...

Kumpulan Tagline Unik dan Sering Digunakan

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Memperkenalkan sebuah brand baru kepada khalayak tentunya tidak hanya mempersiapkan produk atau jasa lengkap dengan logonya saja.

Akan tetapi juga disertai dengan tagline yang memberi efek signifikan pada kegiatan branding tersebut.

Pemilihan atau pembuatan tagline yang tepat akan membuatnya mudah diingat oleh khalayak. Bahkan saking ingatnya, seseorang yang melihat logo perusahaan sudah langsung ingat kalimat tagline yang digunakan. Artikel ini akan membahas kumpulan tagline unik yang bisa menjadi contoh serta inspirasi sebelum Anda membuat tagline.    

Baca Juga: Blueprint Adalah Basic Integrity Perusahaan. Pentingnya Blueprint dalam Bisnis                                               

Pengertian dari Tagline

Bagi Anda yang berniat membuat tagline untuk kebutuhan branding produk atau jasa baru dari sebuah perusahaan. Maka pahami dulu pengertian dari tagline ini, sehingga bisa membantu menyempurnakan pembuatannya. Merujuk pada kamus, kata tagline memiliki definisi sebagai kalimat pamungkas.

Sedangkan pengertian tagline menurut kamus bahasa Inggris diartikan sebagai slogan yang sejalan dengan konteks dunia marketing. Kalimat atau kata di dalam tagline akan sangat mencerminkan dari produk atau jasa yang ditawarkan kepada publik.

Menurut Eric Swartz, yakni seorang penulis sekaligus ahli dalam pembuatan tagline menuturkan jika tagline adalah susunan kata yang kemudian diringkas.

Inilah yang menjadi acuan banyak brand dalam membuat tagline agar susunannya tidak terlalu panjang. Rata-rata kalimat tagline tidak lebih dari tujuh kata, bahkan ada beberapa brand yang hanya memakai satu kata saja.

Kumpulan Tagline Unik yang Sering Digunakan

Berikut adalah kumpulan tagline unik dari berbagai perusahaan atau brand besar di dunia yang bisa dijadikan contoh atau inspirasi:

1. Nike dengan “Just Do It”

Brand Nike mewarnai pasaran sepatu olahraga untuk pertama kalinya pada tahun 1972 dan masih tetap eksis sampai detik ini. Selain dikenal akan kualitas produknya yang memang jempolan, Nike juga dikenal luas dengan logo dan tagline yang unik. Yakni “Just Do It” yang dalam bahasa Indonesia diartikan “Lakuin Aja Lah!”

Tagline tersebut berhasil mendapatkan perhatian masyarakat dunia karena menjadi sumber motivasi agar siapa saja berani mengambil keputusan. Bahkan tagline ini sering dikaitkan dengan logo Nike yang juga simpel, hanya berupa tanda centang alias checklist saja. Sehingga keduanya pun terkesan saling terhubung atau saling berkesinambungan.

2. Adidas dengan “Impossible is Nothing”

Adidas menjadi salah satu brand yang fokus menyediakan perlengkapan olahraga berkualitas bagi para atlet. Awalnya produk yang dibuat hanya untuk atlet di Jerman, dan melalui atlet yang menjadi target pasarnya pula brand ini memiliki tagline unik. Bahkan menjadi bagian dari kumpulan tagline unik yang banyak digunakan dan diingat masyarakat dunia.

Yakni “Impossible is Nothing”, yang memberi ajakan bagi siapa saja khususnya para atlet untuk tidak membatasi diri dan tidak mudah menyerah. Tagline ini juga menjadi gambaran dari produk Adidas yang membantu penggunanya untuk melewati batasan diri sendiri.

3. Apple dengan “Think Different”

Apple yang selalu menjadi pilihan utama kalangan menengah ke atas dalam memenuhi kebutuhan produk teknologi juga punya tagline unik dan mendunia. Yakni “Think Different” yang memberi gambaran bahwa produk Apple berbeda dengan produk dari brand lain yang sejenis.

Tagline ini juga menjadi ajakan bagi masyarakat dunia yang membacanya untuk terbiasa berpikir out of the box atau kreatif untuk sukses. Dibuktikan dengan sangat nyata oleh Apple dengan merilis produk unggulan dan digandrungi masyarakat dunia sekalipun memiliki harga menyentuh langit.

Beberapa tagline brand besar di atas bisa dijadikan sebagai inspirasi atau sumber ide untuk membuat kalimat tagline unik dan bernilai jual. Pembuatan tagline bisa dilakukan dengan membuat daftar kalimat yang merefleksikan produk atau jasa yang akan dipasarkan.

Selanjutnya memilih yang dirasa paling sesuai, paling unik, dan paling mudah diingat. Jadi, agar ide Anda tidak buntu silahkan membaca kembali kumpulan tagline unik di atas.

Baca Juga: Cara Membangun Brand Image Yang Kuat

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms