...

Ketahui Berbagai Kemudahan yang Ditawarkan Instagram Bisnis

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Instagram bisnis membuat jangkauan pasar Anda lebih luas.

Kemunculan instagram bisnis menjadikan proses kegiatan pemasaran secara online semakin mudah. Karena ada banyak fitur yang diberikan melebihi dari akun personal. Cukup ketahui bagaimana cara membuatnya. Setelah itu nikmati manfaatnya.

Yaitu mulai dari kemudahan branding sampai menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Bahkan bila Anda mempunyai website, maka platform ini sangat mendukung sekali untuk meningkatkan leads dan traffic Anda secepatnya.

Maka dari itu bila Anda masih belum mengetahui bagaimana cara membuat dan seperti apa kemudahannya, simak penjelasan berikut ini. Karena akan kami ulas selengkapnya tentang hal tersebut supaya tahu manfaatnya.

Baca JugaKetahui Algoritma Instagram Terbaru dan 8 Tips Lainnya

Cara Membuat Instagram Bisnis dengan Mudah

Sebenarnya cara membuatnya sama seperti proses pembuatan akun personal. Perbedaannya hanya perubahan status akunnya saja pada pengaturannya. Jadi kedua prosesnya sama saja. Berikut adalah panduan membuat platform ini, antara lain:

  1. Login dulu menggunakan akun IG Anda yang telah terdaftar sebelumnya. Jadi silahkan login menggunakan aplikasi yang tersedia, sehingga Anda bisa segera mengubah akunnya mulai dari personal menjadi bisnis secara langsung.
  2. Buka halaman pengaturan dan pilih ikon 3 baris di pojok kanan atas profilnya. Setelah itu pilih pengaturan. Jadi langsung saja switch menjadi profesional akun langsung. Untuk bisa menjadi instagram bisnis. 
  3. Isilah data kontak serta lokasi bisnisnya. Ini merupakan halaman review. Jadi semua data yang belum lengkap seperti nomor telepon dan sejenisnya harus diisi. Bila sudah langsung pilih next untuk selanjutnya.
  4. Untuk tahapan yang satu ini sifatnya personal. Anda bisa menghubungkan akunnya ke dalam Facebook page secara optional. Tujuannya untuk mengatomisasi setiap postingan yang dibuat menuju ke halaman Facebook secara langsung.
  5. Terakhir lengkapi data profilnya. Anda harus melengkapi mulai dari username, nama, bio, tambahkan foto profilnya, dan juga alamat websitenya. Bila sudah langsung klik selesai dan done di bagian kanan halaman.

Manfaat Instagram Bisnis yang Perlu Anda Ketahui

Ternyata hampir 70% orang menemukan produk baru lewat IG. Itu berarti platform ini sangat direkomendasikan sebagai untuk alat promosi bisnis secara online. Selain gratis, berikut adalah manfaat menggunakan platform ini:

1. Instagram Insightsketahui-berbagai-kemudahan-yang-ditawarkan-instagram-bisnis-dreambox

Salah satu hal menarik dari instagram bisnis adalah fitur insights. Ini adalah sebuah tools analytics yang memperlihatkan data di setiap kegiatan pada halaman akun. Di bagian ini semua performa terlihat.

Mulai dari jumlah followers, skala impresi, jam favorit pengunjung, dan data demografinya semuanya dapat dicek langsung secara eksplisit. Tentunya Anda tidak bisa menemukan fitur seperti ini bila menggunakan akun personal.

2. Instagram Ads

Fitur lain yang menarik dalam instagram bisnis yaitu ads. Dengan hadirnya fasilitas ini memungkinkan jangkauan audiens semakin luas dan besar. Disini dapat menargetkan audiens mulai dari usia, interest, demografi, behavior.

Selanjutnya iklan tersebut bisa dimunculkan secara otomatis pada beberapa titik tertentu ketika audiens melakukan scrolling down timeline pada akunnya. Sedangkan Anda bisa menunjukkan iklan di sela storiesnya untuk meningkatkan jangkauan.

3. Tombol Kontak & Email

ketahui-berbagai-kemudahan-yang-ditawarkan-instagram-bisnis-dreamboxDilihat dari sisi profil terdapat tombol button yang berbeda pada akun personal dan instagram bisnis. Yaitu fitur email dan call. Poin inilah yang bisa didapatkan bila memakai profil bisnis IG. 

Pengunjung dapat menghubungi Anda langsung menggunakan tombol itu, sehingga ini memudahkan pengunjung mengajak kolaborasi dan bertanya bila butuh sesuatu dengan jasa atau produk Anda. Dengan begitu bisa tercipta transaksi langsung.

4. Info Kategori Bisnis

Fitur yang seperti ini dapat digunakan untuk menunjukkan informasi kategori bisnis yang sedang dijalani. Biasanya informasi tersebut muncul secara otomatis di bagian atas bio profil untuk menunjukkan bisnisnya kepada audiens.

Berbagai Macam Kelebihan Instagram Bisnis

Setidaknya audiens tahu bidang bisnis apa yang ditawarkan kepada mereka bila menggunakan fitur ini. Umumnya ada beberapa kategori bisnis tertentu yang dapat dipilih. Yaitu agency, beauty. Berikut kelebihan lainnya:

1. Promosi Lebih Mudah

Hadirnya iklan dan postingan pada IG memudahkan pelaku usaha untuk mempromosikan produknya ke berbagai platform, termasuk di Facebook. Anda bisa melampirkan iklan di halaman Facebook untuk membuat kampanye secara langsung.

2. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Disinilah instagram bisnis akan memudahkan Anda menyampaikan alamat, industri, dan tombol kontak profil kepada calon pelanggan secara langsung. Jadi bisnis terlihat lebih profesional daripada sebelumnya. Karena jangkauan pasarnya sangat luas.

3. Komunikasi Lebih Mudah

Karena berkaitan dengan kolom komentar, ini menjadikan pelaku usaha lebih mudah melakukan komunikasi secara langsung kepada para pelanggannya, sehingga hal tersebut meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap brand produk/ jasa Anda.

4. Dapat Memberikan Link pada Story

Berkat instagram bisnis menjadikan segala promosi semakin mudah. Karena bisa menautkan link ke story secara langsung saat jumlah followers mencapai 10 ribu, sehingga hal tersebut memberikan keuntungan tersendiri bagi pebisnis.

5. Dapat Menjadwalkan Postingan

Meski pembaruan utama IG usianya beberapa tahun, namun nilainya sangat besar untuk pemasar. Karena pengguna bisa menulis jadwal postingan otomatis jadi tidak perlu membuat catatan pengingat, sehingga lebih praktis sekali.

Baca Juga: 3 Keuntungan Menggunakan Social Media Analytics Tools untuk Instagram

Jadi setelah memahami cara membuat dan manfaatnya, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba platform ini. Karena ternyata manfaat yang didapatkan sangat banyak bagi pelaku usaha bila menggunakan instagram bisnis. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini! 

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms