18 May 2020

Bagi Anda yang saat ini sedang berkutat dengan urusan branding dan marketing perusahaan, pastinya sudah tidak asing lagi ya dengan pembuatan company profile.

Perkara yang satu ini memang merupakan salah satu alat wajib yang biasanya digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dengan konsumennya. Ibaratnya si company profile ini seperti perkenalan dari perusahaan, agar konsumen bisa mengetahui lebih jauh mengenai produk dan juga jasa yang ditawarkan.

Baca Juga: Peranan CEO dalam Branding Perusahaan

Untuk lebih lengkapnya, yuk simak bahasan mengenai bagaimana tahapan membuat company profile agar bisa tepat sasaran dan mendukung proses branding perusahaan.

Tahapan Pembuatan Company Profile Perusahaan

Dalam menentukan company profile yang sesuai dan pastinya tepat dengan target yang diinginkan oleh perusahaan, ada beberapa tahapan penting yang tak boleh dilewatkan.

  1. Riset yang Lengkap

Company profile yang baik selalu diawali dengan proses riset atau pengumpulan data. Pada proses ini perusahaan diharuskan mengumpulkan informasi yang lengkap, dari berbagai sumber dan sisi. Hal ini karena nantinya data hasil riset ini akan menjadi landasan utama untuk membentuk konten dan juga informasi yang disampaikan dalam company profile. Karena itu jika dasarnya kuat dan baik, maka nantinya konten yang bisa dimunculkan akan sistematis dan tepat sasaran. Namun jika informasinya terbatas, kemudian tidak lengkap, maka nantinya konten yang hadir juga akan seperti itu.

Secara ringkasnya, bayangkan saja bagaimana caranya Anda memulai pembuatan company profile jika tidak mengetahui apa yang harus dibuat? Siapa yang harus dituju? Dan bagaimana cara penyampaian yang baik? Nah, karena itulah proses riset ini bertujuan untuk melengkapi data-data yang diperlukan oleh perusahaan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan krusial tersebut.

Proses riset ini biasanya mengumpulkan informasi dari internal perusahaan, dan bagian eksternal perusahaan. Bagian internal meliputi visi dan juga misi yang dimiliki perusahaan, budaya yang dimiliki, keunggulan serta kekuatannya, serta pastinya berapa budget yang dialokasikan untuk produk atau jasa tertentu. Dari pihak eksternal biasanya data yang dikumpulkan akan berupa kekuatan kompetitor, keadaan pasar, target dan segmentasi konsumen, ancaman yang dimiliki, hingga komparasi dari company profile perusahaan lain.

  1. Pembuatan Naskah

Pembuatan company profile tidak bisa secara serampangan, karena itu sebelum dilakukan akuisisi company profile harus melewati tahapan pembuatan naskah terlebih dahulu. Naskah ini berasal dari analisa informasi yang telah dikumpulkan dari proses riset sebelumnya. Pada tahapan ini, poin-poin penting akan dibuat dan disaring, hingga menemukan konten yang utuh. Termasuk juga terkait dengan media penyampaiannya, apakah cetak, visual, atau bahkan audio dan visual.

Nantinya naskah yang sudah rampung akan diajukan dalam rapat rutin, untuk dinilai apakah sudah cukup merepresentasikan perusahaan dengan apik atau tidak.

  1. Produksi dan Publikasi

Setelah naskah disetujui akan masuk dalam tahapan produksi. Nantinya seluruh konten dan perencanaan yang sudah dibuat dalam naskah akan diaplikasikan dalam wujud nyata. Mulai dari jenis desain yang digunakan, poin-poin yang disampaikan, bentuk komunikasi yang dipilih, dan lain-lain.

Jika sudah rampung, barulah company profile akan diluncurkan, dan dicoba ke konsumen. Pada proses publikasi ini sendiri biasanya bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari event khusus, iklan di media, menggunakan bantuan public relations, dan lain-lain. Biasanya perusahaan saat ini memilih langkah publikasi yang terintegrasi, apalagi sekarang sudah ada bantuan teknologi digital dan internet.

  1. Evaluasi dan Penilaian

Ini merupakan tahap penutup dari pembuatan company profile. Nantinya konten yang sudah dipublikasi akan dievaluasi, untuk melihat efektifitas yang ada. Apakah sudah bisa menjangkau konsumen atau tidak? Apakah sesuai dengan tren pasar atau tidak? Dan apakah konten yang dipilih sudah sesuai untuk memperkenalkan perusahaan atau tidak.

Itulah beberapa bahasan singkat mengenai company profile, Memang tidak singkat, namun jika Anda berhasil membuat company profile yang baik, maka akan memberikan benefit tambahan pada perusahaan. Semoga berhasil!

Baca Juga: Penjelasan Seputar Branding Kit, dan Kegunaannya untuk Pelaksanaan Branding

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.