12 June 2020

Olahraga elektronik atau E-sport adalah sebuah olahraga yang berbekal dari kegemaran bermain sebuah permainan pada perangkat elektronik.

1 dekade terakhir ini bermain game pada perangkat elektronik seperti computer dan telepon pintar sangat digemari berbagai kalangan. Mulai dari setiap kalangan ekonomi, laki-laki dan perempuan, anak-anak sampai orang tua pun gemar bermain game. Pada dasarnya game merupakan salah satu alternatif sobat sekalian untuk mendapatkan hiburan dan kepuasan tersendiri jika bisa mendapatkan kemenangan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Anggaran yang Diperlukan untuk Kegiatan Branding

Kira-kira 1 dekade yang lalu, tidak ada yang mengira bahwa industri e-sport­ ini sangat berkembang. Dari mulanya hanya gemar bermain saja, lalu menjadi seorang atlit atau biasa disebut pro player. Pemain hebat atau pro player dalam sebuah game sangatlah ditakuti karena kehebatannya yang di atas rata-rata pemain lainnya. Beberapa pro player berlabuh di dunia konten pada YouTube atau platform streaming lainnya dan beberapa pro player berlabuh di sebuah tim untuk memenangkan sebuah kejuaraan game.

Perkembangan industri yang cukup cepat dan meyakinkan, membuat e-sport dilirik oleh banyak perusahaan. Layaknya sebuah tim profesional, tim e-sport juga membutuhkan bantuan dari perusahaan untuk melakukan investasi atau kerjasama yang mengahasilkan uang untuk keperluan tim itu sendiri dan untuk keperluan keuntungan perusahaan.

Pertanyaannya sekarang adalah efektif atau tidak jika sebuah perusahaan memberikan sponsor kepada tim e-sport tersebut? Jawabannya adalah iya, perusahaan akan mendapatkan keuntungan apabila mereka memberikan sponsor dan bekerja sama dengan tim e-sport yang diakui:

  • Brand Awareness

Setiap game pasti memiliki tim e-sport yang selalu terlihat menonjol di dalam permainan. Di Indonesia sendiri, sudah banyak sekali tim e-sport yang hadir mewarnai industri ini. Mulai dari tim asing sampai ke tim lokal pun semuanya berpotensi untuk memiliki pro player sungguhan. Banyaknya tim e-sport di Indonesia membuat perusahaan sadar akan berkembangnya industri ini, sehingga menjadikan mereka untuk mengucurkan dananya demi keperluan tim e-sport. Tidak tanggung-tanggung, tim-tim besar seperti EVOS, RRQ, BTR, Moprh E-Sport, dan tim-tim lainnya memiliki penggemar yang sangat banyak di seluruh Indonesia. Perusahaan akan mendapatkan keuntungan pertamanya berupa kesadaran dari para penggemar tim e-sport masing-masing terhadap produk atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan terkait.

  • Konsumen Baru

Jangkaun sebuah permainan elektronik yang sangat luas memberikan sebuah dampak baru bagi para perusahaan yang bekerja sama dengan tim e-sport. Siapa pun bisa bermain game selama sobat sekalian memiliki telepon pintar atau komputer atau bisa juga dengan laptop. Kemudahan syarat untuk bisa bermain game sangatlah berdampak bagi industrinya. Pemain dalam game berkembang sangat cepat, para pemain game profesional mendapat penggemarnya masing-masing karena keahlian khususnya yang mereka punya, dan para perusahaan akan mendapatkan data-data konsumen baru yang dapat mereka tarik dari hasil kerjasama dengan tim e-sport.

  • Trust

Keuntungan terakhir adalah trust atau kepercayaan. Semakin dipercayanya sebuah tim e-sport oleh banyak orang karena popularitas dan prestasi, maka kepercayaan akan timbul kepada barang dan jasa yang dikonsumsi oleh para pro player pada tim e-sport tersebut.

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan kerjasama dalam bentuk pemberian sponsor kepada tim e-sport, baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu tren game yang sedang dan tim-tim e-sport yang sedang naik serta dalam kondisi yang stabil.

Baca Juga: Cara Membangun Brand Image Dengan Kampanye Periklanan

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.