17 January 2020

 Banyak cara untuk mengembangkan bisnis agar semakin dikenal masyarakat, salah satunya adalah dengan membangun kerja sama dengan influencer.

Disebut sebagai influencer karena mereka dapat memberi influence atau pengaruh ke masyarakat. Influencer biasanya berprofesi sebagai artis, selebgram, youtuber, atau public figure yang dianggap penting. Membangun kerja sama dengan influencer dapat membantu brand menjadi lebih dikenal.

Baca Juga: Waktu dan Langkah yang Dibutuhkan Untuk Membangun Brand

Umumnya, infulencer memiliki pengikut dari ribuan hingga jutaan di media sosialnya. Mereka merupakan trendsetter yang kuat baik skala kecil maupun besar. Maka dari itu, membangun kerja sama dengan influencer merupakan langkah strategi marketing yang cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness.

Langkah Bekerja Sama dengan Influencer

Jika Anda ingin bekerja sama dengan influencer, sebakinya Anda pahami dan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Cari influencer yang sesuai dengan bisnis Anda

Hal mendasar yang perlu Anda lakukan adalah mencari influencer yang tepat. Namun, sebelum mencari influencer, lihat kembali bisnis Anda. Audiens seperti apa yang Anda targetkan? Segmentasikan ke dalam kategori seperti usia, jenis kelamin, lifestyle, ataupun minat dan ketertarikan.

Jika sudah, maka pastikan pula bahwa followers dari influencer yang akan diajak kerja sama sejalan dengan demografi dari target audiens bisnis Anda. Kemudian, cek pula kualitas konten yang mereka bagikan, apakah sesuai dengan pesan atau tone yang ingin Anda sampaikan. Cari tahu juga mengenai engagement mereka dengan followers-nya.

2. Jangan menghubungi tiba-tiba

Jika Anda sudah mempunyai nama influencer yang akan Anda ajak kerja sama, maka jangan terburu-buru untuk menghubunginya. Anda tentu harus mengikuti terlebih dahulu semua media sosialnya.

Paling tidak, tunjukkan juga rasa ketertarikan terhadap apa yang influencer lakukan karena mereka juga bersusah payah untuk menyediakan konten menarik. Bahkan kalau perlu, datangi event yang mereka hadiri untuk mengenal lebih dekat.

Selain itu, jika ingin menghubungi mereka pastikan melalui media yang tepat. Cek kembali apakah influencer lebih nyaman dihubungi lewat email, telepon, atau media lain karena tentu mereka memiliki preferensi sendiri untuk komunikasi soal bisnis.

3. Beri influencer waktu untuk mempertimbangkan keputusan

Pada langkah ini, ketika Anda sudah menghubungi influencer. Maka beri mereka waktu utnuk mempertimbangkan keputusannya terlebih dahulu. Sebaiknya, jangan menghubungi berulang kali atau bahkan setiap hari untuk follow up. Karena hal ini malah membuat mereka seperti dikejar dan tidak nyaman.

Tunggu selama beberapa hari agar influencer dapat berpikir dengan matang. Jika mereka tertarik dengan bisnis Anda dan ingin bekerja sama, maka mereka pasti akan menghubungi Anda kembali.

4. Kebebasan bekarya untuk influencer

Ketika Anda berhasil bekerja sama dengan influencer, artinya Anda mempercayakan mereka untuk membuat konten mengenai bisnis atau brand Anda. Oleh karena itu, beri mereka kebebasan dalam membuat konten tersebut sesuai dengan gaya mereka.

Tetapi Anda juga masih wajib untuk memberikan brief sebelum konten dibuat. Berikan waktu yang sesuai, lalu cek kembali konten tersebut sebelum diunggah untuk memastikan sudah sesuai dengan brief yang dilakukan sebelumnya.

Dengan memanfaatkan influencer untuk mengembangkan brand Anda, akan ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh. Beberapa diantaranya adalah membuat produk Anda menjadi pusat perhatian, menjangkau pasar yang lebih luas, konsumen menjadi lebih percaya dengan produk Anda, hingga mampu mendongkrak penjualan. Ini artinya peluang memperoleh profit menjadi sangat besar.

Maka dari itu, dengan mengetahui langkah bekerja sama dengan influencer Anda bisa mulai mencoba untuk membangun kerja sama dengan mereka demi membangun brand Anda. Coba mulai cari influencer yang sesuai. Ingat, jangan lupakan etika ketika menghubungi mereka.

Baca Juga: Minat Konsumen dan Hubungannya Terhadap Produk dan Branding

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.