...

Pelajari Jenis-jenis Pemasaran Online untuk Merintis Usaha

DATE
READING DURATION
5 Mins
SHARE

Pemasaran online memiliki cara dan metode yang beragam. Pemasaran online atau daring merupakan salah satu langkah yang banyak diambil oleh pelaku usaha saat ini. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan kebiasaan masyarakat yang cenderung untuk memanfaatkan hal efektif dan simpel, marketing online ini sangat menguntungkkan

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Memulai Marketing Online

Jenis Pemasaran Online untuk Usaha

Terdapat jenis-jenis pemasaran online yang dapat Anda terapkan pada usaha yang sedang dilakukan, yaitu :

1. Social Media Marketing

Penggunaan sosial media merupakan alternatif untuk memasarkan suatu produk. Dengan metode ini, pelaku usaha dapat mengunggah buku katalog maupun deskripsi secara singkat mengenai produk yang akan dipasarkan. Umumnya, media sosial yang sering digunakan untuk promosi ini adalah instagram, facebook, twitter, path, dan aplikasi lainnya.

2. Reseller atau Dropshipper

Reseller atau dropshipper menjadi salah satu pekerjaan sampingan bagi sebagian orang. Tidak hanya itu, dengan adanya reseller produk usaha yang dihasilkan memiliki penyebaran yang meluas di kalangan masyarakat. Dengan begitu, metode pemasaran ini cocok dilakukan oleh usaha yang memang masih berada di level bawah hingga usaha level atas.

Prinsip kerja dari metode ini adalah seorang reseller akan mempromosikan suatu produk usaha kepada konsumen atau calon konsumen. Terget pasar tersebut dapat diperoleh melalui relasi dari reseller. Semakin banyak reseller maka semakin banyak pula konsumen dan calon konsumen yang mengakibatkan profit dari sebuah usaha juga semakin meningkat.

3. Email Marketing

Dari sekian metode, email menjadi salah satu bagian dari jenis-jenis pemasaran online yang dapat diakses secara online. Pelaku usaha dapat melakukan pemasaran dengan cara mengirimkan pesan pada email konsumen. Umumnya, pesan tersebut dibuat secara resmi untuk menunjukkan identitas dari suatu usaha atau perusahaan.

4. Influencer Marketing

Tidak cukup dengan adanya sosial media, ketika seseorang berencana untuk melakukan pemasaran secara online dan akan menggunakan sosial media tersebut. Jumlah dari pengikut pada media sosial juga sangat berpengaruh.

Maka dari itu, sebagian besar pelaku usaha merekrut influencer  yang cukup diartikan sebagai seseorang yang mampu memberikan perubahan bagi orang lain. Hal ini digunakan untuk menarik perhatian dan minat konsumen. Metode ini dapat dilakukan melalui sosial media maupun iklan di website, youtube, maupun iklan di televisi.

5. Google Ads

Google adwords atau google ads merupakan bagian dari jenis-jenis pemasaran online efektif, dengan cara menempatkan iklan pada mesin pencarian google. Dengan metode ini, profil dari produk usaha diatur sedemikian rupa untuk menempati urutan pertama pada mesin pencarian google. 

Manfaat dari penggunaan google ads ini yaitu kemudahan penargetan iklan baik itu berdasarkan keyword, lokasi iklan, usia, bahasa, hari, waktu, dan perangkat. Manfaat selanjutnya adalah pemberian kendali biaya, mempermudah penilaian kesuksesan usaha, dan pengelolaan kampanye usaha yang lebih efektif.

6. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) merupakan salah satu dari jenis-jenis pemasaran online yang dilakukan dengan mengoptimalkan sebuah website pihak perusahaan atau pelaku usaha. Website menjadi salah satu media untuk memasarkan produk.

Tentunya, pada website tersebut diperlukan konten yang menjelaskan mengenai deskripsi produk baik secara umum maupun mendetail. Dengan adanya SEO maka akan diperoleh hasil pencarian nomor teratas untuk konten website sehingga akan lebih mudah dikunjungi oleh konsumen.

7. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) juga memiliki prinsip yang sama dengan SEO. Pada metode ini, dilakukan peningkatan visibilitas website pada laman pencarian google.
Uraian tersebut merupakan rangkuman dari jenis-jenis pemasaran online yang dapat dilakukan baik di rumah maupun di tempat kerja. Teknik pemasaran secara daring mengakibatkan pelaku usaha lebih leluasa untuk melaksanakan pekerjaannya di mana pun dan dengan cara

Baca Juga: Wajib Tahu, 5 Keuntungan Menerapkan Pemasaran Digital Pada Usaha Anda

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar Pemasaran Digital? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.

RELATED BLOG

Find Similar Blog

Contact Us

Blank Form (#3)
Contact Us fluent_forms