ini, maka konsumen telah memiliki ingatan mengenai merek tersebut.

Misal, saat seseorang hendak membeli suatu produk pembersih lantai, orang tersebut kemungkinan besar  pastinya akan memilih untuk membeli produk dengan merek yang tidak asing dan sudah ada diingatanya.

4. Top-Of-Mind Awareness

Top-of-mind awareness merupakan tingkatan dimana merek yang pertama kali diingat ketika konsumen memikirkan kategori suatu produk yang dapat diingat kembali secara spontan tanpa bantuan.

Semakin merek Anda dikenali konsumen, maka keberlangsungan bisnis Anda pun akan semakin baik. Saat sebuah merek telah berhasil masuk ke dalam benak seseorang dibandingkan merek lainnya, maka merek tersebut memperkecil daya saing yang ada. Karena kebanyakan konsumen akan membeli sebuah produk maupun jasa dari merek yang telah mereka kenali. 

Itulah empat tingkatan brand awareness dalam sebuah bisnis. Untuk mencapai tingkat brand awareness yang tinggi tentu saja akan memakan waktu yang cukup lama, namun dengan strategi yang baik tentu saja akan mempersingkat waktu yang dibutuhkan. 

Baca Juga: Pentingnya Personal Branding Untuk Milenial

Untuk mempelajari strategi yang dibutuhkan dalam membangun sebuah brand awareness yang baik, Anda bisa berkonsultasi bersama Dreambox disini!