15 October 2021

Bagaimana cara kerja affiliate marketing?

Banyak orang tertarik untuk menjadi seorang affiliate marketer namun tidak mengetahui cara kerja affiliate marketing. Ketertarikan ini sangat wajar karena mereka ingin mendapatkan hasil besar dari pekerjaan online. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan seperti mendapatkan penghasilan pasti tanpa harus mengeluarkan modal.  Tidak harus juga terikat dengan pekerjaan full time karena bisa dilakukan sesuai waktu luang yang dimiliki. Masih banyak keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan namun sebelumnya pelajari dulu bagaimana cara kerjanya. Termasuk apa saja penawaran komisi yang bisa didapatkan, sehingga Anda lebih bersemangat untuk mencoba peluangnya.

Baca Juga: Gunakan Customer Relation Management dan Rasakan 5 Keuntungannya 

Mengenal Sekilas Tentang Affiliate Marketing

Sebelum membahas tentang bagaimana cara kerja affiliate marketing sebaiknya pahami dulu dasar-dasarnya. Affiliate marketing adalah program dengan adanya pemberian berupa komisi jika berhasil mempromosikan produk atau jasa. Promosi produk maupun jasa tersebut dilakukan dengan menggunakan teknologi digital seperti website. Termasuk juga menggunakan berbagai media sosial untuk memperkenalkan ke calon konsumen para pengguna medsos tersebut.

Perlu diketahui dalam kegiatan promosi ini ada beberapa pihak yang saling bekerja sama atau berkaitan satu sama lain. Pihak pertama adalah merchant bisa pengusaha atau perusahaan pemilik produk untuk dijual. Produk yang ditawarkan tidak harus dalam bentuk barang namun juga bisa promo berupa software maupun jasa. Merchant tidak terlibat langsung dengan proses penjualan jadi hanya menerima laporan kemudian membayarkan komisi. Pihak kedua yaitu affiliate yaitu pengiklan baik individu maupun organisasi untuk mendapatkan konversi. 

Konversi tersebut bisa berupa kode referral dimana lebih menguntungkan karena bisa mendapatkan tambahan promo atau diskon. Berbagai penawaran tambahan ini akan memudahkan cara kerja affiliate marketing untuk menarik customer., sehingga bisa mendapatkan keuntungan berupa komisi lebih besar karena promosi yang dilakukan sudah berhasil. Pihak ketiga adalah customer yaitu konsumen yang menggunakan produk milik merchant dari promosi affiliate. Customer harus membeli produk melalui kode referral yang dibagikan untuk mendapatkan penawaran berupa diskon maupun lainnya.

Keunggulan Menjadi Seorang Affiliate Marketer

Cara kerja affiliate marketing sebenarnya sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Hal ini memberikan keunggulan tersendiri jika Anda tertarik menjadi seorang affiliate marketer jika dibandingkan usaha online lainnya.

1. Tidak perlu ahli pemasaran

Anda tidak perlu memiliki skill khusus dalam bidang marketing atau pemasaran untuk bisa menjadi affiliate. Semua ilmu dapat dipelajari seiring berjalannya waktu sambil memasarkan produk yang sudah disediakan merchant.

2. Tidak membutuhkan modal

Termasuk ke dalam bisnis online namun bisnis satu ini tidak membutuhkan modal sama sekali. Karena pemasaran dilakukan secara digital maka hanya dibutuhkan pengelolaan media sosial dan website.

3. Bisa menjadi pasif income

Jangan khawatir jika Anda pekerja full time tetap bisa menjalankan pekerjaan sebagai affiliate marketer. Hanya perlu kembangkan saja media promosinya kemudian atur strategi sesuai dengan waktu luang yang dimiliki.

4. Tidak bertanggung jawab pada produk

Cara kerja affiliate marketing hanya mempromosikan saja maka tidak perlu mengelola produk. Anda sama sekali tidak bertanggung jawab terhadap produk namun pastikan mencari produk-produk berkualitas demi kepercayaan konsumen.

