Ketahui Istilah Hingga Cara Menggunakan Google Analytic

Blog

Apakah Anda sudah tahu mengenai cara menggunakan Google Analytic?

Google Analytic merupakan alat untuk memantau performa web secara mudah. Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan website Anda dengan lebih efektif. Google Analytic memiliki fitur yang berguna untuk memantau trafik, demografis pengunjung, konten populer, dan lain sebagainya.

Halaman ini menyajikan beragam data berkaitan dengan website sehingga Anda dapat mengetahui bagian apa yang perlu dikembangkan, dan bagian apa yang perlu Anda pertimbangkan kembali. Untuk dapat menuai manfaat Google Analytic dengan sepenuhnya, pertama-tama Anda perlu mengenal Google Analytic itu sendiri. Simak pembahasan berikut.

Baca Juga: 8 Indikator SEO yang digunakan oleh SEO Agency

Apa Itu Layanan Google Analytic untuk Pemilik Website

Google Analytic adalah salah satu layanan yang Google sediakan secara gratis untuk menunjukkan statistik pengunjung sebuah situs website. Alat ini dapat digunakan oleh pemilik website maupun blog untuk memantau performa website dengan mempertimbangkan beragam data statistik yang disajikan.

Secara umum, banyak orang yang mengandalkan tool ini untuk sekedar memantau trafik website. Namun sebenarnya ada beragam fitur yang bisa dimanfaatkan untuk menaikkan potensi pencapaian tujuan bisnis melalui website.

Melalui cara menggunakan Google Analytic yang tepat, Anda akan mampu menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu. Hal ini meliputi mesin pencari, iklan, pay per click, email marketing, hingga tautan pada dokumen PDF.

Selain mampu mengetahui informasi pengunjung, Google Analytic juga dapat menunjukkan informasi mengenai iklan dan keyword yang paling banyak mengarahkan pengunjung ke website Anda. Sebelum mulai mengakses beragam menu di dalamnya, pastikan untuk membuat akun terlebih dahulu.

Kemudian ada fitur untuk memantau kepadatan trafik web. Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk membuat laporan dalam jangka waktu harian, mingguan maupun bulanan. Dengan demikian, Anda dapat mengembangkan website Anda secara konsisten dan meningkatkan posisi Anda dalam pencarian pengguna internet..

Fitur-fitur lainnya akan membantu dalam mengambil keputusan berkaitan dengan pengembangan website. Mulai dari menaikkan kualitas konten, mempertimbangkan plugin, dan lain sebagainya.

Bagi pengguna pemula yang belum mengetahui cara menggunakan Google Analytic, pasti akan menganggapnya rumit dan membingungkan. Namun dengan memahami dasar-dasarnya, Anda sendiri juga dapat mulai menggunakan Google Analytic.

Baca Juga: Ketahui Jenis Layanan yang Ditawarkan Jasa SEO Website

Beragam Istilah dalam Google Analytic

Sebelum mulai menjalankan alat ini, tentu Anda perlu mengenal beragam istilah penting di dalamnya. Karena ada cukup banyak menu dan bagian di dalam perangkat lunak tersebut, penting untuk mengenal istilah-istilah yang digunakan sebelum menjalankannya.

1.      Organizations

Apabila Anda mempunyai beragam produk dan metrik yang perlu diukur, organization akan membantu mengelompokkan seluruhnya dalam satu folder. Melalui organization, Anda dapat mengakses sejumlah layanan sekaligus.

Cara menggunakan Google Analytic ini akan sangat membantu Anda sebab mampu mengakses sejumlah layanan seperti Tag Manager dan Optimize. Anda juga dapat mengelola user, akses data hingga integrasi antar-produk.

2.      Accounts

Anda tidak akan bisa menjalankan layanan ini apabila belum mempunyai akun. Anda perlu membuat satu akun untuk dapat mengakses berbagai fitur di dalam Google Analytic.

3.      Properties

Properties adalah fitur yang menyajikan pengukuran objek. Fitur ini akan menampilkan objek yang metriknya diukur oleh alat tersebut. Objek yang dimaksud dapat berbentuk website, aplikasi smartphone maupun device.

Perangkat lunak ini akan meluncurkan tracking ID tertentu untuk setiap properti yang diukur. Dengan demikian perhitungan akan lebih terfokus dan mudah dipelajari.

4.      Views

Views ini menunjukkan data tertentu yang Anda kehendaki untuk berada di sebuah properti. Contohnya Anda ingin menciptakan masing-masing view khusus untuk semua trafik, seperti web, Adwords, hingga subdomain.

5.      Session

Fitur pada Google Analytic ini akan menunjukkan interaksi antara user dan halaman web pada jangka waktu tertentu. Dengan demikian Anda dapat menemukan laman mana yang dapat menahan perhatian pengunjung, laman mana yang perlu ditingkatkan, dan lainnya.

