04 November 2019

Peran Brand Storytelling Dalam Bisnis

Setiap bisnis pasti memiliki strategi bisnis pemasarannya masing-masing. Tujuannya tidak lepas dari mendapatkan keuntungan perusahaan. Dalam hal ini, brand storytelling adalah salah satu strategi pemasaran yang layak dicoba. Konsep dasarnya adalah membuat promosi iklan tanpa membuat konsumen merasa bahwa mereka sedang melihat iklan. Dalam prakteknya, penggunaan kisah nyata ataupun segala hal yang melibatkan emosi manusia bermanfaat untuk meningkatkan kesetiaan konsumen atas produk kita.

Baca Juga: Pentingnya Brand Voice Untuk Brand Personality Anda

Cara ini dinilai lebih efektif. Anda tidak perlu selalu harus menjelaskan produk Anda secara rinci, brand storytelling akan melakukannya untuk Anda. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya brand storytelling harus bisa bercerita. Tidak perlu cerita yang terlalu kompleks, kisah yang sederhana pastinya bisa membuat promosi Anda terlihat nyata dan terpercaya.

Buat awalan yang baik seperti masalah yang akan diselesaikan, lalu solusi cara penyelesaiannya, lalu akhir yang memuat kesuksesan daripada solusi yang Anda berikan, yaitu kesuksesan karena pemakaian produk Anda. Brand storytelling juga harus bisa membuat koneksi antara konsumen dan produk Anda.

Secara tidak langsung, buatlah produk Anda seperti terinspirasi dari konsumen itu sendiri. Pembuatan kisah menyentuh dalam brand storytelling juga pilihan yang menarik. Bayangkan jika iklan yang Anda buat bisa menyentuh sisi manusiawi dari setiap konsumen. Di saat konsumen merasa jenuh dengan iklan promosi yang itu-itu saja, iklan Anda akan dinilai sebagai angin segar dengan sentuhan perasaan dan emosi.

Selain itu, penggunaan narasi unik dari brand storytelling juga bisa dilakukan. Sampaikan narasi Anda dengan sisi unik seperti lucu, mendebarkan, ekstrem, misterius, ataupun sisi lain yang memang belum ada sebelumnya. Nantinya, iklan Anda akan lebih berkesan di hati konsumen. Jangan lupa untuk selalu jujur dalam setiap produk yang anda tawarkan. Jangan membuat iklan seakan Anda ingin terlihat lebih baik daripada konsumen Anda.

Kesimpulan

Membuat brand storytelling tentu saja adalah salah satu strategi bisnis pemasaran yang efektif. Dengan menyentuh sisi emosional dari konsumen, secara tidak langsung, Anda akan mempengaruhi pikiran alam bawah sadar mereka untuk membeli produk Anda. Buat iklan dengan berbagai pertimbangan agar pesan yang ingin Anda sampaikan juga tepat sasaran. Jalin kedekatan emosi dengan konsumen sehingga dirasa produk Anda tercipta karena konsumen.

Baca Juga: 4 Rahasia Marketing Efektif Menggunakan Brand Storytelling

Brand Storytelling dapat membantu brand Anda lebih dekat dengan konsumen. Tidak selamanya strategi bisnis marketing bahkan marketing secara digital menjauhkan Anda untuk tidak peduli dengan pelanggan. Anda dapat meminta bantuan kami Dreambox Branding Agency untuk merencanakan strategi Brand Storytelling Anda