5. Sangat fleksibel

Keunggulan lainnya yaitu program ini bisa dilakukan dimana dan kapan saja tanpa adanya aturan khusus. Karena sangat fleksibel sangat cocok jika digunakan untuk mencari penghasilan tambahan yang sangat menguntungkan.

6. Minim biaya

Tidak hanya minim modal saja namun juga sangat minim biaya jika semua dikelola sendiri. Misalnya jika belum bisa membuat website sendiri untuk media promosi maka harus menggunakan jasa orang lain.

Cara Kerja Affiliate Marketing Ada Empat Langkah

Perlu diketahui cara kerja dari affiliate marketing ada empat langkah dimana bisa dilakukan dengan berbagai langkah. Tantangan sebenarnya yaitu bagaimana strategi yang digunakan untuk terus menarik dan mendapatkan pelanggan baru.

1. Daftar program ke merchant

Pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan diri ke merchant untuk bergabung menjadi affiliate. Setiap perusahaan memiliki aturan, syarat dan ketentuan yang harus diketahui para calon affiliate terlebih dahulu. Misalnya aturan tentang bagaimana cara kerjanya, syarat untuk bisa bergabung dengan perusahaan tersebut. Termasuk aturan tentang pemberian komisi yang dijelaskan dari awal agar jelas semua proses kerjasamanya.

2. Membagikan program ke berbagai media

Setelah terdaftar resmi, Anda akan mendapatkan kode referral dari perusahaan dalam bentuk link khusus. Dengan menggunakan kode referral tersebut Anda bisa langsung mempromosikan produk dari perusahaan tersebut.

3. Customer daftar menggunakan kode referral

Jika promosi Anda berhasil maka akan banyak customer menggunakan kode referral yang sudah dibagikan. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan jika kode referral digunakan oleh customer dalam bertransaksi.

4. Dapatkan komisi

Setelah mengikuti empat langkah cara kerja affiliate marketing maka terakhir Anda akan mendapatkan komisi. Komisi tersebut bisa dicairkan tergantung bagaimana kebijakan dalam perusahaan dalam hal pemberian komisi. Komisi akan diberikan jika Anda berhasil mendapatkan customer baru dengan menggunakan link referral. Komisinya bisa langsung diberikan atau menunggu proses transaksi benar-benar selesai sampai proses pembayaran dari customer.

Jenis-jenis Komisi Dalam Affiliate Marketing

Satu hal menarik dari cara kerja affiliate marketing yaitu dalam pemberian komisi ada banyak jenisnya. Jika Anda tertarik untuk mencoba program ini setidaknya ketahui beberapa jenis komisinya berikut ini.

1. Pay per click

Jenis komisi ini paling mudah untuk didapatkan karena hanya perlu sekali klik saja Anda sudah dapat keuntungan. Cari orang sebanyak-banyaknya untuk klik sebuah link namun sayangnya komisinya tidak terlalu besar.

2. Pay per sale

Jenis kedua yaitu pay per sale yaitu komisi yang diberikan jika berhasil menjual sebuah produk atau jasa. Jenis ini memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi namun hasilnya tidak perlu diragukan lagi. Disini Anda perlu menggunakan strategi pemasaran yang persuasif, sehingga membuat customer menjadi tertarik. Semakin banyak orang yang menggunakan produk tersebut maka komisi berupa persentase dari penjualan didepan mata.

Baca Juga: Ikuti 5 Tips Cara Beriklan di TikTok untuk Hasil yang Lebih Memuaskan

3. Pay per lead

Jenis terakhir yaitu pay per lead dimana aturannya jauh lebih rumit dibanding kedua jenis diatas. Anda harus mengarahkan customer ke website merchant kemudian melakukan tindakan seperti daftar akun dan lainnya. Menjadi seorang affiliate marketer sangatlah menarik karena banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Terlebih lagi ditinjau dari cara kerja affiliate marketing tidak sulit dan mudah dipelajari tanpa aturan khusus. 

Setelah mengetahui keunggulan dan cara kerja affiliate marketing, Anda bisa menerapkan langkah-langkah yang telah dibahas kepada bisnis yang Anda. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!