08 April 2021

Di kalangan pebisnis online, SEM (Search Engine Marketing) sudah sangat familiar, bahkan beberapa tahun terakhir ini menjadi populer.

Bagi yang baru saja terjun di bisnis online, pasti akan mengerutkan dahi karena cukup asing dengan SEM ini. Nah, SEM (Search Engine Marketing) merupakan salah satu aktivitas di bidang pemasaran yang menggunakan iklan berbayar yang nantinya akan muncul di mesin pencarian seperti Google. Bagi pebisnis online, SEM merupakan strategi penting yang memberikan keuntungan. Wah, kenapa dianggap sebagai strategi penting? Jawabannya bisa Anda temukan dengan membaca hingga akhir pembahasan di halaman ini.

Baca Juga: 5 Cara Riset Keyword untuk Artikel Blog Bisnis

Manfaat dan Alasan Pentingnya Search Engine Marketing

Bagi Anda yang baru saja terjuan di dunia bisnis online alias pemula, pasti tidak percaya bahwa SEM ini sangatlah penting, apalagi di bidang pemasaran digital. Maka dari itu, simak daftar pentingnya SEM yang akan dibahas di bawah ini:

1. Meningkatkan Konversi

Alasan pertama mengapa Search Engine Marketing merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan dalam berbisnis adalah SEM dapat meningkatkan konversi. Mengapa dapat meningkatkan konversi? Hal tersebut dikarenakan SEM umumnya menargetkan keyword yang mengandung niatan untuk membeli sebuah produk. Kendati demikian, trafik yang dihasilkan oleh SEM ini merupakan pengunjung yang memang ingin melakukan pembelian. Nah, inilah yang mengakibatkan terjadinya peningkatan konversi. 

2. Meningkatkan Brand Awareness

Tak hanya meningkatkan konversi saja, SEM dapat memberikan keuntungan yang lebih dan luar biasa lagi, yakni meningkatkan brand awareness bisnis yang Anda miliki. Bahkan SEM bisa meningkatkan brand awareness  sebuah usaha sekitar 80% lebih tinggi daripada penggunaan SEOHal tersebut dibuktikan dengan hasil riset yang dilakukan oleh pihak Google. Pasalnya, meski tidak ada klik sama sekali, namun iklan Anda akan tetap tersemat pada halaman pertama yang otomatis pengunjung akan tetap melihatnya. 

3. Biaya Dapat Disesuaikan

Search Engine Marketing dapat memberikan keuntungan besar, namun untuk menggunakannya biaya yang diperlukan dapat disesuaikan. Jadi, Anda bisa menekan biaya pemasaran dengan menggunakan SEM ini. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa semakin Anda mengeluarkan banyak anggaran untuk SEM, maka peluang untuk mengalahkan kompetitor akan semakin besar. Jadi, semakin banyak pengeluaran, keuntungan juga semakin meningkat. 

4. Efektif untuk Menjangkau Pelanggan Lokal

Nah, SEM juga memiliki manfaat yang penting lainnya untuk perkembangan dan kesuksesan bisnis Anda, yakni menjadi media yang efektif untuk menjangkau pelanggan lokal. Hal ini tentu memberikan keuntungan yang besar, mengingat usaha lokal banyak yang menargetkan pasar lokal juga. Jangkauan yang dimaksud adalah pelanggan yang berdekatan dengan bisnis Anda. Namun, Anda juga perlu memanfaatkan fitur Google yakni Google My Business yang dapat menampilkan lokasi bisnis Anda di Google Maps. Dengan kedua kolaborasi ini, pastinya Anda bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak dan datang langsung ke lokasi Anda. 

5. Bayar Hanya Jika Mendapat Klik

SEM sangatlah praktis, karena Anda tidak akan dibebani oleh biaya yang besar dan tidak menguntungkan. Pasalnya, mekanisme pembayaran yakni menggunakan skema Cost per Click alias CPS. Dengan demikian, Anda hanya perlu melakukan pembayaran yang terhitung dari jumlah klik iklan. Jadi, Anda tidak perlu membayar iklan yang hanya dilihat, sehingga Anda tidak akan merugi. 

Kelima manfaat yang telah disebutkan di atas, tentunya sudah menjadi alasan yang jelas mengapa Search Engine Marketing merupakan hal yang penting dalam bisnis. SEM dapat memberikan keuntungan berlipat ganda, karena kini pengguna internet sangatlah banyak, sehingga kesempatan mendapatkan pelanggan terbuka lebar.

Baca Juga: Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menjalankan Bisnis Digital Marketing

Bagaimana? Sudah siapkah Anda menggunakan SEM sebagai langkah pemasaran digital? Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!