13 September 2019

“Mengapa para branding consultant menyarankan kliennya untuk membangun personal branding secara konsisten?”

Karena melakukan personal branding adalah membangun reputasi positif yang meningkatkan nilai dan daya saing baik bagi diri Anda sendiri maupun yang Anda jalankan.

Para branding konsultan yang profesional akan terus membantu Anda untuk membangun personal branding demi meningkatkan nama baik dan citra perusahaan yang akan berimbas pada naiknya omset penjualan produk Anda. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai personal branding.

Baca Juga: Pentingnya Personal Branding Untuk Milenial

1. Discover

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai personal branding adalah menemukan karakter dan kekuatan Anda lalu segera memprosesnya. Tanyakan pada diri sendiri citra apa yang hendak Anda bangun ke depan? Persepsi orang lain seperti apa yang Anda inginkan saat mereka mendengar nama Anda? Tanyakan juga pada diri Anda. Apa tujuan Anda dalam melakukan personal branding?

2. Integrate

Setelah Anda menemukan jawabannya, lalu bangun citra Anda baik online maupun offline. Jangan hanya sebatas online saja. Karena audience tidak hanya bisa percaya hanya melalui dunia maya saja. Mereka perlu melihat Anda secara nyata. Bagaimana cara Anda berbicara, bagaimana cara Anda bertindak, dan lain sebagainya.

3. Create Content

Langkah selanjutnya adalah terus tingkatkan kemampuan Anda, apapun kelebihan yang Anda miliki. Karena itu adalah salah satu kekuatan yang ada pada diri Anda. Buatlah konten-konten kreatif yang berguna bagi banyak orang. Semakin banyak yang menyukai konten Anda, maka semakin baik pula personal branding yang Anda bangun. Lakukan terus menerus, hingga audience bisa melihat diri Anda menjadi seseorang yang positif dan bisa dipercaya.

4. Engage

Anda bisa menggunakan media sosial untuk mendongkrak reputasi Anda. Namun jangan terlalu mengandalkan media sosial untuk merepresentasikan bagaimana anda seutuhnya. Anda harus tetap membangun citra baik di dunia nyata. Media sosial hanya sebagai alat untuk mempertemukan Anda dengan audience yang tidak bisa dijangkau dengan pertemuan fisik.

Bangun komunikasi sebaik mungkin dengan audience selama Anda dan mereka bertemu. Baik di dunia nyata maupun dunia maya. Dengan membangun hubungan secara terus menerus, berarti Anda menabung rasa kepercayaan mereka pada Anda. Setelah kepercayaan itu terbentuk maka akan dengan mudah bagi Anda untuk masuk dan menawarkan produk atau jasa yang Anda miliki.

Itulah beberapa cara membangun komitmen personal branding yang biasa disarankan oleh branding consultant. Sebagai brand agency yang berpengalaman, biasanya mereka akan melakukan berbagai cara dalam membantu Anda baik melakukan personal branding ataupun proses branding terhadap produk yang Anda miliki. Personal branding bukanlah hanya sebatas topeng, tapi sebuah reputasi. Anda harus berkomitmen terhadapnya.

 Baca Juga: Beberapa Pertimbangan Sebelum Memilih Brand Consultant

Bagaimana? Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai personal maupun product branding? SIlahkan klik disini.