15 January 2020

“Sebuah perusahaan memerlukan brand agar nantinya bisa selalu diingat oleh para pelanggan.”

Begitu penting peran brand sehingga perusahaan tidak boleh sembarangan dalam memutuskan nama brand bagi perusahaan mereka. Segala hal mengenai brand juga harus dijaga sedemikian rupa karena kesuksesan brand juga merupakan kesuksesan dari sebuah perusahaan.

Baca Juga: Minat Konsumen dan Hubungannya Terhadap Produk dan Branding

Suatu kondisi dimana masyarakat bisa semakin mengenal brand dari sebuah perusahaan dinamakan brand awareness. Brand awareness atau kepedulian terhadap brand perusahaan harus terus dipantau. Hal ini dilakukan agar perusahaan bisa terus diingat dan tidak akan terlupakan oleh berbagai kalangan masayarakat. Lalu, bagaimana bisa mempertahankan dan bahkan terus mendongkrak kesuksesan dari sebuah brand? Berikut ini ulasannya!

Berbagai Komponen Penting Untuk Meningkatkan Brand Awareness Perusahaan

Melakukan branding sebuah perusahaan bukan perkara yang mudah. Segala aspek yang ada pada sebuah perusahaan harus bisa bekerjasama untuk menghasilkan produk yang memang berkualitas serta mampu mencetak citra positif dari sebuah perusahaan. Berikut ini berbagai komponen yang harus ada sebagai langkah meningkatkan brand awareness:

1. Pasar (market), sebagai target utama

Perusahaan pastilah menempatkan pasar sebagai target nomor satu yang harus mereka pedulikan. Banyak orang mengatakan untuk bisa mendirikan sebuah perusahaan yang sustainable, maka perusahaan tersebut harus mampu memahami keinginan dari target pasar mereka. Hal ini sepenuhnya benar. Sebuah perusahaan yang sangat mampu memahami keinginan target pasar mereka akan lebih mudah dikenal dan mendapatkan tingkat re-order yang tinggi.

2. Teknologi, kunci pembuka dari segala hal yang berkaitan dengan promosi

Teknologi memainkan peran penting bagi perusahaan karena dengan hal inilah sistem promosi bisa dilakukan. Perusahaan yang mengadopsi teknologi dengan cepat dalam sistem kerja mereka, akan berkembang selangkah lebih maju dari rival mereka.

Teknologi mampu membuat perusahaan banyak dikenal bahkan dengan jangkauan yang sangat luas. Sebab, dengan teknologi, perusahaan bisa melakukan promosi tanpa batasan waktu, ruang. Penghematan biaya dan juga tenaga dapat dilakukan dengan cara mempromosikan produk sebuah brand di media online seperti website dan media sosial.

3. Harga yang stabil dan bersaing, sebagai daya tarik bagi pasar untuk membeli produk

Elemen penting lain yang sangat penting untuk mendongkrak kesuksesan sebuah brand perusahaan adalah harga. Tidak selalu harga yang murah menjadi parameter laku atau tidaknya sebuah barang dari perusahaan. Bisa jadi harga yang murah malah membawa citra negatif karena barang tersebut dianggap murahan.

Oleh karena itu sebuah perusahaan harus bisa memperhitungkan harga dengan sangat cermat. Usahakan harga yang dirilis merupakan harga yang stabil dan bersaing, sehingga tidak mudah naik turun serta membingungkan konsumen. Perhitungan harga juga harus dilakukan tanpa membuat perusahaan menjadi rugi. Artinya, harga harus sebanding dengan kualitas.

4. Kemasan produk yang menarik, sebuah permainan psikologi bagi para pembeli

Tak jarang sebuah brand yang sudah sangat terkenal melakukan berbagai invoasi pada kemasan produknya agar para pembeli mudah mengingat perusahaan mereka. Sebuah kemasan yang baik hendaknya berperan seperti bunga bagi lebah, memiliki paduan bentuk, warna, dan motif sebagai ciri khas dari brand perusahaan yang dapat menarik minat pembeli.

Survey menyatakan bahwa sebuah perusahaan yang memiliki kemasan yang unik, dan menarik, kemungkinan besar lebih diingat oleh pembeli. Kemasan yang mengandung berbagai informasi penting dari sebuah produk juga akan sangat membantu para pembeli untuk memakai atau mengkonsumsi produk tersebut.

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa sebuah brand dari perusahaan akan bisa berkembang dengan cepat apabila memaksimalkan berbagai komponen yang telah disebutkan di atas. Dengan meningkatkan branding awareness , sebuah perusahaan akan bisa mengalami keuntungan dalam waktu yang cepat.

Baca Juga: Bermacam-Macam Product Placement Film

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.