12 January 2022

Bagaimana cara mengatasi 404 not found?

Mungkin anda penasaran bagaimana cara mengatasi 404 not found, terkadang peringatan tersebut sering kita dapatkan ketika sedang mengakses browser. Peringatan ini merupakan salah satu jenis error yang sering terjadi, dan paling dikeluhkan oleh para penggunanya. Padahal error seperti ini sebenarnya cukup merugikan bagi pemilik website, karena berkurangnya pengunjung yang disebabkan oleh eror tersebut. Error seperti ini sebenarnya memiliki banyak jenis, meskipun memiliki peringatan yang serupa, seperti 404 Page not Found dan Error 404.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Digital Marketing Funnel dengan Customer Journey

Jika anda pernah mengalami kondisi seperti ini, maka tidak perlu panik atau merasa khawatir bahwa laptop mengalami kerusakan. Hal ini wajar terjadi diantara para pengguna website, untuk lebih jelasnya kami akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi peringatan tersebut. Tentunya pengguna akan merasa jengkel, jika ingin mengakses website yang mereka butuhkan namun ternyata tidak bisa. Hal ini bukan disebabkan oleh jaringan internet, namun ada beberapa hal yang barangkali menjadi penyebab sebenarnya pengguna tidak dapat mengakses web.

Cara Mengatasi 404 Not Found Ketika Mengakses Situs

Ketika mengakses suatu website, mungkin anda pernah mengalami kondisi dimana website tersebut tidak dapat dibuka dan terdapat peringatan error di dalamnya. Hal ini memang umum terjadi kepada beberapa pengguna, dan kami akan menjelaskan cara mengatasinya.

1. Bersihkan Cache Browser

Cache merupakan ruang penyimpanan sementara, yang tidak masalah jika anda menghapusnya. Jika anda pernah menemukan website error 404 not found dan tersimpan di dalam cache, maka website tersebut akan tersimpan dan akan terus mengalami error ketika anda membukanya lagi. Cara menghapusnya dengan mengakses menu History, untuk cara cepat anda bisa langsung klik tombol Ctrl+H. Lalu pilih opsi Clear Browsing Data, tentukan rentang waktu yang ingin anda hapus, kemudian ceklis opsi Browser History dan Cached Image and Files, lalu klik Clear Data.

2. Reload atau Refresh

Cara mengatasi 404 not found berikutnya adalah dengan melakukan reload atau refresh, terkadang dengan melakukan cara ini, nantinya web anda akan kembali diproses untuk kembali berfungsi seperti semula. Cara ini memang belum tentu bekerja pada perangkat anda, sebab terkadang website tetap saja tidak bisa diakses, maka dari itu anda perlu mencoba cara lain.

3. Periksa Penulisan URL

Terkadang kesalahan juga terdapat pada pengguna, ketika mengetik alamat URL yang salah, tentu saja website tidak dapat ditemukan oleh server. Maka dari itu perhatikan lagi penulisan, apakah terdapat penulisan yang ganda atau terdapat kesalahan pada tanda baca.

4. Reset Permalink

Cara mengatasi 404 not found selanjutnya dengan reset permalink, menjadi faktor paling umum penyebab terjadinya error. Anda perlu mengetahui bagaimana WordPress menampilan Permalinks, caranya dengan mengakses menu Settings kemudian klik Permalinks. Biasanya pengguna memilih jenis permalinks yang berbeda-beda, meskipun begitu pilih Default Plain untuk mengembalikannya seperti semula. Setelah itu klik Save, dan halaman Settings akan melakukan Reload, lalu kembali lagi ke halaman Settings dan klik Save untuk kedua kalinya.

Penyebab 404 Not Found dapat Terjadi

Setelah anda mengerti cara mengatasi 404 not found dengan mudah, pasti anda merasa penasaran bukan, mengapa kondisi eror ini dapat terjadi. Berikut kami akan menjelaskan, apa saja kemungkinan terjadinya error 404 Not Found.

