17 September 2021

Manfaat SEO sangat menarik bagi bisnis Anda

Bagi Anda yang sedang berkecimpung di dunia digital marketing, tentu saja wajib mengetahui tentang manfaat SEO. Penerapan SEO sendiri memberikan keuntungan yang luar biasa untuk sebuah usaha, khususnya untuk perusahaan yang memiliki website. Jika perusahaan Anda tidak menerapkan teknik ini, maka sama halnya perusahaan melewatkan teknik marketing yang sederhana namun memberikan hasil yang maksimal. Apabila Anda belum mengetahui seluk beluk beserta manfaat SEO, maka sudah saatnya Anda mempelajarinya sehingga tidak akan ragu lagi untuk menerapkannya.

Baca Juga: 4 Strategi Digital Marketing Terbaik untuk Menarik Pelanggan

Pengertian SEO Yang Wajib Anda Ketahui

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang merupakan salah satu strategi marketing yang digunakan untuk membuat website berada di halaman pertama dan juga teratas hasil pencarian Google. Jadi dapat dipastikan bahwa SEO ini dapat menentukan apakah website atau halaman website Anda sudah memenuhi standar mesin pencari Google dan sudah pantas tampil di halaman pertama teratas atau malah sebaliknya. Jika SEO yang Anda gunakan tidak melanggar ketentuan dari Google, maka akan semakin mudah website Anda muncul di halaman pertama bahkan di urutan teratas. Perlu Anda ingat, bahwa SEO ini tidak hanya dikerjakan sekali saja, namun Anda perlu melakukan terus menerus untuk mengembangkan bisnis secara online. SEO sendiri juga membutuhkan waktu yang tidak cepat setelah dioptimasi agar hasilnya dapat dirasakan atau terlihat. 

Manfaat SEO untuk Website Bisnis

Setelah mengetahui pengertian dari SEO, tentu saja Anda juga perlu mengetahui secara detail manfaat SEO. Setidaknya ada tujuh manfaat yang bisa Anda peroleh dari menerapkan SEO untuk bisnis Anda. Lantas, apa saja manfaatnya? Simak informasi berikut:

1. Mendatangkan Trafik Potensial

Manfaat SEO yang bisa Anda rasakan adalah mendatangkan trafik yang potensial dan tentunya sangat menguntungkan. Hal ini dikarenakan jika website Anda berada di posisi teratas tepatnya di halaman pertama hasil pencarian Google, maka website memiliki peluang lebar mendapatkan pengunjung khususnya dari pengguna internet Google. 

2. Target Lebih Jelas

Di urutan kedua, manfaat SEO yang bisa Anda dapatkan adalah target yang lebih jelas, karena mesin pencarian akan mengarahkan pengunjung ke tujuan yang mereka inginkan. Misalnya saja mereka ingin mencari tempat penjualan hosting murah, maka mereka akan mencari keyword yang sesuai. Jika Anda memperjual belikan hosting murah dan keyword yang Anda gunakan sejalan, maka otomatis pengunjung tersebut akan dihantarkan ke pilihan dan salah satunya tentu website Anda. 

3. Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat SEO selanjutnya adalah dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness yang tentunya memberikan keuntungan yang melimpah. Cara kerjanya adalah, misalnya Anda memiliki 50 kata kunci alias keyword untuk beberapa halaman di website, dan secara kebetulan juga memiliki volume pencarian yang tinggi sehingga berada di halaman pertama di urutan paling atas. Hal tersebut secara tidak sadar akan mempromosikan brand dari perusahaan Anda, sehingga akan banyak orang baru yang mengetahui dan mengenal brand perusahaan Anda. Semakin banyak orang yang mengetahui dan mengenal, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan. 

4. Promosi 24 Jam

Anda bisa memanfaatkan SEO untuk promosi 24 jam namun dengan biaya yang cukup terjangkau, lho. Beda halnya jika Anda memanfaatkan jasa iklan Google Ads atau FB Ads yang mengharuskan Anda mengeluarkan biaya yang cukup tinggi. SEO dapat mengiklankan brand Anda selama 24 jam nonstop tanpa ada hentinya selama situs website Anda tidak hilang. 

5. Dapat Bersaing dengan Perusahaan Besar

Jika memiliki bisnis yang masih berkembang tentunya Anda takut membayangkan persaingan dengan perusahaan besar, karena kesempatan untuk bersaing rasanya tidak ada. Namun, hal tersebut bukan hal mustahil jika Anda menggunakan SEO. Hasilnya akan semakin luar biasa, apalagi jika saingan Anda tidak menerapkan SEO meskipun merupakan perusahaan besar. Cara mudah untuk melakukan persaingan ini adalah lebih banyak membuat konten berupa artikel SEO untuk mengisi halaman website Anda. 

6. Meningkatkan Penjualan

Hampir semua orang yang ada di dunia, sebelum membeli sesuatu pasti melakukan riset terlebih dahulu dengan cara mencarinya di Google. Hal ini sangat wajar, karena orang-orang tersebut pastinya tidak ingin tertipu dan merasa kecewa nantinya. Apabila apabila halaman website Anda berada di halaman pertama bahkan di urutan pertama, maka akan semakin banyak orang yang mengetahuinya dan bisa membuka peluang untuk meningkatkan penjualan. Hal ini tidak bisa terjadi apabila Anda tidak menerapkan sistem SEO ini, maka wajib hukumnya Anda menerapkan SEO apabila ingin penjualan meningkat dengan pesat. 

7. Investasi Jangka Panjang

Manfaat SEO yang terakhir adalah bisa dijadikan investasi jangka panjang dan tentunya memberikan hasil yang lumayan besar. Kenapa bisa begitu? Cara kerja SEO tidak sama dengan beriklan berbayar yang apabila budget Anda habis, maka website Anda tidak akan muncul lagi. Jika menggunakan SEO, selagi Anda mengelolanya dengan baik dan mengikuti perkembangannya, maka iklan ini akan terus berlanjut. Pasalnya, jika website sudah berada di posisi teratas, akan mustahil bisa digeser oleh pihak lain kecuali jika ada perubahan. Bukankah hal ini pantas mendapatkan predikat investasi jangka panjang? Karena memang dampaknya bisa dirasakan dalam jangka panjang. 

Baca Juga: 6 Tips dalam Meningkatkan Engagement Rate Marketing pada Instagram Bisnis

Setelah membaca informasi terkait SEO dan juga manfaat SEO, tentunya menambah pengetahuan di bidang digital marketing. Pastikan Anda mempelajari SEO lebih dalam agar bisa memaksimalkan pengelolaan website dan bisa meningkatkan pendapatan dari usaha Anda sendiri. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!