08 May 2020

Langkah promosi yang tepat sasaran menjadi fokus semua perusahaan yang ingin untung dalam proses produksinya.

Karena ketepatan rencana yang telah diproyeksikan perusahaan akan lebih berjalan efektif jika langkah promosi perusahaan juga dilakukan dengan efisien.

Oleh karena itu, perusahaan perlu mengetahui langkah-langkah menentukan sasaran promosi yang tepat. Yuk, ketahui caranya pada artikel berikut ini.

Baca Juga: Cara Branding Melalui Influencer

Langkah Menentukan Sasaran Promosi Bagi Perusahaan

Promosi adalah suatu kegiatan yang bersifat publikasi, dengan cara menarik atensi pasar untuk mengenali produk dari perusahaan dan mendorong minat mereka untuk melakukan pembelian. Oleh karena itu, target sasaran dan segmentasi pasar dari promosi itu sendiri harus jelas.

Berikut ini langkah-langkah menentukan sasaran promosi yang efektif bagi perusahaan :

  1. Melakukan segmentasi di bidang demografi

Kegiatan promosi akan langsung berkaitan dengan target pasar yang akan dijangkau. Penting bagi perusahaan melakukan segmentasi demografi karena memiliki kaitan secara “personal” dengan pasar.

Biasanya yang menjadi fokus segmentasi demografi adalah umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan dan pendapatan, dan lain sebagainya. Hal-hal yang bersifat demografis ini nantinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Contohnya, perusahaan yang bergerak di bidang traveling, menargetkan pasar yang terdiri atas pria dan wanita umur 17 tahun ke atas yang menyukai kegiatan wisata.

  1. Melakukan segmentasi di bidang psikologi

Selain di bidang demografi, perusahaan harus melakukan segmentasi di bidang psikologi. Hal-hal yang termasuk dalam segmentasi jenis ini adalah selera pasar, perilaku pasar, niat pasar, hingga minat pasar berdasarkan tingkat ekonomi di mana mereka berada.

Banyak penelitian mengatakan jika orang lebih cenderung memilih barang sesuai dengan kelas ekonomi mereka. Itu berarti tingkatan ekonomi berpengaruh terhadap psikologis seseorang. Dan memang hal-hal seperti ini perlu diteliti lebih lanjut agar nantinya perusahaan bisa memutuskan langkah promosi yang tepat sasaran.

  1. Melakukan segmentasi di bidang geografi

Setelah melakukan segmentasi di bidang demografi dan psikologi, langkah penting lainnya adalah menentukan segmentasi pasar di bidang geografi. Dalam hal ini, yang menjadi parameter proses segmentasi adalah lingkungan, baik dari segi alamat lengkap daerah analisis, dan berbagai variabel lain.

Biasanya, daerah yang dijadikan sebagai objek pengamatan adalah yang terdekat dari perusahaan. Bisa berasal dari lingkup satu kota, lalu merambah ke lingkup provinsi, hingga nasional dan global. Besar jangkauan dari lingkungan yang akan dijamah perusahaan hendaknya disesuaikan dengan kemampuan perusahaan terkait.

  1. Menentukan besar insentif promosi serta syarat-syaratnya

Setelah segmentasi pasar ditentukan, langkah-langkah menentukan sasaran promosi selanjutnya adalah menentukan besar insentif promosi. Contoh nyata dari langkah ini adalah memberikan diskon sebanyak 10% bagi para pelanggan setia yang memiliki kartu member perusahaan.

Selain menentukan besar insentif secara jelas dan gamblang, sebaiknya sertakan juga syarat perolehan promosi tersebut. Misalnya, pelanggan akan bisa mendapatkan diskon 10% jika membeli barang minimal sebanyak 2 buah.

  1. Memilih waktu yang tepat untuk melakukan promosi

Langkah-langkah menentukan sasaran promosi selanjutnya harus memperhatikan ketepatan waktu. Misalnya, pada musim pandemi seperti ini, akan lebih baik jika perusahaan memberikan promosi gratis alat kesehatan untuk pembelian produk minimal satu lusin. Hal ini lebih baik daripada memberikan promosi gratis alat tulis yang kurang dibutuhkan oleh masyarakat di era krisis.

  1. Melakukan promosi melalui media yang tepat

Media yang digunakan untuk promosi termasuk dalam variabel yang harus diteliti dalam menentukan langkah yang tertarget. Perusahaan bisa me-rembug-kan melalui media apa saja mereka akan melakukan kegiatan publikasi dan promosi.

Misalnya, menyebarkan pamflet diskon yang terperinci, memasang spanduk, atau membuat iklan dan disebarkan melalui berbagai platform seperti televisi atau internet.

Proses promosi harus diperhitungkan sedemikian rupa agar dalam prosesnya tidak malah membuat rugi perusahaan. Dengan menentukan sasaran promosi pula, kegiatan tersebut bisa lebih terarah dan tidak membuat citra brand menjadi amburadul di mata masyarakat.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Tagline yang Kuat dan Menarik untuk Bisnis

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.