01 April 2020

Produk produk dari bisnis UKM tentu saja bisa bersaing dengan produk yang dihasilkan dari perusahaan.

Yang penting dalam hal ini ada strategi bisnis dan branding produk yang dilakukan secara tepat. Jika branding memiliki strategi yang bagus dan konsep pemasaran juga dilakukan dengan tepat maka pastinya sebuah produk bisnis kecil bisa lebih menjanjikan dan tak kalah bersaing dengan produk lainnya.

Baca Juga: Cara Memperluas Pangsa Pasar dengan Strategi Branding

Hanya saja kadang seperti yang banyak kita jumpai di warung-warung belum memiliki brand atau bisa dibilang brand produk masih kurang kuat. Mulai dari proses packaging yang memang terbilang masih kurang bagus dan terkesan lebih polos. Hal ini tentu saja akan sangat sulit melakukan persaingan dengan produk-produk yang memiliki branding lebih kuat.

Padahal untuk penjualan sebuah produk, tentu saja Branding adalah salah satu aspek yang sangat penting dan hal ini juga menjadi salah satu penentu kesuksesan dalam pemasaran usaha tersebut. Oleh karena itu jika memang ingin menguasai pangsa pasar maka sangat penting untuk melakukan branding produk dengan benar dan kuat.

Inilah Langkah Yang Harus Dilakukan Bisnis UKM Saat Branding Produk

Supaya dalam proses pemasaran produk bisnis UKM bisa berjalan dengan lancar dan bisa sukses terkait dengan produk-produk yang dijual maka sangat penting dalam hal ini memiliki teknik branding yang tepat. Nah untuk melakukan semua itu, ada beberapa langkah yang perlu untuk dilakukan oleh bisnis UKM dalam melakukan branding, simak berikut ini!

  • Membuat Identitas Produk Yang Khas dan Otentik

Salah satu langkah dalam proses branding yang perlu untuk dilakukan oleh setiap bisnis UKM tentu saja harus membuat identitas terlebih dahulu. Pastikan identitas atau brand tersebut memiliki sifat yang khas dan otentik. Hal ini penting untuk dilakukan supaya produk yang di branding tersebut bisa cepat berkembang dengan pesat dan secara luas.

Branding yang kuat dengan identitas yang khas tentu saja dalam hal ini akan menembus pasaran dengan baik sehingga Anda tidak perlu repot-repot menawarkannya. Orang akan lebih mudah mengenal dari mulut ke mulut mengenai brand produk tersebut.

  • Jangan Lupakan Komponen Kecil Dalam Branding Produk

Untuk membuat suatu produk lebih mudah dikenal oleh orang banyak maka pastikan untuk tidak melupakan hal-hal kecil. Kadang ada hal-hal yang seringkali dianggap tidak penting namun menjadi salah satu pemicu meningkatnya perkembangan sebuah produk tersebut. Misalnya komponen kecil yang sering terlupakan adalah dari segi desain packaging yang menarik, menambahkan logo yang unik, tambahkan tagline yang khas mudah diingat orang dan lainnya.

Komponen-komponen kecil seperti ini pastinya akan menjadi salah satu faktor pemicu melesatnya sebuah produk. Jika hal ini Anda perhatikan dan kombinasikan dengan baik maka tentu saja akan membantu untuk meningkatkan proses branding produk UKM.

  • Membangun Ruang Produksi Dengan Jangkauan Terbuka

Perlu diketahui bahwa dengan membangun ruang produksi secara terbuka akan menjadikan salah satu strategi untuk mendongkrak bisnis UKM. Dalam hal ini Anda harus benar-benar menunjukan bahwa produk yang dihasilkan benar-benar diproduksi sendiri. Disini untuk memperkuat hal tersebut tentu saja dengan menciptakan sebuah tempat produksi yang resmi. Teknik ini akan mempermudah proses branding sebuah produk.

Baca Juga: Proses Branding Dengan Budget Kecil, Apakah Bisa?

Kesimpulan:

  • Bisnis UKM harus memiliki  identitas khas dan value sebagai pembeda dengan kompetitor
  • Produk UKM harus memiliki nama, logo, tagline, dan packaging menarik agar konsumen lebih mengenal merek dan lebih menarik dimata konsumen
  • Memilki tempat produksi resmi akan mempermudah proses branding produk

Demikian itulah beberapa langkah penting yang tentu saja harus diperhatikan dengan benar jika Anda ingin melakukan branding produk bisnis UKM sehingga bisa lebih melejit di pasaran. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.