03 December 2021

Analisa konten lebih mudah dengan social media analytics tools. 

Dengan memanfaatkan social media analytics tools pada usaha Anda, memang menghadirkan banyak manfaat. Terlebih lagi kini media sosial sudah menjadi ladang penghasilan bagi beberapa orang, alhasil sebagai pebisnis akan sayang sekali jika Anda tidak memanfaatkannya. Dengan mengandalkan media sosial bagi bisnis Anda, pengusaha dapat menjangkau area-area tertentu dam belum tentu dapat dijangkau jika menggunakan strategi lain. Jika menggunakan tools tepat, maka sosial media bisa membawa pengaruh besar bagi bisnis Anda.

Social Media Analytics merupakan metode yang berguna dalam melakukan proses pelacakan, mengumpulkan dan menganalisa data dari berbagai platform di sosial media. Metode analisis ini, membantu pebisnis dalam menganalisa keinginan followers dan konsumen. Sosial media memang tidak memiliki jaminan bagi pebisnis dalam mendapatkan keuntungan sekaligus, namun jika Anda cermat dalam memilih tools tertentu, maka pebisnis bisa mengetahui strategi seperti apa yang sesuai dengan budget dan tujuan perusahaan.

Baca Juga: Apa Itu Content Marketing, Bagaimana Cara Penggunaannya?

3 Keuntungan Menggunakan Social Media Analytics Tools

Cukup banyak perusahaan memanfaatkan metode analisis ini, sebab banyak sekali kemudahan yang perusahaan dapatkan, terutama dalam hal menganalisis audiens, sehingga perusahaan mengerti apa yang masyarakat atau pengguna butuhkan saat ini.

1. Untuk Menganalisa Audiens

Saat pertama kali menggunakan sosial media untuk kepentingan bisnis, pastinya Anda akan sulit untuk mendapatkan audiens. Maka dari itu Anda perlu menghasilkan konten kreatif, dan sesuai dengan minat atau kebutuhan audiens tersebut. Jika konten tersebut mulai disukai dan berhasil menarik perhatian audiens, maka lama kelamaan mereka akan menjadi followers akun sosial media perusahaan. Di situlah peran social media analytics dibutuhkan, yang akan menganalisa latar belakang followers. Pebisnis bisa mengetahui rata-rata usia, jenis kelamin, atau pekerjaan followers anda. Sehingga pebisnis mengerti konten seperti apa yang mereka sukai, dan Anda bisa mengembangkannya lagi.

2. Mengetahui Tren Saat Ini

Social media analytics tools juga membantu pebisnis mengetahui tren berkembang saat ini, mengikuti tren bisa membawa bisnis Anda semakin dikenal. Sebab rata-rata setiap user akan lebih tertarik, untuk melihat atau memberikan respons terhadap tren saat ini. Perkembangan tren akan selalu berubah-ubah dalam kurun waktu tertentu, sehingga Anda perlu mencari tahu tren seperti apa yang sedang masyarakat sukai, dan bisa menarik perhatian mereka untuk melihat konten telah Anda buat.

3. Membantu dalam Membuat Konten yang Lebih Baik

Dengan mengenal latar belakang followers dan menyesuaikannya dengan tren saat ini, secara tidak langsung Anda bisa membuat konten menjadi lebih baik lagi. Anda dapat memanfaatkan insight tersebut, agar membuat strategi konten yang lebih kreatif dan menarik.

Rekomendasi Social Media Analytics Tools untuk Instagram

Instagram menjadi salah satu wadah sosial media dengan memiliki banyak pengguna, tidak salah memang jika banyak pengusaha yang melirik media ini sebagai tempat untuk mendapatkan konsumen, atau sekedar memperkenalkan produk mereka ke banyak pengguna.

1. Pixlee

Rekomendasi pertama adalah Pixlee, merupakan tool Analisa Instagram yang banyak digunakan oleh brand seperti Levi’s, Sonos dan lainnya. Dengan menggunakan Pixlee, maka pebisnis bisa memonitor secara langsung performa akun Instagram. Pixlee juga menghadirkan laporan mingguan kepada anda, yang berisikan statistik dan pelacakan tagar, pertumbuhan followers hingga menganalisa metrics, agar pengguna dapat mengetahui bagaimana cara mendorong engagement yang lebih ke akun pengguna.

