27 November 2020

Agar memiliki identitas yang dapat menunjang perkembangan suatu kota harus memiliki City Branding.

Perkembangan dunia modern selalu menjadi barometer bagi kota-kota di Indonesia agar semakin berkembang dan maju. Tiap kota selalu berusaha untuk lebih mempromosikan kotanya agar mendapatkan kedudukan baik secara nasional maupun internasional. 

Baca juga: 9 Negara dengan Nation Branding Berhasil, Wajib Ditiru.

Upaya memunculkan identitas pun menjadi cara jitu untuk lebih memantapkan posisi kota di mata masyarakat luas. Melalui upaya ini diharapkan segala aktivitas kota, baik dari segi pariwisata maupun ekonomi dikenal luas. Sebagian kota di Indonesia pun sudah memiliki brand yang menjadi ciri khas kota.

Pengertian City Branding

City branding atau branding kota secara sederhana dapat dikatakan sebagai istilah atau slogan kota yang menjadi ciri khas kota tersebut. Strategi ini digunakan sebagai alat pemasaran kota agar semakin memiliki kedudukan strategis di mata nasional maupun dunia. Sebutan itulah yang mengangkat target pemasaran kota.

Manfaat Branding Kota

Kota yang sudah memiliki brand, biasanya mengangkat sektor pariwisata dan ekonomi sebagai brand untuk dipromosikan ke masyarakat luar. Tujuannya agar sektor ini mendapatkan kemajuan dan keuntungan yang bisa dirasakan masyarakat kota tersebut. Berikut manfaat dari kota branding yang perlu Anda tahu,

  1. Sebagai Identitas Kota

Seperti halnya brand pada iklan-iklan produk komersil, branding kota juga dapat dikatakan sebagai upaya mengiklankan kota dengan brand khas. Selain untuk mengangkat aktivitas warga kota, brand ini juga sebagai pembeda dengan kota lainnya. Istilah atau penamaan brand pun harus sesuai strategi pasar.

Brand kota biasanya menggunakan istilah asing dalam promosinya, seperti yang ditunjukkan kota Bandung dengan brand “Paris Van Java”. Penggunaan istilah asing bertujuan untuk merambah wisatawan nasional dan internasional. Brand inilah yang menjadikan kota memiliki identitas di mata masyarakat luas.

  1. Meningkatkan Bidang Pariwisata

Setiap kota di Indonesia memiliki kanekaragaman budaya dan tradisi yang dapat menghipnotis para wisatawan. Ditambah dengan hamparan keindahan alam, menjadikan kota di Indonesia sebagai surga dunia. Agar semakin mengenalkan pariwisata Indonesia, maka digunakanlah istilah city branding

Sebagai contoh brand kota Bandung “Paris Van Java”. Wisatawan akan mengingat bahwa di daerah jawa terdapat kota yang memiliki keindahan dan kemajuan seperti kota Paris. Dengan mendengar istilah ini, orang akan penasaran dan mencari tahu tentang keberadaan kota Bandung.

Dengan rasa penasaran yang ditimbulakan, bukan tidak mungkin orang akan merasa terpancing untuk mengunjungi Bandung sebagai Parisnya Jawa. Dengan proses itulah efek yang bisa dirasakan oleh kota dengan slogan khas akan meningkat jumlah wisatawannya, sehingga bidang pariwisatapun maju.

  1. Meningkatkan Bidang Perekonomian

Seiring meningkatnya jumlah wisatawan yang datang ke kota-kota di Indinesia, maka dapat dipastikan pertumbuhan ekonomi pun semakin pesat. Beberapa sektor ekonomi akan merasakan dampak positifnya, seperti penginapan, kuliner, pusat belanja/souvenir, transportasi, dan lainnya. 

Pertumbuhan ekonomi akan selalu terjaga, apabila kota tersebut selalu mempertahankan brandnya. Bukan tidak mungkin kemajuan ekonomi pun akan selalu berkembang pesat dengan selalu berinovasi dalam menciptakan destinasi-destinasi baru. 

  1. Menciptakan Reputasi dan Persepsi yang Baik 

Dengan menjaga city branding, reputasi kota akan selalu terjaga sehingga persepsi dunia luar terhadap kota tersebut. Dengan kondisi yang terjaga itu, memudahkan para investor untuk datang ke kota yang memiliki brand. Ini menjadi keuntungan kedua belah pihak antara pemerintah kota dan investor.

Berbeda dengan kota yang tidak memiliki brand akan sulit sekali dalam mendapatkan investor. Para investor tidak akan mengetahui segala potensi yang dimiliki kota tersebut. Sangat disayangkan apabila potensi yang dimiliki kota tidak dikelola dengan baik dan maksimal

Dari uraian di atas, city branding sangatlah bermanfaat untuk membangun identitas dan kemajuan kota. Kemajuan kota dan masyarakatnya merupakan tujuan dari pembangunan, sudah selayaknya suatu kota memiliki brand agar dapat dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan maupun investor. 

Baca 7 City Branding Terbaik di Seluruh Dunia.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai dunia branding, kunjungi website Dreambox Branding Agency di sini.