...

Ketahui Pengertian, Manfaat, Hingga Strategy Digital Marketing Terbaik

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Pahami kebutuhan customer untuk strategy digital marketing yang tepat sasaran.

Saat ini strategy digital marketing sangat berperan penting dalam membangun sebuah usaha. Terlebih perubahan dan perkembangan teknologi semakin pesat. Hal tersebut membuat banyak orang beralih berbisnis ke dalam dunia maya. Selain dinilai lebih praktis, internet merupakan salah satu solusi terbaik untuk membuat sebuah produk semakin dikenal banyak orang hingga ke seluruh dunia. Tujuannya adalah untuk menjangkau konsumen lebih banyak lagi.

Karena itu peran strategy digital marketing sangat penting sekali dan membantu kegiatan pemasaran dengan baik. Jadi setiap pelaku bisnis harus memahami caranya, mulai dari bidang jasa dan barang yang dijual, sehingga dengan teknik pemasaran seperti ini membuat proses promosi menjadi lebih mudah, cepat, dan hasilnya tepat sasaran. Untuk itu supaya memahami strateginya, simak dulu penjelasannya di bawah ini dengan lengkap.

Baca Juga: Sudahkah Anda Mengetahui Strategi Bidding Google Ads?

Pengertian Digital Marketing

Sebelum mengupas tentang strategy digital marketing lebih jauh, saatnya untuk memahami pengertiannya dulu. Digital marketing merupakan kegiatan promosi jasa atau produk dengan memanfaatkan media online. Tujuannya adalah agar mendapatkan pelanggan. Setidaknya cara ini cukup efektif untuk menjangkau target pasar luas hingga ke berbagai negara, sehingga Anda bisa meningkatkan jangkauan target konsumen yang lebih baik melebihi cara pemasaran konvensional saat ini.

Itulah kenapa banyak orang menggunakan cara tersebut. Karena teknik pemasarannya fokus pada pengetahuan pasar menggunakan teknologi terbaru. Selanjutnya setiap pebisnis hanya perlu memahami jenis pemasarannya saja, sehingga tahu strategi terbaik. Karena tidak dapat dipungkiri bila komponen dalam dunia pemasaran online ada banyak, sehingga setiap pelaku bisnis harus memahami hal tersebut dengan baik supaya apa yang dilakukannya tidak sia-sia. Jadi sesuai.

Pentingnya Digital Marketing

Strategy digital marketing itu sangat penting sekali untuk mencapai visi misi sebuah bisnis. Karena caranya dengan mengoptimalkan implementasi sehingga hasilnya memuaskan. berikut alasan hal tersebut penting dalam menjalankan pemasaran online:

  1. Cara ini sangat efektif untuk menjangkau target pasar yang lebih luas, sehingga Anda bisa melakukan kegiatan promosi tepat sasaran sesuai genre, usia, minat, geografis, dll. Jadi benar-benar terarah kegiatan promosinya.
  2. Strategi ini efektif membuka jalan terbaik untuk meningkatkan konversi penjualan dalam membangun tujuan bisnis yang diinginkan, sehingga diharapkan bisa membantu para pebisnis untuk mendapat pelanggan baru. Karena cara ini efektif.
  3. Setiap pelaku bisnis membutuhkan strategy digital marketing yang tepat karena untuk menjangkau sekaligus mengkonversi lebih banyak customer. Yaitu dengan memanfaatkan kekuatan dari konten yang dibuat secara online, sehingga lebih lengkap.
  4. Cara ini penting karena sangat efektif mengintegrasikan berbagai saluran promosi online menggunakan media tradisional, sehingga dengan transformasi inilah membuat Anda bisa lebih mudah mencapai kesuksesan dalam berbisnis di dunia maya.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Digital Agency Tangerang Terbaik

Manfaat Digital Marketing

Ada banyak manfaat yang diterima oleh pelaku bisnis bila sukses menyiapkan strategy digital marketing terbaik. Di bawah ini adalah manfaat menggunakan pemasaran online untuk perkembangan bisnis jasa produk, antara lain:

  1. Bisa membangun produk branding secara personal. Karena tanpa disadari ternyata cara ini efektif untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk Anda dengan peningkatan kredibilitas bisnis, sehingga usaha terlihat profesional bagi pelanggan.
  2. Cara ini efektif membantu pebisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan tertarget sesuai kebutuhan. Karena setiap kegiatan yang terhubung di dunia maya pasti otomatis bisa menjangkau relasi lebih luas.
  3. Dibandingkan menggunakan media konvensional, cara promosi online ini hasilnya lebih efektif dan juga murah. Karena tidak butuh sumber daya besar. Cukup manfaatkan media internet saja untuk menjangkau target pasar Anda.

