23 November 2021

Tingkatkan engagement dan impression dengan IG Ads.

Apakah kamu ingin tahu bagaimana IG Ads bekerja hingga bisa menghasilkan keuntungan yang nilainya cukup memuaskan? Salah satu penawaran dari Instagram yang merupakan aplikasi yang sering digunakan masyarakat modern ini sangat tepat untuk tempat promosi. Di era modern seperti sekarang ini, tidak heran jika kita melihat banyak sekali hal-hal baru yang menarik untuk diikuti. Di aspek belajar online, olahraga online, hingga kini jualan juga penuh dengan cara online. Berbagai sektor kini sudah dapat dimasuki oleh teknologi digital ini.

Baca Juga: Tingkatkan Brand Awareness Produk Anda dengan 7 Cara ini

Salah satunya adalah periklanan. Iklan kini bukan hanya dapat dilakukan di jalanan, atau televisi saja. Media sosial tentu saja sudah tidak bisa kita pungkiri telah menjadi arena kita berselancar untuk menghabiskan waktu kita. Sehingga ini juga dimanfaatkan pebisnis. Mereka memanfaatkan salah satu media sosial paling populer saat ini, Instagram, untuk ajang promosi. Jika hanya menjangkau cakupan followersnya saja, mungkin terlalu sedikit. Sehingga Instagram sendiri yang memiliki rencana lain dan memasukkan fitur iklan milik sendiri.

Penjelasan Lengkap Mengenai IG Ads

Mungkin kita semua tahu betapa hebatnya instagram untuk menjadi tempat berbagi konten visual yang menarik dan interaktif. Dan di sini juga para pengembang bisnis memanfaatkan konten visual ini untuk menjadi ajang untuk mengembangkan penjualan bisnis mereka. Hasilnya akan sangat efektif untuk membangun bisnis menjadi lebih baik. Tetapi jika hanya memanfaatkan jumlah followers, tentu saja visual yang dihasilkan itu tidak bisa berbuat banyak. Orang yang bisa melihat produk atau jasa itu adalah yang mengikuti akun itu, sehingga, Instagram memiliki rencana lain untuk para pengembang bisnis ini untuk membagikan konten visual yang telah mereka hasilkan. Yaitu dengan menghadirkan salah satu fitur berkelas dengan nama IG Ads. Sesuai dengan namanya, ini adalah periklanan.

Fitur dari instagram ini adalah untuk pengguna Instagram yang ingin memasarkan produknya lebih luas lagi dan bisa menjangkau orang lain selain followersnya. Ini juga agar bisa membuat jumlah produk yang berhasil dipasarkan menjadi lebih banyak jika melihat aspek teknis. Apalagi menurut laporan dari Instagram sendiri, sebanyak 75 persen pengguna akan mengunjungi profil setelah melihat iklan yang langsung dikelola oleh Instagram itu sendiri. Dan setidaknya pasti ada yang membeli produk jika melihat persentase tersebut. Ciri dari iklan Instagram ini adalah mereka muncul di halaman utama maupun Stories instagram Anda, tetapi bukan dari orang yang difollow. Juga, biasanya instagram meletakkan tulisan “Sponsored” untuk menandakan bahwa ini adalah iklan yang bisa dikunjungi.

Berapa Biaya Iklankan Produk atau Jasa di IG Ads

Tentu saja semua ini ada biayanya. Dan biaya iklan ini bergantung kepada banyak faktor dan tidak bisa disebutkan secara rinci oleh Instagram tentang berapa biaya yang harus dikeluarkan. Faktor pertimbangan tersebut berkaitan dengan tipe iklan yang diinginkan. Tipe iklan ini seperti iklan gambar, video, IGTV, Reels, iklan Shopping, hingga Stories. Ini dulu yang harus ditentukan karena jangkauan pengunjungnya juga pasti berbeda. Biasanya, yang paling diincar itu ada di sektor IG Ads dalam bentuk Gambar dan video di halaman utama. Selain itu, selanjutnya adalah pertimbangan apakah hanya satu halaman saja atau ada halaman tambahan. Single image ads berarti iklan 1 halaman, sedangkan jika memasuki yang lain, itu akan lebih mahal lagi. Anda juga harus ingat bahwa harga iklan video lebih mahal.