2. Squarelovin

Social media analytics tools lainnya adalah Squarelovin, menjadi salah satu tool dengan fitur cukup lengkap dan Anda bisa mencobanya secara gratis bagi basic account. Menganalisa performa akun Instagram Anda akan lebih lengkap, dengan menggunakan Squarelovin. Beberapa manfaatnya adalah, menampilkan Analisa bulanan berisi pertumbuhan akun Anda secara instan, mengelompokkan riwayat konten berdasarkan hari, tanggal, bulan hingga jam, menampilkan jumlah like dan komentar, menampilkan pertumbuhan followers, dan lainnya.

3. Crowdfire

Rekomendasi selanjutnya adalah Crowdfire, dimana tool ini memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan waktu posting, memberikan tampilan mendetail mengenai performa Instagram, menampilkan data Instagram dalam bentuk visual dan menangani berbagai info sekaligus.

4. Keyhole

Social media analytics tools berikutnya adalah Keyhole, tool ini dan mengumpulkan dan mencatat data secara otomatis. Keyhole menghadirkan berbagai fitur menarik, seperti menampilkan track web, melacak kinerja satuan tagar pada postingan dan lainnya. Keyhole juga mampu melacak performa influencer dengan cermat, fitur seperti ini cocok bagi Anda yang menjalankan bisnis dan ingin memanfaatkan jasa influencer untuk memasarkannya.

Fitur Social Media Analytics Tools yang Bermanfaat

Ada berbagai fitur yang dimiliki oleh tools ini, dan setiap fitur memiliki manfaatnya tersendiri. Pastikan bahwa Anda memilih tools yang tepat dan sesuai, bagi kebutuhan bisnis sehingga fitur-fitur tersebut dapat membantu Anda dalam mencapai berbagai tujuan perusahaan.

1. Social Network Analysis

Fitur pertama yaitu Social Network Analysis, membantu pengguna dalam memahami dinamika sosial media agar menemukan strategi yang tepat dalam menentukan target pasar. Bagi pebisnis pemula, tentunya akan sulit untuk memahami dinamika pada media sosial. Dengan mengetahui target pasar bagi produk anda, maka pebisnis bisa menentukan menentukan mana target pasar yang sesuai. Analisa yang dilakukan dapat dibatasi, sesuai dengan platform media sosial tertentu.

2. Influencer Analysis

Fitur social media analytics tools berikutnya adalah Influencer Analysis, dimana fitur ini membantu pebisnis dalam menentukan influencer yang cukup berpengaruh bagi produk anda. Saat ini influencer memang menjadi pekerjaan, yang memiliki pengaruh cukup besar dalam memasarkan produk. Tool ini akan mengukur sejauh mana, pengaruh konten terhadap masyarakat dari seorang influencer dan membandingkannya dengan influencer lain.

3. Sentiment Analysis

Sentiment Analysis membantu pebisnis, dalam menyusun strategi untuk meningkatkan penjualan. Caranya adalah dengan menggunakan kata kunci tertentu atau menentukan tema-tema spesifik, yang nantinya akan diaplikasikan pada konten di sosial media pebisnis.

4. Engagement

Fitur lainnya pada social media analytics tools adalah Engagement, dimana tool ini akan menjadi parameter yang akan mengukur seberapa dekat brand Anda dengan audiens. Memberikan informasi berupa berapa jumlah likes, comment, share dalam kurun waktu tertentu.

Manfaat Social Media Analytics Tools Begitu Besar bagi Bisnis

Fitur tersedia di dalam social media analytics, sudah seharusnya diketahui oleh para pebisnis yang menggunakan sosial media sebagai media pemasarannya. Sebab begitu banyak manfaat, yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan tools tersebut. Menentukan strategi yang tepat dalam memanfaatkan sosial media, bisa membantu pebisnis dalam mendapatkan perhatian audiens. Menyesuaikan konten dengan target konsumen, juga dapat membantu pebisnis untuk mendapat konsumen yang sesuai dengan target.

Baca Juga: Pelajari Pentingnya Jasa Digital Marketing untuk Bisnis Anda

Mencari tau seperti apa kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen, bisa membuat bisnis Anda menghasilkan banyak keuntungan. Bisnis akan sulit untuk berkembang tanpa adanya bantuan, dan social media analytics tools bisa menjadi bantuan yang tepat bagi keberlangsungan bisnis. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!