05 October 2020

Brand association adalah suatu elemen penting dalam berbisnis, yang dapat memberikan dampak signifikan pada bisnis Anda.

Bagi Anda yang sudah lama malang melintang di dunia bisnis, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Brand Association atau asosiasi merek. Atau mungkin, Anda adalah seorang pebisnis baru yang sedang berencana untuk melebarkan sayap. Maka tidak ada salahnya untuk mengenal lebih jauh mengenai istilah asosiasi merek ini.

Baca Juga: Pentingnya Langkah Brand Management yang Baik dan Benar untuk Kesuksesan Bisnis

Dengan memahami istilah asosiasi merek secara mendalam, Anda akan dapat memahami betapa pentingnya aspek ini terhadap bisnis. Uraian berikut ini akan membahas mengenai asosiasi merek dan dampaknya terhadap bisnis yang yang kelola.

Pengertian Brand Association

Asosiasi merek adalah kesan yang melekat dalam benak seseorang begitu melihat objek yang berhubungan dengan suatu produk barang atau jasa tertentu. Objek yang dimaksud bisa berupa logo, konsep, nama produk, atau emosi yang berhubungan dengan pengalaman seseorang ketika berinteraksi dengan produk tersebut.

Inilah pentingnya merek, sehingga dengan alasan ini, banyak pemilik produk yang mendesain merek dan logonya dengan cara semenarik mungkin, supaya dapat diingat dengan mudah oleh para konsumen sejak pengalaman interaksi pertama.

Prinsip brand association ini juga bisa dikatakan bekerja secara bolak-balik atau dua arah. Sederhananya, jika produk Anda sudah memiliki merek yang kuat, maka para konsumen akan dengan sangat mudah mengasosiasikan merek Anda dengan produk yang serupa di pasaran. Sebaliknya, para konsumen tersebut sedang berpikir mengenai suatu produk, maka ada kemungkinan merek produk Anda akan menjadi salah satu pilihan bagi mereka.

Dampak Brand Association Terhadap Bisnis Anda

Setelah memahami tentang asosiasi merek dan prinsip kerjanya, Anda juga perlu mengetahui mengenai dampak asosiasi merek terhadap bisnis. Berikut ini adalah beberapa dampak yang mungkin akan ditimbulkan oleh asosiasi merek.

1. Respon konsumen

Respon yang dimaksud tidak selalu bermakna positif. Karena bisa jadi konsumen akan mengasosiasikan sebuah dengan kesan yang kurang bagus atau negatif. Hal ini berkaitan dengan salah satu elemen asosiasi merek itu sendiri, yaitu pengalaman interaksi konsumen tersebut dengan suatu merek tertentu di masa sebelumnya.

Kesan buruk tersebut juga bisa terjadi karena adanya pemberitaan yang kurang baik tentang suatu perusahaan bisnis. Sehingga bukan kualitas produknya yang jadi masalah, akan tetapi karena rasa antipati konsumen terhadap perusahaan yang menaungi bisnis tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tak bosan-bosan untuk terus mewaspadai kondisi asosiasi merek ini di lapangan secara langsung.

2. Pilihan untuk strategi pemasaran produk

Setelah Anda yakin dengan merek yang Anda miliki, maka ada baiknya Anda menentukan langkah yang jitu untuk semakin memperkuat efek asosiasi merek tersebut melalui iklan.

Menyewa jasa brand ambassador atau dengan cara endorse akan membuat merek produk kita memiliki asosiasi dengan figur tersebut. Sehingga prinsip kerja dua arah juga akan berlaku untuk merek bisnis dan brand ambassador atau endorser tersebut.

3. Memprediksi keuntungan atau kerugian

Dengan mempelajari dan memaksimalkan efek asosiasi merek tersebut, Anda akan dapat dengan mudah mengamati perkembangan bisnis Anda. Otomatis, Anda juga dapat memperkirakan apakah bisnis Anda akan mendapatkan profit yang besar atau malah akan tertimpa kerugian. Ada baiknya untuk mengikuti berita harian tentang keadaan terkini, karena biasanya situasi tersebut juga bisa memengaruhi asosiasi merek bisnis milik Anda.

Demikianlah penjelasan mengenai brand association dan dampaknya terhadap bisnis yang Anda kelola. Semoga bermanfaat dan menjadikan bisnis Anda untuk setidaknya tetap stabil. Terutama dengan kondisi pandemi yang menyerang ekonomi secara global selama setahun terakhir ini.

Baca Juga: Seberapa Penting Branding dalam Menjalankan Usaha?

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia branding? Kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.