19 November 2020

Aktivitas Digital Marketing perlu selaras dengan branding perusahaan.

Setiap perusahaan tentunya memiliki target yang telah ditentukan, dan untuk mencapai target tersebut diperlukan suatu proses operasi yang didukung oleh strategi yang sesuai. Pada dasarnya semua kegiatan yang berjalan pada suatu bisnis atau perusahaan adalah saling bersinambung satu sama lain, ibarat tali yang saling berhubung untuk membuat suatu simpul, seperti salah satunya Pengaruh Digital Marketing terhadap branding perusahaan.

Baca juga: 3 Tips Memaksimalkan Digital Marketing Bisnis Anda

Digital Marketing dapat dikatakan sebagai wajah perusahaan yang ditampilkan kepada publik, ditujukan untuk menggapai calon konsumen yang lebih banyak dengan memperkenalkan atau menawarkan produknya, tentunya hal ini sangat berpengaruh terhadap Branding yang merupakan citra dari sebuah perusahaan atau bisnis. Sehingga seluruh bentuk aktvitas yang dilakukan oleh Digital Marketing perlu disesuaikan dengan Branding yang dimiliki, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Kemasan atau Konsep dari Digital Marketing

Ketika suatu bisnis berencana untuk melakukan suatu Digital Marketing baik dalam bentuk Iklan, Campaign, ataupun Email marketing; mereka perlu memperhitungkan tampilan yang akan diberikan kepada calon konsumen, secara Desain (pemilihan warna, gambar, bentuk) dan tampilan yang digunakan. Sebagai contoh apabila perusahaan melakukan Email Marketing baik dalam bentuk B2B ataupun B2C, sebaiknya template dari email yang digunakan sesuai dengan Branding perusahaan, apabila perusahaan memiliki branding yang elegan maka secara desain harus disesuaikan dengan pemilihan yang elegan.

  • Pemilihan Kata

Pemilihan kata merupakan hal yang penting dalam membangun kalimat untuk Digital Marketing, percaya atau tidak suatu calon pelanggan dapat tertarik dengan suatu Highlight kalimat yang digunakan, kalimat tersebut tidak selalu berbentuk promo tetapi juga dapat berbentuk informatif atau pertanyaan yang memiliki kesan persuasif. Sebagai contoh suatu perusahaan yang melaukan iklan perlu membangun kalimat yang sedemikian rupa persuasif agar bisa menarik bagi calon konsumen, dan kalimat andalan tersebut diperbesar sehingga lebih mudah dilihat.

  • Target Audience

Selain pemilihan kata, suatu perusahaan yang hendak melakukan digital marketing juga perlu menentukan target audience, karena semua bentuk marketing yang telah disesuaikan dengan branding akan berjalan lebih efisien apabila dipasarkan kepada calon pelanggan yang tepat, hal ini perlu disesuaikan baik secara umur, regional, hingga daya beli. Sehingga perusahaan terhindar dari kerugian atau income yang tidak sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Dari pemaparan di atas dapat diketahui bahwa pengaruh digital marketing sangatlah besar bagi branding perusahaan, apabila aktivitas digital marketing tidak sesuai dengan branding perusahaan maka akan berdampak pada ketidaksesuaian image dan seakan memberikan kesan perusahaan tidak memiliki prinsip. 

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Peran Digital Marketing Terhadap Perkembangan Bisnis

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.