23 October 2019

“Visual Audit adalah tinjauan formal atas semua bahan, sarana atau desain visual, yang melingkupi semua media digital dan cetak yang melambangkan visi,misi dan nilai sebuah bisnis.” 

 

Kapan terakhir Anda melakukan visual audit terhadap merek Anda? Jika jawaban Anda sudah lama sekali, mari kita simak mengapa visual audit penting sekali untuk dilakukan semua bisnis dan apa yang harus Anda lakukan untuk melakukan visual audit dengan benar.

Baca Juga: Pentingnya Elemen Visual dalam Strategi Branding Anda

1. Kenapa Sih Visual Begitu Penting?

Sebanyak 90% informasi yang dikirimkan ke otak manusia adalah informasi visual dan diproses 60.000 kali lebih cepat daripada teks. Dengan menerapkan strategi visual yang baik pada brand Anda , Anda akan dapat memaksimalkan iklan atau promosi untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Seringkali visual brand Anda akan menjadi hal yang diperhatikan lebih dahulu oleh pelanggan dan terus mengenali lagi dan lagi jadi Anda perlu memastikan semuanya sesuai dengan brand anda. Disinilah kenapa Anda perlu memastikan bahwa semua desain visual sesuai dengan arti, nilai, visi dan misi brand Anda dengan visual audit.

2. Langkah-Langkah Yang Perlu Dilakukan Untuk Visual Audit Brandmu

Pertama yang harus dilakukan adalah susun apa saja termasuk logo brand atau perusahaan Anda dan masukkan hal yang tidak seharusnya dimasukan (kejelekan perusahaan atau Anda sebagai pemimpin perusahaan). Sertakan dokumen yang memancarkan kredibilitas terhadap konsumen, brosur, situs web, iklan digital, fotografi dan lainnya. Selanjutnya, Anda harus siap untuk menjawab pertanyaan penting berikut ini dengan jujur untuk setiap jenis visual:

  • Apakah ada cara yang lebih baik untuk melakukannya?
  • Apakah yang sedang kita lakukan ada yang sudah mengalami hal yang sama dulunya?
  • Apakah sejalan dengan merek kami?
  • Bisakah kita melakukan riset dan bertanya kepada pelanggan kita bagaimana mereka ingin berinteraksi dengan kita?
  • Apakah yang kami lakukan ini merupakan cara terbaik untuk memasarkan ke pelanggan?
  • Teknologi baru apa yang bisa menjadikan strategi agar bisa terlibat dengan target audiens kami tersampaikan dengan baik?

Anda harus melibatkan tim Anda juga. Libatkan mereka untuk berpendapat apa menurut mereka dan apa yang perlu di segarkan? Tanyakan ke mereka karena setiap orang memiliki pendapat dan selera sendiri. Terutama ketika Anda ingin merubah Visual Audit brand atau logo Anda karena melakukan peninjauan dan evaluasi temuan riset pasar tentang bagaimana karyawan dan pelanggan Anda memahami merek Anda.

Cari inkonsistensi jika dilihat secara kolektif:

  • Apakah ada terlalu banyak variasi logo?
  • Apakah kualitas logo telah dikompromikan?
  • Apakah proporsi dan warnanya konsisten?
  • Apakah font yang sama digunakan keseluruhan?
  • Apakah ada perbedaan perusahaan dan ritel?
  • Apakah pelanggan merujuk brand atau bisnis Anda dengan akronim?
  • Bagaimana Anda bisa memperkuat dan meningkatkan ekspor Anda?
  • Apakah fotografi produk atau brand image Anda konsisten?

Semua hal tersebut tidak bisa Anda lakukan sendiri ada tim dalam perusahaan Anda yang mempunyai pendapatnya sendiri, dan Anda perlu tahu hal tersebut. Perubahan visual audit baik itu brand atau logo perusahaan dapat menandakan bahwa Anda melakukan sesuatu secara berbeda.

Dengan mempertimbangkan brand heritage, pesaing dan pasar Anda serta implikasi biaya apa pun sebelum memutuskan perbaikan apa yang perlu Anda lakukan. Melakukan audit secara menyeluruh atas semua komunikasi visual Anda saat ini di media online bisa memaksimalkan pencapaian tujuan bisnis anda. Dengan visual audit Anda bisa membuat rencana solid untuk proyek masa depan perusahaan anda.

Baca Juga: Psikologi Warna Untuk Branding Dan Bisnis

Jika Anda memerlukan bantuan seorang ahli untuk melakukan visual audit terhadap semua elemen desain, digital maupun cetak untuk bisnis atau brand Anda. Dreambox Branding Consultant adalah tempat yang sempurna untuk Anda! Hubungi kami disini!