Komponen dalam Digital Marketing

Ada beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan ketika menyiapkan strategy digital marketing supaya hasilnya memuaskan. Di bawah ini adalah beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam dunia pemasaran online, antara lain:

  1. Penetapan merk. Anda bisa menggunakan pedoman merk ini untuk melakukan identifikasi namanya sekaligus memperhitungkan unique selling point terhadap bisnis yang sedang dijalankan, sehingga hasil pemasaran online bisa maksimal sesuai kebutuhan.
  2. Pengemmbangan personal calon pelanggan. Jadi setiap pelaku usaha wajib memahami informasi demografis calon pelanggannya. Yaitu meliputi jenis kelamin, usia, lokasi, dan apa yang membuat mereka menggunakan jasa dan produk Anda.
  3. Identifikasi S.M.A.R.T. Cara ini efektif membantu Anda membuat target pasar yang lebih terencana dan baik. Anda bisa mendapatkan kesuksesan dalam kegiatan promosi dengan membuat tujuannya dulu.
  4. Lakukan analisis kompetitif. Anda bisa memanfaatkan alat analisis web dan media sosial untuk melakukan kegiatan promosi. Selain itu, cobalah analisa pesaing bisnis Anda dan lakukan analisis SWOT supaya hasilnya maksimal.

Baca Juga: 5 Manfaat Digital Marketing Agency untuk Promosi Bisnis

8 Strategi Digital Marketing Efektif

Ada 10 strategy digital marketing sukses yang dapat dilakukan oleh setiap pelaku bisnis supaya usahanya semakin berkembang pesat dan dikenal oleh masyarakat luas. Di bawah ini adalah 10 strateginya, yaitu:

1. Tetapkan tujuan berbisnis dulu dari awal.

Buatlah visi misi yang mau Anda dicapai terlebih dulu sebelum melakukan pemasaran secara online. Itulah kenapa buat sebuah rencana promosi dulu sampai pencapaian target tertentu.

2. Cari data para customer

Melakukan identifikasi target audiens itu sangat penting, sehingga setiap kegiatan promosi yang dilakukan bisa tepat sasaran dan tidak hanya membuang waktu serta tenaga saja. Hasilnya sempurna! Salah satu strategy digital marketing penting lainnya adalah harus memahami kebutuhan para customer. Jadi setelah mencari datanya, saatnya memahami kebutuhannya. Anda bisa melakukannya dengan mengidentifikasinya dan mengambil profilnya para pelanggan.

3.  Membuat perpustakaan promosi konten.

Selain harus paham dengan kebutuhan customer, Anda harus menggunakan aset digital untuk melakukan promosi. Mulai dari posting blog, video, gambar, podcast, dll.

4. Gunakan teknik SEO

Karena ini termasuk strategy digital marketing terbaik yang efektif memberikan hasil memuaskan. Hanya saja dibutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasilnya. Bahkan terkadang bisa sampai 6 bulan lamanya.

5. Lakukan evaluasi terhadap strategi yang telah digunakan

Setelah melakukan evaluasi, Anda dapat melakukan revisi bila ternyata ada hasil yang kurang memuaskan. Anda bisa melakukan revisi didasarkan pada jumlah kunjungan, rasio klik tayang, dll. Jika hasil dirasa kurang memuaskan, cobalah buat penargetan pasar secara ulang, kemudian personalisasikan. Jadi selain memperhatikan jangkauan audiensnya, perhatikan juga dengan menindaklanjuti branding supaya mendapat pelanggan tepat sasaran. Jadi hasilnya bisa memuaskan karena mendapat pelanggan.

6. Pakai optimalisasi dan segmentasi promosi melalui email

Untuk menghasilkan banyak penghasilan dan mencapai visi misi bisnis, perhatikan konversi mikro. Yaitu tindakan mengarah ke dalam penjualan langsung melalui promosi email pelanggan.

7. Manfaatkan social media

Anda bisa memanfaatkan sumber lalu lintas yang baru sebagai salah satu strategy digital marketing efektif. Jadi tidak hanya menggunakan cara tradisional saja, Anda bisa memanfaatkan berbagai channel. Misalnya TikTok, dll.

8. Optimalkan konversi

Proses ini perlu dilakukan supaya jumlah kunjungan web lebih tinggi, sehingga kemungkinan besar akan terjadi banyak tindakan transaksi dari calon pelanggan baru saat melihat tayangan isi konten webnya.

Baca Juga: Alasan Pentingnya Digital Marketing dalam Berbisnis

Sederhananya, proses ini sangat penting untuk kemajuan bisnis. Maka dari itu perhatikan bagaimana pengertian, manfaat, dan juga strategy digital marketing terbaik ketika berbisnis supaya berhasil mendapatkan customer yang tepat sasaran. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms