19 June 2020

E-sport merupakan cabang olahraga yang berasal dari dunia digital.

Indonesia menjadi salah satu negara yang berpartisipasi aktif dalam pembangun industri e-sport ini. Sudah banyak atlet-atlet yang bergabung di tim-tim besar untuk mengikuti kejuaraan baik itu kejuaraan dalam negeri maupun kejuaraan luar negri. Mobile Legends dan PUBG Mobile menjadi beberapa permainan yang memiliki banyak atletnya. Mereka semua para atlet permainan tersebut sangatlah berbakat. Beberapa dari atlet tersebut telah menjadi idola baru untuk dunia atlet di Indonesia. Dari hanya seorang gamer menjadi seorang public figure yang menginspirasi banyak orang melalui game.

Baca Juga: 5 Perusahaan yang Menggunakan Public Figure Sebagai Teknik Branding Produk

E-Sport Sudah Setara Dengan Cabang Olahraga Besar Lainnya

Tim-tim e-sport sekarang sudah cukup banyak dan tersebar di banyak daerah di Indonesia, membuat pemerintah yakin akan adanya lapangan pekerjaan yang menjanjikan di industri e-sport ini. Dukungan pemerintah sangatlah kencang, sampai beberapa tahun lalu kejuaraan e-sport se-Indonesia yaitu Piala Presiden hadir untuk menguji tim-tim e-sport di Indonesia. Mereka diadu dalam sebuah kompetisi untuk memenangkan hadiah yang bergengsi. Siapa yang menang maka akan dicap sebagai tim ­e-sport unggulan seperti layaknya tim-tim pada olahraga besar di dunia dan di Indonesia.

Hal yang menakjubkan adalah turnamen Piala Presiden untuk game tersebut banyak sekali ditonton orang. Semua berbondong untuk mengikuti sejarah baru di Indonesia dalam dunia e-sport ini. Layaknya sebuah stadion pertandingan, tempat turnamen e-sport dipadati oleh pecinta game di seluruh Indonesia.

Fenomena tersebut meyakinkan banyak perusahaan untuk mulai melek terhadap industri e-sport dalam melakukan sebuah pemasaran. Tim e-sport pasti mengharapkan ada sponsor dari perusahaan yang masuk untuk mendukung perkembangan tim tersebut. Perusahaan juga mengharapakan bisa menjangkau target pasar yang baru yaitu para gamers.

Kemungkinan untuk mendapat keuntungan dari industri e-sport, banyak perusahaan yang memberikan sponsor kepada tim-tim tertentu. Beberapa tim e-sport yang mendapatkan sponsor adalah tim yang memiliki umur panjang jika dilihat dari atletnnya yang luar biasa, tim yang sudah besar karena sering menang kejuaraan. Lantas, mengapa perusahaan memberikan sponsor kepada tim e-sport? Apakah ada keuntungannya?

Berikut adalah beberapa keuntungan perusahaan yang memberikan sponsor kepada tim e-sport.

  • Ruang untuk logo perusahaan

Kaos tim menjadi salah satu perusahaan bisa meletakkan logonya sesuai dengan nilai sponsorship yang diambil. Semakin besar nilai sponsor yang diambil, maka akan semakin besar pula ruang yang diberikan untuk logo perusahaan Anda. Jadi jika Anda memberikan sponsor ke salah satu tim e-sport Anda bisa pilih nilai sponsor yang besar lalu memajang logo perusahaan sebesar mungkin agar ketika di dalam pertandingan banyak penonton akan fokus kepada kaos tim yang berisi logo perusahaan Anda.

  • Kepercayaan dari banyak gamers

Menjadi salah satu pemberi sponsor membuat perusahaan Anda akan mulai dikenal dan perlahan mulai dipercaya. Para gamers juga mulai melakukan pencarian terhadap nama perusahaan pemberi sponsor di mesin pencari Google karena adanya rasa kepercayaan yang timbul. Perlahan perusahaan tersebut mulai mendapat konsumen baru dari hasil kepercayaan yang timbul dari memberikan sponsor ke salah satu tim e-sport.

  • Konsumen yang loyal

Ketika para gamers tersebut loyal kepada game­ kesukaan mereka masing-masing, tidak menutup kemungkinan bahwa mereka juga akan loyal kepada perusahaan pemberi sponsor tim e-sport favorit mereka. Hal tersebut cenderung bisa dilakukan karena adanya rasa cinta terhadap game dan salah satu tim e-sport.

Perlahan tapi pasti, dunia e-sport akan menjadi dunia yang besar dimana banyak terjadi bentuk kerja sama di dalamnya mulai dari pemberian sponsor sampai ke kerja sama brand ambassador.

Baca Juga: Yang Harus Anda Ketahui Dalam Pembagian Segmentasi Pasar

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.