24 January 2020

Setiap perusahaan pasti akan melakukan berbagai cara terbaik untuk melakukan pemasaran yang efektif untuk merknya agar bisa terkenal dan diandalkan oleh target pasar.

Pemasaran yang efektif dapat menaikkan citra perusahaan di mata masyarakat/konsumen. Namun, di sisi lain ada beberapa aspek yang dapat memberi pengaruh buruk untuk pemasaran. Simak penjelasannya berikut.

Baca Juga: 3 Tips Memanfaatkan Teknologi Dalam Branding

Beberapa Aspek yang Berpengaruh Buruk Pada Pemasaran

Nama baik sangat diperlukan agar kehidupan orang tersebut nyaman dan memungkinkan untuk terus menjadi pribadi yang produktif. Hal tersebut sama halnya dengan perusahaan. Proses pemasaran yang efektif harus diimbangi dengan proses penjagaan citra perusahaan.

Sebuah proses pemasaran yang tidak diimbangi dengan kehati-hatian dalam praktik bisnis perusahaan bisa menyebabkan penurunan citra dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. Dengan kata lain, hasil dari upaya pemasaran yang telah dilakukan dengan mengucurkan biaya yang besar, dapat hancur seketika jika perusahaan melakukan beberapa aspek kesalahan seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini.

1. Penggunaan merk yang random dan terkesan bermakna negatif

Banyak orang menggaungkan semboyan “Apalah arti sebuah nama,”. Padahal jika dipikir lebih dalam lagi, nama merk yang akan dijadikan brand sebuah perusahaan haruslah yang bermakna positif. Hal ini dikarenakan merk tersebut akan dikenal dan dikenang oleh masyarakat dalam jangka waktu yang tidak sedikit.

Apabila dari awal saja pemilihan merk perusahaan tersebut tidak dipikirkan dengan matang dan malah memiliki artian yang negatif, hal tersebut tentu saja akan memberi dampak negatif terhadap perusahaan. Oleh karena itu, pemilihan nama untuk produk tidak boleh disepelekan,jika perlu, perusahaan harus terlebih dahulu melakukan riset agar merk yang diputuskan tidak melanggar hak cipta pihak lain.

2. Mengabaikan keinginan target pasar

Sebuah perusahaan yang baik senantiasa akan selalu berusaha untuk memahami keinginan pasar yang menjadi target mereka. Hal ini dikarenakan pemenuhan kebutuhan target pasar oleh perusahaan dapat membuat merk mereka dipercaya dan bisa diandalkan oleh target pasar.

Menjadi andalan target pasar artinya, sebuah produk akan tetap dipilih dan  digunakan meski banyak produk serupa lainnya yang ditawarkan. Ini dapat menjandi tanda keberhasilan memenangkan persaingan bisnis.

Namun, jika perusahaan tidak berusaha memenuhi permintaan target pasar dan malah terkesan mengabaikannya dengan membuat barang yang tidak terlalu fungsional dengan harga mahal misalnya, padahal yang dibutuhkan target pasar adalah hal yang sebaliknya, maka hal tersebut akan berdampak buruk pada citra perusahaan. Proses pemasaran yang dilakukan dengan jatuh bangun akan sia-sia jika perusahaan berlaku “egois”.

3. Meningkatkan Pemasaran Secara Online, Namun Melupakan Metode Pemasaran Offline

Hal lain yang dapat memberi pengaruh buruk terhadap proses pemasaran sebuah perusahaan adalah ketidakseimbangan antara upaya online dengan pemasaran offline.

Upaya pemasaran offline dengan cara konvensional yang bersifat langsung person to person terutama dalam hal pelayanan, pelanggan seringkali dilupakan, karena perusahaan terlalu fokus melakukan upaya pemasaran online. Padahal, pelayanan pelanggan merupakan salah satu ujung tombak pemasaran sebuah perusahaan. Pelayanan yang baik dapat menambah citra perusahaan serta mempertahankan pelanggan setia.

Tanpa pelayanan pelanggan yang baik, upaya pemasaran sebaik apapun akan sia-sia karena perusahaan sudah pasti gagal membangun koneksi emosional dengan pelanggan.

Dengan membaca ulasan di atas, tentunya, kini Anda telah bisa mengetahui aspek apa sajakah yang berpengaruh buruk terhadap pemasaran perusahaan. Agar bisa menampilkan citra positif secara keseluruhan, perusahaan memang harus komitmen menjaga brand agar dapat digunakan untuk memperoleh keuntungan sesuai dengan rencana.

Baca Juga: Langkah Membangun Kerja Sama dengan Influencer

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding atau pemasaran? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.