13 July 2020

Bisnis online terus meningkat jumlahnya. Kini, orang-orang lebih menyukai berbelanja dari rumah, melalui gadget mereka. Karena itu, tidak sedikit pebisnis memilih untuk berbisnis melalui media sosial.

Media sosial merupakan salah satu media pemasaran dalam bisnis online yang kini cukup populer. Bahkan dalam usaha yang masih tergolong kecil pun sangat disarankan menggunakan strategi pemasaran yang satu ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran bisnis Anda harus diperkenalkan ke masyarakat melalui media sosial agar lebih banyak dikenal orang.

Baca Juga: Cara Branding Produk di Sosial Media

Melalui media sosial, para pelanggan bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai usaha yang Anda jalankan. Bahkan mereka mampu merespon secara cepat dibandingkan dengan menggunakan alat komunikasi lainnya. Lalu, jenis media sosial manakah yang cocok untuk Anda gunakan?

Cara Menentukan Jenis Media Sosial yang Tepat untuk Bisnis Anda

Media sosial dapat menjadi salah satu media paling cepat untuk menyampaikan saran dan kritik dari konsumen terhadap bisnis yang Anda jalankan. Melalui sebuah platform yang digunakan, maka Anda memiliki banyak kesempatan untuk lebih dekat dengan target pasar.

Memang hampir semua media sosial dapat mendukung untuk perkembangan bisnis online. Akan tetapi jika Anda menggunakan semua platform justru akan membingungkan. Jadi, sebaiknya pilih salah satu media sosial yang tepat untuk Anda gunakan. Jika Anda masih bingung cara menentukannya, berikut ini beberapa cara yang bisa dipertimbangkan.

1. Tentukan target audience

Dari setiap platform sosial media yang kini populer tentunya masing-masing memiliki demografis tersendiri. Nah, sebelum melangkah pastikan memilih jenis platform yang tepat secara bijak. Pilih platform yang paling sesuai dengan karakter demografi produk anda.

2. Pilih jenis platform berdasarkan usaha Anda

Hal yang perlu Anda terapkan tidak hanya mengelompokkan target pasar, namun Anda juga harus memilih jenis media sosial yang sesuai dengan layanan atau konten yang akan Anda tawarkan ke pelanggan. Cobalah untuk konsisten hanya menggunakan satu atau dua platform saja dan sesuaikan dengan bisnis yang Anda jalankan.

Jika Anda ingin bereksperimen dengan menggunakan platform lain, maka boleh-boleh saja, asalkan akun tersebut harus berjalan dengan konsisten dan melakukan regular update.

3. Buat strategi khusus pada konten

Jika saat ini Anda masih bingung dalam menentukan jenis media sosial mana yang tepat untuk mendukung usaha yang Anda tekuni, Anda perlu membuat strategi khusus pada konten media sosial untuk bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga harus mengetahui apakah tujuan dari media sosial yang akan Anda gunakan. Biasanya media sosial ini memiliki dua tujuan utama di dalam strategi bisnis, diantaranya adalah:

  • Menciptakan kesadaran brand akan usaha Anda

Untuk mencapai tujuan bisnis, biasanya konten yang harus Anda sajikan berhubungan dengan informasi-informasi mendasar mengenai jasa atau produk yang Anda tawarkan.

Dengan konten ini, maka Anda harus sepenuhnya menginformasikan kepada target audience untuk menjelaskan siapa Anda dan memberikan ulasan detail mengenai jasa atau produk yang ditawarkan.

  • Mengajak audiens membeli produk Anda

Konten yang harus dibagikan dalam tahap ini yaitu mencangkup semua hal yang berhubungan dengan promosi seperti kelebihan produk yang Anda tawarkan, diskon produk dan beberapa hal yang mampu mengajak audience untuk menggunakan jasa atau membeli produk yang Anda tawarkan.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui secara lengkap mengenai informasi jenis media sosial yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Hal yang perlu Anda ingat, bahwa kepopuleran platform akan berubah seiring dengan berjalannya waktu. Untuk itu, Anda harus mengelola akun media sosial dengan semaksimal mungkin.

Baca Juga: 5 Cara Branding Melalui Instagram yang Efektif untuk Bisnis

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.