Ketahui 5 Alasan Mengapa Pemasaran Digital Sangat Diminati Perusahaan

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Pemasaran digital menjadi jawaban untuk mengembangkan bisnis secara luas namun simple.

Perubahan yang terjadi pada teknologi ternyata membawa dampak yang signifikan pada dunia bisnis. Jika dulunya strategi pemasaran hanya bisa dilaksanakan dengan metode-metode konvensional, maka saat ini sudah berkembang strategi baru yang memanfaatkan platform digital dengan perpaduan jaringan internet. Inilah yang kemudian melahirkan strategi yang disebut sebagai digital marketing atau pemasaran digital.

Baca Juga: Bertahan Melalui Pandemi Dengan Mengoptimalkan Digital Marketing

Dengan adanya digital marketing saat ini, pelaku di industri bisnis perlahan-lahan meninggalkan cara konvensional, dan mantap menggunakan strategi digital sebagai modal utama. Namun keputusan ini tentu saja bukannya tanpa alasan. Lantas, apa sebenarnya yang melatarbelakangi pentingnya penggunaan digital marketing bagi sebuah perusahaan? Simak selengkapnya di pemabahasan berikut ini, ya!

5 Alasan Penggunaan Pemasaran Digital oleh Perusahaan

Sampai saat ini digital marketing terus mengalami pembaharuan. Banyak terobosan baru yang diramu oleh para pelaku bisnis demi mendapatkan hasil penjualan yang maksimal, dengan operasional yang minimal. Berikut adalah 5 alasan mengapa digital marketing begitu digandrungi.

1. Membantu proses segmentasi pasar

Sebelum adanya pemasaran digital, segmentasi pasar merupakan momok yang membingungkan. Bagaimana caranya mengetahui kecenderungan pasar dengan metode manual? Konsumen bisnis pasti tersebar di berbagai daerah, lalu bagaimana caranya mendapatkan data yang valid, dengan biaya operasional yang bisa ditekan?

Kebingungan inilah yang dijawab oleh metode digital marketing. Saat ini pemetaan konsumen sudah bisa dilakukan tanpa harus mengangkat pantat dari kursi kantor. Anda bahkan bisa membuat klasifikasi konsumen sendiri, sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dan yang terpenting, hasilnya valid, sebab berbasis pada statistik yang terus diperbaharui.

2. Mencuri perhatian konsumen

Bayangkan jika Anda memiliki sebuah perusahaan yang baru saja meluncurkan sebuah produk. Bagaimana caranya untuk mencuri perhatian pasar, di tengah-tengah gempuran kompetitor yang sudah lebih dulu bergeriliya? Jawabannya adalah pemasaran digital.

Ada banyak strategi digital yang bisa dimanfaatkan, mulai dari kampanye online, periklanan digital, launching virtual, bahkan sampai menggunakan strategi andalan, layaknya giveaway, potongan harga, dan lain-lain. Semuanya bisa Anda lakukan, dengan menyasar target konsumen dalam skala yang  sangat luas.

Imbalannya adalah Anda bisa berkenalan dengan calon konsumen tanpa batasan jarak dan waktu, dan pastinya dengan cara-cara yang kreatif. Hal ini mustahil bisa dilakukan jika masih menggunakan teknik pemasaran yang manual.

3. Menumbuhkan kepercayaan pelanggan

Kepercayaan pelanggan bukanlah hal yang mudah untuk didapatkan. Harus dibangun dengan konsisten, dengan penyediaan produk berkualitas terbaik, dan pelayanan yang prima. Sebelum digital marketing berkembang, para pelaku bisnis menderita kesulitan. Dengan saingan yang ramai dan media terbatas, bagaimana caranya tetap berhubungan dan memberikan pelayanan terbaik dengan pelanggan?

Namun hal ini sudah terpecahkan sekarang. Anda bahkan bisa menumbuhkan kepercayaan konsumen menggunakan platform digital yang ada. Mulai dari sistem pembelian yang ramah, situs yang mudah dioperasikan, hingga akun sosial media yang tampak rapi dan selalu up to date.

4. Terhubung 24 jam

Bayangkan jika Anda harus menjaga gagang telfon setiap hari, selama 24 jam, demi menjaga hubungan dengan konsumen. Tujuannya agar kapanpun komplain datang, Anda bisa menanganinya dengan gesit. Tentu hal ini akan susah, dan membutuhkan sumber daya besar. Namun ternyata kini digital marketing memudahkan itu.

Platform online memungkinkan Anda menyajikan pelayanan konsumen yang prima, selama 24 jam. Sehingga ketika pelanggan merasakan kesulitan, Anda bisa langsung meresponnya, dan menjaga integritas pelayanan perusahaan.

5. Efisiensi anggaran

Hal hebat lainnya dari digital marketing adalah kemungkinan untuk mengefisiensikan anggaran. Semua aktivitas saat ini bisa diselesaikan melalui laman digital, tanpa harus kehilangan banyak sumber daya waktu, uang, dan tenaga.

Impian untuk menghasilkan produksi maksimal, dengan budget yang minimal bukanlah sesuatu yang mustahil lagi. Itulah 5 alasan mengapa perusahaan sangat mengidamkan pemasaran digital.

Baca Juga: Penggunaan Strategi Komunikasi Terhadap Digital Marketing

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.

 

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms