13 January 2022

Salah satu manfaat IoT adalah meminimalkan biaya operasional perusahaan.

Manfaat IoT atau Internet of Things dapat kita temukan di dalam kehidupan sehari-hari, mungkin banyak dari anda yang tidak menyadari apa saja implementasi dari teknologi tersebut. Kehadiran teknologi ini memungkinkan anda, untuk mengontrol semua perangkat melalui smartphone. Pada umumnya, IoT mendukung semua pengguna untuk memiliki kesadaran tinggi terhadap perkembangan teknologi. Jika semua perangkat di rumah terhubung dengan internet, tentu saja anda dapat mengendalikannya dari jarak jauh dan semuanya akan lebih mudah.

Baca Juga: Pelajari Cara Mengatasi 404 Not Found Pada Website Anda

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, tanpa disadari Internet of Things ini telah hadir di kehidupan sehari-hari. Kehidupan masa depan yang manusia rencanakan, lama kelamaan menjadi nyata dan sudah berada di depan mata kita. Sebenarnya Internet of Things tidak hanya bisa diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari saja, namun anda juga bisa mengimplementasikannya pada bidang bisnis. Dengan begitu dampak positif IoT akan langsung anda rasakan, yang membuat pebisnis menjadi lebih mudah.

Mengenal Suatu Konsep dari IoT

Manfaat IoT bisa kita temukan pada semua aspek kehidupan, mulai dari bisnis, kesehatan hingga energi dan transportasi. Konsep dari Internet of Things sendiri sebenarnya memudahkan manusia dalam kehidupan sehari-hari, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Program Internet of Things dirancang untuk, mengirim atau mentransmisikan data melalui jaringan tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer maupun manusia. Dari masa ke masa, IoT juga terus mengalami perkembangan agar semakin canggih seperti saat ini.

Teknologi smart home merupakan salah satu bentuk implementasi, dari Internet of Things itu sendiri. Tentu saja manusia akan merasa bersyukur, berkat kehadiran dari perkembangan teknologi seperti saat ini yang memudahkan kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Kehadiran internet memang berdampak pada setiap aspek, yang menjadikannya sudah menjadi suatu kebutuhan bagi manusia. Maka dari itu manusia terus mengembangkan internet, agar terus menghadirkan berbagai inovasi yang bernilai positif bagi kita semua.

Manfaat IoT dalam Bidang Bisnis

Dalam bidang bisnis, tentunya IoT juga memiliki peran penting dalam pengambilan keputusan. Internet of Things berguna untuk mengumpulkan data, dimana aktivitas tersebut akan berguna bagi perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnis.

1. Meningkatkan Efisiensi Kerja

Semakin banyak hubungan antar jaringan terbentuk, maka semakin minim nilai penurunan waktu untuk melakukan tugas, sehingga berdampak langsung pada peningkatan efisiensi kerja. Sebuah pekerjaan tidak harus bergantung pada manusia, karena dapat dibantu oleh IoT. Aktivitas manusia terbantu dengan adanya IoT, anda tidak perlu melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Dengan bantuan dari teknologi Internet of Things, beberapa pekerjaan dapat diandalkan oleh teknologi tersebut, dan sebagiannya lagi bisa anda kerjakan.

2. Meminimalkan Biaya Operasional

Manfaat IoT dalam bidang bisnis berikutnya adalah meminimalkan biaya operasional, seperti halnya ketika penggunaan AC sudah melebihi kapasitas, maka agar biayanya tidak melonjak tinggi anda bisa langsung mematikan AC melalui smartphone. Pengguna bisa memonitor berbagai aktivitas yang terjadi pada sebuah perusahaan, dan mengendalikannya secara langsung karena terdapat akses di tangan anda.

3. Meningkatkan Customer Experience

Kehadiran Internet of Things membuat pelayanan kepada konsumen menjadi lebih cepat, contoh dalam sistem penanganan keluhan pada pelanggan, kini sudah terdapat teknologi bernama Chatbot, tugasnya menjawab berbagai keluhan yang pelanggan berikan kepada anda. Chatbot membuat konsumen tidak perlu menunggu lama, untuk menerima balasan dari pihak perusahaan, karena pesan akan terjawab secara otomatis dengan cepat.

4. Memonitor Karyawan

Manfaat IoT dalam bidang bisnis berikutnya adalah, memonitor karyawan serta menjaga keamanan mereka. Pengguna bisa melihat keberadaan setiap pekerja, dan dengan adanya bantuan dari teknologi tersebut, anda akan lebih mudah dalam memonitor setiap kegiatan. Kondisi pabrik atau perusahaan, bisa anda saksikan melalui CCTV dari jarak jauh. Atau melihat semua kondisi perusahaan, karena semua sistem sudah terhubung dengan internet.

