17 June 2020

Layanan Customer service merupakan jenis pekerjaan yang cukup krusial untuk dijalankan.

Tidak sembarangan orang bisa melakukan pekerjaan ini. Pengetahuan secara menyeluruh mengenai isi perusahaan wajib untuk dihafal dan dimengerti. Selain itu product knowledge juga harus dikuasai dengan baik. Tugas utama dari customer service adalah memberikan pelayanan kepada pembeli yang memerlukan bantuan berupa pertanyaan atau ketika sedang mengalami masalah dalam penggunaan produk dari perusahaan.

Baca Juga: Bentuk Company Profile Mempengaruhi Branding Perusahaan

Selain pengetahuan, tutur kata yang sopan juga menjadi kunci penting dari pekerjaan sebagai customer service. Melayani pembeli dengan ramah dan sabar dapat menjadikan pembeli nyaman dan terbantu. Dalam memberikan bantuan dan menyelesaikan masalah, customer service perlu diberikan pelatihan mengenai tata cara berinteraksi melalui telepon atau pesan digital dengan pembeli agar proses interaksi dapat berjalan dengan baik dan apa yang menjadi kebutuhan dari konsumen dengan menggunakan layanan customer service dapat terpenuhi dengan baik.

Seorang customer service memiliki SOP atau standar operasional pekerja yang harus dipenuhi dan semua sama antara customer service dengan lainnya. Seluruh pekerjaan mereka diatur oleh SOP yang telah disusun dengan sedemikian rupa untuk melayani pembeli. Tugas melayani memang tidak mudah untuk dilakukan, oleh karena itu perlu adanya pelatihan khusus terhadap mereka yang cocok dan layak menjadi seorang customer service. Penampilan dan tutur kata yang baik menjadi poin tambahan seorang customer service yang profesional.

Perusahaan memiliki banyak cara untuk berbicara atau berinteraksi dengan pembelinya. Salah satunya adalah melalui customer service. Wajah perusahaan tidak hanya bisa dilihat dari media saja, melainkan melalui customer service. Sobat sekalian bisa menilai seberapa bagus dan kredibel sebuah perusahaan melalui layanan customer service. Bagi Anda pemilik perusahaan perlulah memerhatikan pengaruh layanan customer service terhadap citra perusahaan Anda jika Anda ingin perusahaan Anda tetap baik di mata orang banyak.

Berikut pengaruh layanan customer service terhadap citra perusahaan:

  • Trust

Seorang customer datang menghubungi perusahaan melalui layanan customer service karena ada urgensi yang perlu untuk diselesaikan. Seperti pertanyaan seputar produk yang Anda tawarkan atau pertanyaan dan permintaan bantuan untuk menyelesaikan masalah t  erkait produk yang sudah dikonsumsi. Kedatangan tersebut harus disambut dengan baik, karena pada dasarnya customer memang membutuhkan bantuan langsung dari perusahaan. Oleh karena customer service harus membantu dengan maksimal agar bantuan tersebut dapat diberikan ke customer. Karena jika ada sedikit saja masalah dalam layanan bantuan tersebut, maka customer perlahan bisa tidak percaya terhadap perusahaan Anda karena merasa tidak dihargai dan dibantu.

  • Loyalitas

Semakin loyal seorang customer kepada perusahaan Anda, semakin besar juga peluang interaksi akan terjadi. Umumnya konsumen yang loyal akan lebih percaya diri untuk menggunakan jasa layanan customer service hanya untuk lebih dihargai oleh perusahaan. Mereka sudah menaruh kepercayaan yang berlebih terhadap perusahaan Anda sehingga loyalitas tersebut muncul. Perlu adanya timbal balik kepada mereka melalui pemberian perlakuan khusus dan pemberian keuntungan spesial yang bisa dilakukan oleh seorang customer service. Customer Anda akan sangat senang jika mereka dihargai dan loyalitas yang sudah tercipta akan semakin meningkat dengan pelayanan perusahaan Anda yang sangat baik.

  • Asumsi

Sulit untuk perusahaan dapat mengontrol asumsi khalayak banyak baik itu di dunia maya atau di dunia nyata. Satu saja kesalahan tidak menyenangkan yang diterima oleh seorang customer dapat mencoreng nama baik atau citra perusahaan itu hanya dari sebuah asumsi. Perlakuan tidak menyenangkan tersebut harus dihindarkan dengan selalu memberikan layanan terbaik melalui layanan customer service kepada seluruh khalayak baik itu di dunia maya maupun di dunia nyata.

Tingkatkan kualitas layanan perusahaan Anda melalui layanan customer service perusahaan Anda untuk mendukung lingkungan pasar yang positif.

Baca Juga: Contoh Pembuatan Company Profile yang Sesuai Dengan Branding Perusahaan

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini.