06 January 2020

Sebuah perusahaan tanpa pengembangan Ide Pemasaran yang tepat tidak akan maju bahkan bisa dengan mudah tergerus dengan perubahan zaman.

Semakin eksis dan populer suatu brand maka semakin besar pula potensi perusahaan meraup banyak keuntungan. Ini karena masyarakat mengenal produk yang dijual atau jasa yang ditawarkan dengan baik. Baik dari segi kualitas, pelayanan maupun kredibilitas.

Baca Juga: Ingin Memulai Branding? Kenali Macam-Macam Jenis Branding Berikut

Masyarakat awam memandang pemasaran sebagai salah satu usaha perusahaan untuk mengenalkan diri padahal fungsi pemasaran lebih dari sekedar itu. Branding memiliki peranan yang sangat penting termasuk untuk karyawan. Dari branding, tidak sulit bagi masyarakat untuk mengungkap identitas diri seorang karyawan.

Pengaruh Meme Untuk Memperkuat Pertumbuhan Pemasaran

Melihat besarnya pengaruh pemasaran terhadap keberhasilan suatu brand perusahaan berikut karyawannya, tidak heran banyak orang yang memilih membangun dan mengembangkan branding. Proses pertumbuhan branding akan terasa lebih mudah dan efisien bila memanfaatkan pengaruh kuat dari kehebatan meme.

Berbeda dengan gambar iklan biasa, meme memiliki kekuatan marketing yang lebih tinggi. Semua orang bisa melupakan gambar iklan dengan mudah tapi tidak dengan meme, apalagi jika objek yang digunakan memiliki potensi untuk menarik perhatian publik.

Membuat meme juga sangat mudah, cukup pilih gambar yang lucu atau unik dan gunakan kata-kata provokatif untuk menyempurnakannya. Semakin kreatif seseorang, maka akan semakin unik dan komersil pula meme yang dibuatnya.

Dalam dunia pemasaran, memanfaatkan meme bukan hal yang baru. Mulai dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar sudah menggunakan meme sebagai ilustrasi pengenalan brand. Sifat meme yang merakyat menjadikan perusahaan lebih mudah menjangkau setiap lapisan. Karena berbeda dengan lukisan abstrak, memahami meme sangat mudah.

Alasan Beralih Ke Meme Untuk Media Pemasaran

Besarnya pengaruh meme untuk pemasaran semakin hari semakin disadari oleh marketer dan perusahaan. Mereka tertarik untuk menjadikan meme sebagai icon pengenalan brand ke target marketing. Dengan cara ini, perusahaan bisa menghemat pengeluaran karena tidak perlu membuat video campaign dan iklan di televisi.

Selain lebih ekonomis dari iklan biasa yang disiarkan di televisi, meme juga memiliki kelebihan lainnya sebagai berikut:

1. Mudah Dibuat Bahkan Oleh Amatir

Membuat meme jauh lebih mudah dari membuat gambar iklan, karena yang Anda butuhkan hanyalah sebuah objek foto yang unik dan populer. Sempurnakan meme dengan tulisan yang sangat kreatif. Karena daya tarik utama dari meme adalah tulisannya yang unik dan tidak biasa. Tulisan yang mampu membuat orang lain tersenyum, merasa bahagia, sedih, atau tertawa dengan sangat mudah.

Saking mudahnya, seorang amatir pun bisa membuat meme pemasaran yang bagus dan komersil. Mereka hanya perlu memahami bagaimana cara mengkombinasikan tulisan dengan gambar yang tepat. Sehingga pesan marketing yang ingin diutarakan bisa sampai ke audience.

2. Menghubungkan Campaign Dengan Mudah

Mengenalkan pemasaran ke public menjadi perhatian utama seorang perusahaan dan marketer apalagi bila perusahaan masih baru, belum dikenal dengan baik oleh banyak orang. Agar aktivitas branding bisa diterima oleh semua kalangan terutama generasi milenial yang menjadi target marketingnya, perusahaan perlu menyesuaikan diri dengan benar.

Karena bisa berdiri sendiri, terkadang meme juga dimanfaatkan untuk menyemarakkan penyelenggaran campaign. Meme memiliki unsur komedi yang kuat sementara campaign sifatnya lebih formal dan profesional. Bila kita menggabungkan keduanya, otomatis perusahaan akan menunjukkan citra yang baru. Selain bisa bersikap profesional, di satu sisi perusahaan juga mampu mengendurkan sikap kakunya.

3. Mudah Disebarkan Ke Berbagai Media

Alasan lain mengapa perlu mengapa meme dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pemasaran dan marketing adalah proses sharing yang mudah. Hanya dengan meletakan meme ke dalam media sosial, pesebaran meme dan pesan yang terkandung di dalam meme tersebut dapat kita lacak, bisa juga sharing meme di situs perusahaan. Ketika pengikut Anda menyukai meme yang Anda buat, tidak mustahil jika mereka akan menyebarkan gambar tersebut di media sosialnya.

Baca Juga: Peran Brand Ambassador Dalam Kesuksesan Sebuah Produk

Ide pemasaran yang dinamis memungkinkan perusahaan dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman. Tentu saja masih banyak ide menarik agar pemasaran dapat berjalan dengan lancar. Ingin memulai proses pemasaran untuk perusahaan Anda? Dreambox Branding Agency siap membantu Anda. Dengan tenaga profesional yang memiliki ribuan ide menarik, Jadikan branding Anda menjadi yang terdepan. Tertarik bekerja sama dengan kami? Hubungi kami di sini.