Manfaat IoT dengan Mengimplementasikannya dalam Kehidupan Sehari-Hari

Setelah membahas manfaat dari Internet of Things pada bidang bisnis, kini kami akan membahas mengenai apa saja peran IoT yang dapat anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu saja kehadiran IoT ini, juga berdampak positif dalam memudahkan kehidupan manusia.

1. Sistem E-Tilang

Penerapan sistem E-Tilang ini sudah dilakukan di Indonesia, sistem ini memberikan tilang kepada setiap pengendara yang melanggar dan dipantau melalui CCTV. Biasanya pemerintah meletakkan beberapa CCTV pada persimpangan kota dan lampu merah, yang langsung terkoneksi dengan data center pada kepolisian. Melalui rekaman, pihak polisi akan mencocokkan dengan BPKB pengendara dan melakukan tilang.

2. Smart Garage Door

Manfaat IoT berikutnya adalah smart garage door, teknologi ini sebenarnya sudah sering kita lihat di luar negeri. Di Indonesia sendiri beberapa rumah ataupun perusahaan, sudah menerapkan teknologi smart garage door. Hanya dengan menggunakan smartphone, pengguna bisa membuka pintu garasi secara otomatis. Untuk menjaga keamanan, sistem IoT memungkinkan pengguna hanya bisa mengakses sistem tersebut menggunakan sidik jari anda.

3. Waste Management

Waste management menjadi salah satu teknologi IoT yang sangat bermanfaat, karena berdampak positif pada kebersihan lingkungan, yang berguna untuk, memonitor volume sampah yang dapat dipantau dari jarak jauh, sehingga petugas kebersihan tidak perlu memeriksa setiap tempat sampah warga, karena sudah terbantu dengan adanya waste management tersebut.

4. Smart Street Lightning System

Manfaat IoT berikutnya adalah smart street lightning system, dimana penggunaan energi listrik akan digunakan sebaik mungkin. Kehadiran teknologi ini berguna untuk menghemat listrik, lampu bisa dikontrol dari jarak jauh untuk dinyalakan atau dimatikan jika sudah tidak digunakan. Serta lampu penerangan jalan tersebut juga bisa memberikan notifikasi kepada pengguna, jika harus diganti, sehingga penggunaan lampu akan dilakukan secara maksimal, dan tidak ada energi yang sia-sia terbuang.

Berbagai Unsur yang Terdapat pada IoT

Dalam alur kerja Internet of Things, terdapat unsur-unsur yang turut berperan dalam penggunaan teknologi tersebut. Berikut kami akan menjelaskan, apa saja unsur yang terdapat pada Iota tau level IoT.

1. Sensor

Sensor berfungsi untuk mengumpulkan atau merekam data, merubah jaringan standar yang cenderung pasif menjadi aktif. Bisa berbentuk microchip yang sudah terpasang pada perangkat, seperti kamera, GPS smartphone atau scan barcode.

2. Artificial Intelligence

Memiliki arti kecerdasan buatan, unsur Al berperan dalam mengumpulkan data, pemasangan jaringan atau pengembangan algoritma dari kecerdasan buatan. Al memungkinkan sistem komputer, software atau program untuk berpikir layaknya otak manusia.

3. User Interface

Manfaat IoT pada User Interface adalah menampilkan informasi, yang telah diolah pada cloud ke pengguna IoT. Seperti halnya pada smartphone, anda dapat melihat temperatur AC di lokasi yang telah anda tentukan, dan jika sudah melebihi kapasitas, maka anda bisa mematikannya.

4. Cloud

Cloud merupakan server yang berguna untuk menyimpan dan memproses data, sesuai dengan kebutuhan pengguna IoT. Misalnya data histori pembelian pengguna dari QR code, dapat diolah menjadi data preferensi pelanggan.

5. Konektivitas

Konektivitas bisa dikatakan sebagai hubungan koneksi antar jaringan, setelah data direkam maka data akan dikirim ke tempat pemrosesan data. Contoh dari unsur konektivitas itu sendiri adalah, WiFi, Bluetooth dan satelit.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Digital Marketing Funnel dengan Customer Journey

Penting bagi anda untuk mengetahui manfaat IoT, serta apa saja implementasi dari teknologi tersebut pada kehidupan sehari-hari. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!