Ada juga yang berpendapat iklan instagram itu berkaitan dengan jumlah klik dari pengunjung. Artinya, semakin banyak klik ke profil pengiklan, maka biayanya juga akan bertambah. Dan ini dikenal juga dengan metode iklan pay per click, dan ini dijalankan langsung oleh IG. Karena fitur ini juga dijalankan berdasarkan lokasi, maka lokasi yang lebih strategis juga akan dikenakan biaya yang lebih mahal. Alasannya pasti karena jangkauan dan kepadatan lokasi itu akan mendapatkan atensi yang lebih tinggi, sehingga pemrograman akan lebih ribet juga.

Penting untuk Mengetahui Tujuan Beriklan di IG Ads Dulu

Sebelum memutuskan untuk memasang iklan langsung dari Instagram ini, ada satu hal yang sangat penting untuk diketahui, yaitu mengenai tujuan. Marketing di sosial media ini juga hampir sama dengan bisnis sehari-hari, sehingga harus penuh dengan strategi dan tujuan. Artinya, Anda perlu identifikasi dulu apa saja hal yang penting dalam penayangan iklan, hingga jenis foto atau video apa yang akan menjangkau lebih banyak pengunjung. Selain itu, Anda juga harus melakukan research mendalam mengenai pasar di sekitar lokasi Anda beriklan. Jika trend di lingkungan sekitar banyak yang menaruh perhatian kepada barang yang mirip dengan yang Anda ingin pasarkan, maka jumlah pengunjungnya pasti akan lebih banyak. Jika mereka lebih menyukai barang yang berlawanan, maka ini akan sulit menarik perhatian.

Bagaimana Cara Memasukkan Produk atau Jasa ke IG Ads?

Namun jika Anda sudah memiliki tujuan dan sudah menyiapkan segala rencana itu dengan matang, maka tidak ada salahnya untuk memulai eksekusi. Tetapi ada langkah-langkahnya. Jadi, jika ingin memasarkan produk Anda di fitur ini, maka ini adalah yang harus diikuti:

1Pastikan Profil Sudah Menjadi Profil Bisnis Instagram

Langkah pertamanya adalah pastikan dulu profil instagram itu sudah di setting ke business account karena banyak yang harus diisi nantinya. Caranya adalah dengan masuk ke settings – Account – Switch to Professional Account dan pilih Business.

2. Posting Foto atau Video yang Ingin Diiklankan

Selanjutnya, Anda posting foto atau video yang ingin Anda jadikan sebagai bahan iklan. Anda bebas memilih apakah mau beberapa halaman atau hanya satu, karena ini juga yang akan menjadi bahan iklan dan dilihat oleh para pengguna Instagram lain.

3. Tunggu Hingga Selesai dan Tekan Promote

Setelah Anda berhasil memposting foto atau video yang ingin diiklankan, maka Anda yang sudah berprofil Bisnis akan diberi satu pembaruan baru. Di setiap foto atau video yang di post, akan ada “Promote”. Jadi, klik itu pada konten yang ingin diiklankan.

4. Pilih Jenis Iklan yang Diinginkan

Setelah Anda menekan tombol Promote itu, maka Anda akan dibawa ke menu pilihan untuk periklanan. Anda pilih saja berdasarkan yang Anda mau dan selesaikan transaksi tersebut agar nantinya produk Anda bisa menjangkau orang yang lebih luas.

Baca Juga: 7 Manfaat Pemasaran Online yang Bisnis Anda Peroleh

Melakukan promosi kini sudah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan media sosial yang sering digunakan, yaitu Instagram. Dan menyadari hal ini, Instagram juga memanfaatkannya dengan mengeluarkan fitur IG Ads.  Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!