21 August 2020

Citra merek atau brand image sangat berpengaruh dalam persaingan bisnis.

Citra merek atau yang lebih sering diasosiasikan dengan Brand Image merupakan keyakinan terhadap suatu merek yang mencakup nama, simbol, desain, serta kesan yang terbentuk karena informasi dan fakta yang menyertainya. Brand image merupakan sesuatu yang ada di dalam kepala konsumen dan calon konsumen ketika mereka bertemu dengan salah satu atribut brand. Citra atau kesan yang muncul di dalam kepala tersebut akan mempengeruhi preferensi dan keputusan pembelian oleh konsumen.

Baca Juga: Pentingnya CSR Terhadap Pembangunan Citra Merek dan Loyalitas Merek

Membangun brand image yang kuat dapat menjadi senjata untuk unggul dari kompetitor dan memenangkan persaingan bisnis. Untuk dapat membangun image yang kuat dibutuhkan strategi yang tepat, waktu yang lama, dan biaya yang besar. Tetapi ketika image berhasil dibentuk, image tersebut akan menjadi salah satu aset yang berharga bagi brand. Image tersebut yang akan membentuk loyalitas konsumen sehingga bisnis semakin besar dan berkembang.

 

Mengetahui Komponen Brand Image

Brand image memiliki beberapa komponen yang dapat dimanfaatkan untuk memenangkan persaingan bisnis. Komponen-komponen tersebut adalah:

1. Attributes

Atribut brand image terdiri atas 2 jenis, yaitu atribut produk dan atribut non-produk. Atribut produk meliputi bahan baku pembuat produk agar konsumen dapat merasakan manfaat dari produk. Sedangkan atribut non-produk merupakan atribut eksternal yang meliputi rasa, desain, kemasan, harga, dan jenis target konsumen.

Kedua jenis atribut tersebut harus didefinisikan dan dikomunikasikan secara jelas kepada konsumen untuk mempengaruhi pola pikir konsumen terhadap brand. Sehingga brand lebih dikenal, diingat, dan pada giliran selanjutnya konsumen melakukan pembelanjaan atas barang dan jasa dari brand.

2. Benefit

Komponen kedua adalah benefit atau keuntungan, yang berarti nilai yang dirasakan masing-masing individu ketika menggunakan brand. Benefit terbagi atas 3 jenis yaitu functional benefits, experiential benefits, dan symbolic benefits. Jika komponen satu ini terpenuhi, maka pelanggan akan semakin suka dengan brand anda.

Functional benefit merupakan manfaat fisik yang diterima seseorang ketika mengonsumsi barang atau jasa. Experiential benefit merupakan perasaan yang timbul ketika menggunakan barang dan jasa tersebut. Sedangkan symbolic benefit merupakan nilai yang diharapkan untuk diterima seseorang secara sosial ketika menggunakan barang dan jasa. Misalnya, nilai-nilai prestise atau eksklusifitas, dan sejenisnya.

3. Brand Attitude

Pengertian dari brand attitude adalah gambaran atas bagaimana konsumen melihat citra merek secara keseluruhan yang merupakan akibat dari berbagai aktivitas yang dilakukan oleh brand. Brand attitude juga mencakup penilaian atas kualitas benefit yang diterima oleh konsumen. Sehingga penting bagi pemilik brand untuk melakukan aktivitas positif dan memberikan manfaat kepada konsumen sesuai dengan apa yang dikomunikasikan pada pesan kegiatan komunikasi pemasaran.

 

Manfaat Citra Merek untuk Memenangkan Persaingan

Citra merek yang tumbuh kuat dapat dimanfaatkan untuk memenangkan persaingan bisnis karena menawarkan beberapa manfaat berikut:

1. Menawarkan Daya Tarik Bagi Konsumen

Citra yang unik, kuat, dan memiliki asosiasi dengan pribadi target konsumen akan membuat brand memiliki daya tarik lebih di mata konsumen dibandingkan dengan kompetitor.

2. Membangun Loyalitas Konsumen

Ketika citra brand mampu menggambarkan citra pribadi target konsumen atau ketika konsumen dapat mengatakan bahwa brand tersebut ‘aku banget’ maka loyalitas akan terjadi. Tidak hanya sekedar melakukan pembelanjaan atas barang dan jasa tetapi mereka berpotensi untuk merekomendasikan brand kepada lingkungan sekitarnya.

3. Memberikan Diferensiasi Produk

Citra merek akan membentuk personaliti brand yang membuatnya mudah untuk dibedakan dengan brand sejenis. Sehingga peluang untuk memenangkan persaingan bisnis semakin besar.

4. Memperluas Lini Bisnis

Brand yang tumbuh besar dan kuat mudah untuk memperluas volume bisnisnya. Pasalnya pasar akan lebih mudah untuk mengenal dan menerima produk atau varian baru yang diluncurkan brand.

 

Memanfaatkan citra merek untuk memenangkan persaingan bisnis merupakan sebuah taktik yang jitu. Walaupun membangun brand image bukan pekerjaan yang mudah, tetapi mengerahkan segala sumber daya untuk membangunnya merupakan sebuah usaha yang setimpal dengan apa yang akan didapatkan.

Baca Juga: Peran Public Relation Dalam Meningkatkan Brand Image

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.