12 March 2021

Dalam sebuah bisnis, tentunya dibutuhkan sebuah pemasaran agar produk yang kita produksi dapat menjangkau ke seluruh masyarakat.

Anda bisa gunakan  social media strategist untuk mencari dan menemukan target pasar. Bukan hanya itu social media juga dapat membantu Anda dalam mengembangkan brand. Masih banyak lagi alasan mengapa Anda butuh media sosial buat brand Anda. Lebih jelasnya simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Saat Membuat Iklan Media Sosial

Mengapa Perlu Social Media Strategist Untuk Brand Anda

Inilah beberapa alasan mengapa Anda butuh media sosial sebagai salah satu strategi buat mengembangkan bisnis Anda:

1. Mengetahui Keinginan Konsumen

Melalui media social Anda akan lebih cepat mendapat feedback dari konsumen. Karena biasanya para konsumen akan langsung berkomentar atau mengirim pesan langsung pada Anda untuk menanyakan produk yang Anda tawarkan.

Selain itu lewat social media Anda juga bisa tahu apa keinginan dan kebutuhan konsumen. Media sosial juga bisa jadi alat ukur untuk menilai sejauh mana kepuasan mereka pada produk  atau jasa yang Anda pasarkan.

2. Promosi

Social media  masih dalam ruang lingkup pemasaran, karena itulah juga yang jadi alasan pentingnya social media bagi brand Anda. Lewat media sosial Anda bisa promosikan produk atau jasa Anda tanpa dipungut biaya sepeserpun.  

Dengan kata lain yang jadi modal dalam strategi pemasaran digital adalah konsistensi bukan modal uang saja. Di social media Anda lebih diharuskan untuk dapat membangun citra yang positif, komunikasi dan interaksi yang baik dengan konsumen. Media social juga memiliki jangkauan yang luas. Seperti yang kita ketahui pemasaran dari mulut ke mulut adalah salah satu cara ampuh dalam mempromosikan dan mengembangkan bisnis.

Seperti para konsumen atau pengguna media sosial dapat membagikan konten Anda. Tapi usahakan konten yang dibuat adalah yang paling menarik, sehingga akan mendapat kredibilitas yang kuat. Bila kuat maka brand yang Anda tawarkan pasti akan diminati masyarakat.

3. Brand Awareness

Tentunya kita tidak akan melupakan bahwa mengiklan di sosial media akan sangat membantu dalam meningkatkan citra brand Anda. Karena itu brand awareness jadi hal yang perlu buat menarik konsumen baru maupun lama. 

Selain itu untuk mendapatkan brand recognition merupakan tujuan terpenting dalam bisnis apapun. Dan media social adalah salah satu cara efektif untuk membangun sebuah brand dengan mudah dan efektif. 

4. Mengetahui Persaingan Pasar

Lewat media social Anda bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai kompetitor. Dan dari informasi yang didapat, Anda bisa  mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor untuk meningkatkan strategi pemasarannya. 

Anda bisa lihat jumlah followers kompetitor dan lihat juga bagaimana caranya dalam  memasarkan produknya. Dengan mengetahui informasi tersebut, Anda akan dapat dengan mudah mengatur strategi serta rencana pemasaran, hingga mengembangkan konten yang sesuai dengan target. 

5. Membangun Brand Loyalty

Saat bisnis Anda melibatkan publik di social media, maka sudah tercipta suatu koneksi dan hubungan. Anda dapat luangkan waktu buat memberikan informasi, bantuan serta hiburan yang berguna bagi calon konsumen, tanpa perlu minta imbalan. 

Hal ini menunjukan pada konsumen bahwa Anda menghargai mereka, tak hanya untuk sumber penghasilan tapi juga sebagai manusia. Dengan begitu konsumen akan menilai perusahaan Anda adalah entitas yang peduli terhadap sesama, yang memiliki kepribadian, visi dan misi. Dan dalam persaingan pasar hal seperti ini bisa jadi perbedaan yang cukup besar dan akan jadi nilai tambah brand Anda di mata konsumen.

Baca Juga: 5 Cara Mulai Tik Tok Marketing

Nah jadi sekarang jelas bukan alasan mengapa Anda membutuhkan social media strategist untuk brand Anda. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!