21 October 2019

“Kini orang-orang  tidak lagi membeli dengan cara yang sama dengan cara beberapa tahun lalu.” 

Strategi marketing secara tradisional sekarang ini hampir tidak berfungsi lagi. Bukan karena sifat pengiklanannya, tetapi sekarang ini lebih banyak orang yang mencari, membandingkan berbagai brand, membaca ulasan produk hingga informasi kemudian belajar sesuatu tentang brand itu melalui online.

Jadi Anda harus memikirkan strategi marketing agar bisa menarik mereka ke bisnis Anda, berteman dengan mereka, mengubah pelanggan dan akhirnya dengan senang hati mereka menjadi promotor brand Anda. Salah satunya dengan marketing brand immersion. Anda membangun brand dan memanfaatkannya untuk mendapatkan penjualan sekaligus pelanggan. Brand Anda adalah pusat metodologinya.

Baca Juga: 4 Rahasia Marketing Efektif Menggunakan Brand Storytelling

Bagaimana bisa?

1. Kenali Metodologi Marketing Brand Immersion Terlebih Dahulu

Pada sistem marketing ini fokus pada cara menciptakan citra brand yang kuat dengan salah satu caranya adalah menyediakan konten edukatif agar bermanfaat, sehingga orang-orang merasa tertarik kemudian mempelajari lebih tentang apa yang Anda jual di situs website Anda.

Dengan strategi ini Anda tidak perlu lagi lagi beriklan, membeli daftar email atau menelepon dengan tanggapan dingin. Orang-orang sudah bosan dengan selalu menjadi pihak yang diceritakan, sekarang ini orang-orang lebih ingin menjadi penceritanya. Selain itu, mereka ingin merasa dekat dengan brand Anda sehingga bisa mempunyai cerita dari brand Anda.

2. Strategi Marketing Brand Immersion

Bagaimana strategi ini dapat dilakukan dan bagaimana membantu brand Anda “lengket” dengan pelanggan. Anda perlu menambahkan cerita ke pelanggan atau calon pembeli bahwa brand Anda ini sangat penting untuk kehidupan mereka sehingga bisa membangun kesadaran brand untuk mereka dan menjadi mereka pelanggan yang loyal. Salah satu kekuatan dari brand immersion adalah menjadikan pelanggan sebagai bagian dari cerita.

Anda harus bisa memanfaatkan platform digital dan setiap titik sentuh yang dihadapi konsumen. Strategi ini mengajarkan Anda agar bisa membuat produk dan kemasan brand dengan sifat yang mendalam agar tetap relevan dengan pelanggan Anda yang usianya berputar dan mendorong mereka untuk membuat cerita tersendiri dengan brand Anda.

Brand immersion ini menjelaskan bagaimana merangkai brand atau perusahaan anda sehingga marketing, advertising, dan publik relations bekerja secara holistik untuk menyampaikan pesan dari brand yang sama di berbagai platform digital. Selama ini strategi marketing selalu membahas tentang produk dan bagaimana meningkatkan penjualan agar menghasilkan keuntungan yang tinggi.

Dengan strategi brand ini Anda disarankan untuk berpikir di luar kotak. Anda disarankan untuk meluangkan waktu untuk membangun hubungan dengan pelanggan, yaitu melibatkan atau tujuan menjual produk atau layanan Anda. Biarkan mereka tahu bahwa Anda peduli terhadap mereka, dan bukan menggali informasi pribadi mereka serta benar-benar peduli dengan mereka.

Baca Juga: Pentingnya Brand Voice Untuk Brand Personality Anda

Jadi strategi ini sangat memungkinkan untuk membangun rasa kepedulian yang awalnya terjalin dari sebuah brand. Tidak selamanya strategi marketing bahkan marketing secara digital menjauhkan Anda untuk tidak peduli dengan pelanggan. Anda dapat meminta bantuan kami Dreambox Branding Agency untuk merencanakan strategi marketing Anda melalui brand immersion