6.      Bounce Rate

Istilah ini menunjukkan jumlah pengunjung yang masuk ke website, namun langsung keluar tanpa melakukan apa-apa. Informasi ini mampu menjadi petunjuk apakah laman Anda telah cukup menarik atau masih perlu ditingkatkan lagi.

Baca Juga: Apa Saja Jenis dan Fungsi Kata Kunci dalam SEO

Cara Menggunakan Google Analytic yang Wajib Anda Tahu

Apabila sudah memahami beragam istilah dalam Google Analytic, maka selanjutnya Anda dapat mempelajari cara menjalankan tool tersebut. Berikut ini sejumlah cara yang dapat diterapkan untuk menganalisis performa website.

1.      Realtime

Di bagian menu Realtime lantas Overview, Anda dapat mengukur metrik realtime website. Saat pengunjung mengakses web, aplikasi, maupun device, data para pengunjung yang tersedia akan terekam dan dapat segera diakses secara langsung.

Ada sejumlah data yang dapat diperoleh melalui menu ini, yakni jumlah pengunjung yang mengakses web secara realtime dan membagi pengunjung dengan mempertimbangkan device mereka, di mana device ini dapat berupa desktop maupun mobile.

Cara menggunakan Google Analytic realtime juga akan menunjukkan pageview untuk setiap menit, page view setiap detik, top referral, top social traffic. Kemudian top keywords, top active pages hingga top locations.

Seluruh data tersebut akan dimunculkan secara sederhana. Apabila menginginkan tampilan jauh lebih detail, maka Anda dapat membuka submenu Locations, Traffic Sources, Content, Events dan Conversations pada bagian bawah Realtime.

2.      Audience Demographics

Salah satu manfaat menggunakan Google Analytic adalah mengetahui siapa yang berkunjung ke website Anda, beserta asal, jenis kelamin, usia, dan lain sebagainya.

Semua informasi ini dapat Anda temukan di Audience, seksi demographics. Seksi ini bekerja dengan menampilkan data lengkap. Untuk informasi yang lebih lengkap, Anda dapat membuka seksi Overview yang langsung menunjukkan total pengguna, total tayangan halaman, banyaknya pengguna baru, banyaknya halaman diakses dalam satu sesi, banyaknya sesi, jumlah sesi per pengguna, bounce rate, serta demografis dengan mempertimbangkan bahasa, negara hingga kota.

Melalui menu tersebut, Anda akan memperoleh informasi mengenai topik yang diminati pengunjung. Kemudian produk apa yang umumnya mereka sukai dan mau dibeli. Informasi ini cukup penting bagi pemilik bisnis.

3.      Visitors Behavior

Cara menggunakan Google Analytic Visitors Behavior akan menunjukkan perilaku pengunjung. Anda bisa memperoleh data jumlah pengunjung baru maupun pengunjung lama. Kemudian mengetahui frekuensi, engagement, kualitas sesi, hingga kemungkinan konversi.

4.      Overall Traffic

Traffic menunjukkan berapa kali website dikunjungi pada waktu tertentu sehingga Anda dapat memperoleh informasi mengenai kepopuleran website. Akan tetapi, jumlah trafik tidak sama dengan banyaknya pengunjung.

Sebab bisa saja seorang pengunjung mengakses website sampai beberapa kali, namun nilai trafik akan tetap menjadi 1. Untuk mengetahui traffic, klik bagian Acquisition lantas klik All Traffic. Di dalamnya masih ada beragam fitur untuk menunjukkan traffic lebih detail.

5.      Traffic Source

Bagian ini akan menunjukkan dari mana pengunjung mengetahui website Anda. Apakah melalui pencarian keyword di mesin pencari, menemukan backlink pada website lain, atau dari iklan.

Cara memperoleh informasi ini ialah dengan klik Acquisition lantas klik All Traffic. Kemudian klik Channels. Melalui informasi tersebut bisa merumuskan strategi khusus dalam menarik lebih banyak pengunjung.

6.      Website Speed

Anda dapat memantau kecepatan website melalui klik Behaviour lantas klik Site Speed. Anda juga bisa mengetahui saran kecepatan dari Google sehingga memperoleh solusi untuk meningkatkan kecepatan waktu load.

Baca Juga: Tingkatkan Traffic Pengunjung dengan Tips Optimasi Instagram SEO Berikut

Mengelola sebuah website atau blog sudah tentu memerlukan berbagai alat khusus. Salah satunya ialah Google Analytic. Cara menggunakan Google Analytic mungkin cukup asing bagi pemula, namun setelah memahami dasar-dasar penggunaannya, Anda juga dapat menjadi ahli analisis website. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

Konsultasikan Bisnis Anda!

Kami akan membantu anda menemukan strategi yang sesuai dengan kondisi bisnis anda.

Consult your business with us!

We will help you to identify your best fit strategy to improve your business.

Artikel Lainnya

Satu Langkah Lagi Menuju Kehebatan

Jadwalkan konsultasi gratis selama 30 menit dengan para ahli kami.