20 April 2020

Brand image merupakan komponen penting dari sebuah produk baik itu barang ataupun jasa.

Dalam suatu bisnis, pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian kaitannya begitu erat dan tidak bisa dipisahkan. Semakin baik brand image yang Anda buat, pelanggan akan lebih melirik produk dan jasa yang ditawarkan. Selain itu, identitas dari sebuah produk baik atau tidaknya bisa dilihat pertama kali dari brand image.

Baca Juga: Citra dan Pengaruh Media Sosial Dapat Mempengaruhi Branding

Bisa dibilang bahwa dengan strategi brand image yang bagus maka akan membuat calon pelanggan lebih mudah mengingat dan mengenal produk-produk yang dipasarkan. Hal ini yang kadang disepelekan banyak produsen namun ternyata semua ini sangat penting sekali jika ingin mendongkrak sebuah pemasaran produk.

Brand Awareness, Upaya Meningkatkan Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian

Dalam sebuah bisnis, brand memiliki peranan penting untuk bisa membedakan apakah bisnis tersebut baru atau sudah ada sebelumnya. Brand image bukan hanya sekedar logo atau nama perusahaan, melainkan sebagai perwujudan image atau persepsi seseorang mengenai produk dan perusahaan Anda. Ketertarikan konsumen terhadap suatu produk merupakan salah satu pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian.

Untuk meningkatkan brand image yang dimiliki, Anda harus mampu membangun brand awareness yang baik. Brand awareness adalah upaya pembentukan pendekatan brand kepada konsumen atau target market. Berikut ini beberapa cara meningkatkan dan memperbaiki brand image.

  1. Sosial Media

Di era sekarang, media sosial merupakan bagian penting dari marketing sebuah brand. Dengan adanya media sosial, targetnya terfokus pada konsumen dan produk. Selain itu, brand image bisa berinteraksi dengan konsumen dan calon konsumen secara langsung. Hal ini bisa membantu meningkatkan rasa percaya konsumen terhadap brand yang Anda miliki.

  1. Content Marketing

Pada content marketing ini, konten yang Anda buat harus mampu memenuhi kebutuhan dalam memberikan informasi kepada pembaca, bukan hanya terfokus pada barang atau jasa. Konten disini haruslah konten positif yang bersifat informatif. Tujuannya untuk menekankan citra dan pesan dari bisnis yang Anda kelola.

  1. Video Marketing

Merupakan upaya yang bisa dilakukan untuk mencapai target pasar lebih luas. Video ini bisa berupa penjelasan dengan pembuatan video berdurasi 1-2 menit yang berisi info penting mengenai bisnis Anda. Hindari pembuatan video terlalu lama apalagi monoton, karena hal ini bisa membuat penonton bosan melihatnya.

  1. Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan strategi pemasaran produk melalui para influencer. Sederhananya, influencer ini merupakan orang yang sudah populer di media sosial seperti instagram, twitter, blog, dan youtube yang memiliki banyak pengikut. Para influencer ini biasanya sangat disukai oleh followersnya sehingga apa yang disampaikan dan dilakukannya bisa mempengaruhi followers untuk mencoba produk.

  1. Sponsorship

Anda bisa menjadi sponsor dari sebuah event untuk mencapai target audience dan meningkatkan pendekatan brand awareness. Agar lebih maksimal, pilihlah event yang relevan dengan target audience dan mempunyai prinsip yang sama dengan bisnis Anda sehingga nantinya tidak berdampak buruk terhadap bisnis yang dikelola.

Pengaruh brand image memang sangat penting sekali untuk keputusan pembelian sebuah produk. Maka dari itu peningkatan sebuah brand image memang penting sekali untuk kamu perhatikan dengan baik. Jangan sampai brand image yang Anda bangun kurang bagus sehingga hal ini akan sangat sulit sekali dilakukan dalam prosedur meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Teknik Stop Motion, Ide Kreatif Dalam Pembuatan Iklan

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.