1. Caching Error

Kondisi ini dapat terjadi, jika browser pengguna tidak dapat menemukan file cache website. Masalah seperti ini berdampak pada munculnya error 404 not found, kondisi seperti ini memang umum terjadi dan anda bisa mengatasinya dengan cara yang sebelumnya kami berikan. Caching merupakan ruang penyimpanan sementara pada sebuah halaman HTML, tujuannya yaitu mengurangi bandwidth dan loading server. Dapat dikatakan bahwa caching berguna untuk, mempercepat sebuah website muncul pada sebuah halaman.

2. Pengaturan Nama Domain

Cara mengatasi 404 not found seperti halnya pengaturan nama domain, dapat anda lakukan dengan membuat semua server memiliki informasi yang seragam, agar domain berfungsi dengan benar dan stabil.

Ketika domain belum dipropagasi ke DNS, maka akan muncul error 404 Not Found, sehingga website tidak dapat dibuka dan menjadi bermasalah, diperlukan waktu untuk domain mengenali atau tersambung dengan server hosting.

3. Plugin atau Tema Bermasalah

Plugin atau tema juga bisa menjadi salah satu penyebab, ketika website mengalami masalah. Jika hal ini terjadi, mungkin pengguna dapat mengunduh ulang plugin atau tema tersebut.

4. Salah Menginput URL

Cara mengatasi 404 not found ketika salah menginput URL, dapat diatasi dengan perbaik alamat URL. Kesalahan penulisan garis, kelebihan atau kekurangan huruf, memang menjadi masalah umum yang mungkin bisa membuat website tersebut error. Tentu saja hal tersebut membuat browser tidak dapat menemukan website yang anda cari, perhatikan dengan teliti ketika mengetik alamat URL.

Sejarah dari 404 Not Found

Mengetahui cara mengatasi 404 not found, pasti akan membuat anda penasaran bagaimana sejarah dari error tersebut yang sudah terjadi sejak lama. Pesan 404 Not Found merupakan kode respons standar HTTP, ketika pengguna mengakses tautan yang rusak atau mati. Dapat dikatakan bahwa internet memberi pesan kepada pengguna, bahwa website tersebut memang tidak dapat diakses kembali.

Dikatakan bahwa pesan ini pertama kali muncul, ketika Tim Berners-Lee dan co-developer Robert Cailliau di CERN dari Swiss, sedang mengerjakan apa yang akan menjadi World Wide Web.

Saat itu mereka sedang membangun infrastruktur database, yang berguna untuk menawarkan akses terbuka dalam semua format. Sementara basis data pusat WWW, terletak pada sebuah kantor di lantai empat pada ruangan 404. Di dalam sebuah kantor tersebut, terdapat dua hingga tiga orang yang sedang mencari sebuah file yang sedang diminta dan mentransfer jaringan ke orang yang membuat permintaan.

Namun tidak semua permintaan dapat dipenuhi, dikarenakan terdapat masalah ketika seseorang salah memasukkan nama file. Masalah tersebut menjadi sebuah hal umum, sehingga orang-orang yang menemukan kesalahan pada permintaan tersebut, membuat pesan yang berisikan Room 404: File not Found.

Arti Sebenarnya dari 404 Not Found

Memang cukup menarik untuk mengulas pembahasan mengenai cara mengatasi 404 not found, hingga sejarah terbentuknya pesan tersebut. Nyatanya bentuk pesan error tersebut, tidak hanya disampaikan dalam kalimat 404 Not Found saja. Nyatanya terdapat beragam pesan yang memiliki arti sama, hanya saja kalimat yang disampaikan oleh website berbeda. Pada intinya arti dari 404 Not Found menyatakan bahwa, website yang anda ketik tidak dapat ditemukan oleh server.

Baca Juga: Mengenal Facebook Collaborative Ads dan Berbagai Manfaat yang Ditawarkan

Banyak kemungkinan yang memang menjadi penyebab masalah ini terjadi, dapat dikarenakan terdapat kesalahan pada penulisan atau memang website tersebut sudah dihapus atau mati. Ketika masalah seperti ini terjadi pada pengguna, jangan langsung berputus asa, tidak ada salahnya untuk mencoba cara mengatasi 404 not found terlebih dahulu. Ingin memasarkan produk Anda secara digital? Hubungi Dreambox! Kami siap membantu. Klik di sini!