17 November 2020

Digital Marketing membutuhkan lebih dari sekedar skill Marketing.

Di era yang serba digital semua hal dituntut untuk mengalir mengikuti perkembangan teknologi, tak terkecuali aktivitas bisnis. mulai dari pedagang kecil hingga perusahaan besar, semuanya seakan melakukan adaptasi terhadap lingkungan bisnis dengan skala yang lebih luas. Hal ini merupakan kesempatan yang sangat besar bagi seluruh pelaku bisnis, karena untuk mencapai pasar global suatu perusahaan hanya perlu melakukan marketing melalui internet, namun perlu diketahui untuk bisa menjajakinya diperlukan peran digital marketing yang mumpuni agar tidak memberikan hasil yang justru merugikan. 

Baca juga: 4 Tips Membangun Branding untuk Bisnis Anda

  • Apa itu Digital Marketing?

Secara umum Digital Marketing adalah kegiatan yang sama dengan marketing pada umumnya, yaitu bertujuan menggapai lebih banyak calon pelanggan agar penjualan dapat meningkat, yang membedakannya dari digital marketing adalah proses operasinya yang dilakukan melalui internet. perlu diketahui juga bahwa peran digital marketing pada perusahaan masa kini memiliki tuntutan yang lebih serius.

Melalui internet seorang digital marketing memang mendapatkan keuntungan karena dapat mengakses informasi dari manapun kapanpun, tetapi hal ini yang justru menjadi tantangan lebih besar, karena secara tidak langsung seorang digital marketing pun perlu mempelajari hal-hal baru yang menuntut kretivitas lebih dalam, seperti copywriting, analisa market internet, bahkan graphic design. 

Semua hal tersebut terhubung satu sama lain, karena pada dasarnya dunia digital membutuhkan tampilan atau look yang lebih menarik dan attractive untuk bisa menarik lebih banyak pelanggan, sehingga seorang digital marketing perlu mempertajam skill kretivitasnya.

Dalam dunia digital marketing dikenal dua strategi yang biasa dipakai untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, yaitu:

  • SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan salah satu strategi digital marketing yang berfokus pada optimasi mesin pencari, serangkaian teknik yang dilakukan untuk memaksimalkan suatu website agar bisa menempati posisi teratas pada halamn pencarian atau pada suatu keyword, hal ini dikenal juga sebagai SERP (Search Engine Result Page) tujuan utama dari SEO sendiri adalah untuk meningkatkan traffic dari website yang dioptimalisasi, bentuk traffic tersebut tidak hanya jumlah pengunjung, namun juga berapa lama suatu pengunjung dapat bertahan di website tersebut.

  • SEM (Search Engine Marketing)

Tidak berbeda jauh dengan SEO, SEM juga memiliki fokus untuk meningkatkan traffic pengunjung dari suatu website, namun SEM biasanya lebih identik dengan pemasaran produk, melakukan iklan pada mesin pencari, dan mempublikasikan iklan suatu produk pada website lain. Hal tersebut ditujukan agar para calon pelanggan tertarik untuk mengunjunagi website dari perusahaan tersebut, sehingga traffic pengunjung dapat meningkat.

Berdasarkan ulasan di atas dapat diketahui bahwa aktivitas bisnis pada masa sekarang memiliki potensi yang lebih besar namun dengan tantangan yang lebih besar juga, dari situ salah satunya adalah peran digital marketing untuk bisa mengenalkan dan mengoptimalisasikan nama perusahaan pada pasar global.

Baca juga: Mengenal Brand Positioning dan Penerapannya dalam Strategi Branding

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar digital marketing? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.