16 September 2021

Dengan konten TikTok yang menarik, customer lebih mengenal brand Anda

Anda perlu membuat konten tiktok yang menarik, karena aplikasi TikTok tidak hanya bisa digunakan sebagai hiburan saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan branding pada sebuah usaha maupun individu. Aplikasi TikTok kini sedang naik daun dan sudah diunduh oleh sekitar 1,5 miliar pengguna Google Play Store maupun Apps Store. Untuk membuat konten yang menarik guna melancarkan branding atau strategi marketing, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. 

Baca Juga: 4 Strategi Digital Marketing Terbaik untuk Menarik Pelanggan

Daftar Tips Membuat Konten TikTok yang menarik

Untuk menghasilkan konten yang menarik, sudah saatnya Anda mempelajari setiap langkahnya, agar bisa segera menikmati manfaatnya. Berikut kami sajikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat konten TikTok yang menarik untuk kepentingan brand awareness:

1. Strategi Marketing TikTok dengan Menggunakan Hashtag

TikTok juga hampir sama dengan aplikasi Instagram maupun Twitter, yang menggunakan hashtag untuk menaikkan challenge yang ada di dalam aplikasi TikTok. Nah, cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat konten TikTok yang menarik adalah menggunakan dan mengikuti hashtag, agar konten muncul di hasil pencarian hashtag yang sedang viral. 

2. Memanfaatkan Fitur Duet with Me

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan fitur duet with me yang disediakan oleh TikTok, dengan berkolaborasi bersama pengguna lainnya di seluruh dunia. Anda bisa melihat peluang besar dari fitur ini, karena followers Anda dan follower pengguna yang Anda duetkan bisa melihat konten Anda. 

3. Perbanyak Berkomentar

Memanfaatkan TikTok untuk brand awareness bukan hanya melalui konten saja, tetapi aktif di fitur komentar juga bisa, lho. Dengan memperbanyak komentar, Anda bisa meraih perhatian dari pengguna lainnya di akun seseorang, sehingga otomatis akan membuat mereka mengetahui dan lambat laun mengenal brand Anda. Komentar yang dimaksud bukan sembarang komentar, karena Anda harus berkomentar dengan baik, sopan, dan juga inspiratif agar komentar Anda banyak disukai oleh pengguna lainnya. 

4. Beriklan di Platform TikTok

Beriklan di TikTok juga menjadi salah satu strategi marketing untuk meningkatkan brand awareness, lho, sehingga tak heran jika banyak yang memanfaatkannya. Nah, ada tiga jenis iklan di aplikasi TikTok, yakni sebagai berikut: 

  • Hashtag Challenge Ads
  • Brand Takeover Ads
  • In Feed Native Ads

5. Buat Konten yang Beragam

Membuat konten TikTok yang menarik bisa diawali dengan membuat konten yang beragam. Meskipun di aplikasi ini banyak yang menggunakannya sebagai media hiburan, namun konten harus diatur secara seimbang. Anda bisa membuat konten yang menghibur dan separuhnya lagi konten branding. Anda juga bisa membuat kedua konten di dalam satu video. 

6. Gunakan Efek TikTok dalam Postingan

Agar konten TikTok Anda bisa menarik viewers dan bisa berujung pada meningkatnya brand awareness, jangan lupa manfaatkan fitur efek TikTok yang terdiri dari beraneka macam. Ini termasuk ke dalam kegiatan mengikuti tren yang ada di aplikasi ini. Jadi, manfaatkan fitur efek sekreatif mungkin untuk menghasilkan konten yang menarik dan tentunya bisa FYP. 

Brand yang Sukses dengan Menerapkan Strategi Tiktok

Dengan banyaknya user yang terus menerus mendownload dan menggunakan aplikasi TikTok, tak heran jika banyak brand-brand yang juga ikut berkreasi di platform ini untuk meningkatkan branding. Sudah tahukah Anda brand apa saja yang sukses dengan cara menerapkan aplikasi TikTok satu ini? Berikut adalah daftarnya: 

1. The Washington Post

The Washington Post merupakan salah satu brand yang berhasil mendulang keuntungan dengan memanfaatkan aplikasi Tiktok dan tentunya menghadirkan konten yang menarik. Konten-konten yang diunggah oleh The Washington Post adalah komedi di belakang layar dan juga sandiwara di balik tim redaksi majalah. Meskipun tidak sepenuhnya berisi tentang informasi atau berita sesuai dengan tujuan utama didirikannya The Washington Post, brand ini tidak lupa menyisipkan kutipan narasumber untuk dijadikan sebagai konten video. 

2. Guess

Anda pasti tidak asing dengan brand Guess yang telah mendunia, dan kini memiliki sekitar 35k lebih followers di akun TikTok mereka. Guess memanfaatkan aplikasi Tiktok untuk branding dengan membuat konten-konten terbaiknya, sehingga banyak yang mengikutinya. Salah satu konten yang diunggahnya adalah berupa tantangan bagi pengguna TikTok lainnya. Tak lama setelah peluncurannya, akhirnya tim dari TikTok mengajak Guess untuk melakukan kolaborasi dengan membuat tantangan dengan tema “InMyDenim”, yakni menantang para pengguna untuk menggunakan denim baru dari brand Guess dan akhirnya tantangan ini menjadi sangat viral

3. NBA

Selain The Washington Post dan Guess, masih ada brand yang berhasil sukses dengan menerapkan strategi TikTok, yakni NBA. Dalam postingan di TikTok, brand ini banyak mengusung konten hiburan yang sukses mendulang viewers dan juga likes yang banyak. Mereka sering sekali mengunggah kegiatan dari para pemain NBA, mulai dari saat berolahraga dan juga yang lainnya, tentunya dengan disertai musik, tarian, dan juga mascot tim. Tak hanya itu, terkadang NBA juga mengunggah konten yang bersifat menginspirasi dan memotivasi seluruh pemain basket yang ada di dunia. Tentunya hal ini bisa jadi daya tarik tersendiri dari akun TikTok NBA. 

Baca Juga: 6 Tips dalam Meningkatkan Engagement Rate Marketing pada Instagram Bisnis

Bagaimana? Sudah sangat jelas bukan cara yang perlu Anda lakukan untuk membuat konten TikTok yang menarik di atas? Jika sudah mengetahui cara-caranya, kini saatnya Anda mempraktekkan agar bisa mengunduh hasil terbaiknya. Ingat, bahwa branding adalah salah satu hal yang penting dalam membangun brand dan TikTok bisa jadi media untuk mewujudkannya. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!