11 February 2021

Di Industri 4,0 adalah saatnya online marketing berjaya, Anda tidak mau ketinggalan bukan?

Dengan atau tanpa Anda sadari, perkembangan sistem informasi dan komunikasi telah berkembang pesat dalam beberapa tahun ini. Tidak hanya dirasakan oleh orang-orang dengan profesi tertentu. Namun, hal ini juga memberikan pengaruh signifikan terhadap gaya hidup dari berbagai lapisan masyarakat.

Baca Juga: Cara Mengembangkan Bisnis Digital Marketing

Salah satu dampak dari perkembangan teknologi ini adalah adanya online marketing. Bagi Anda yang masih merasa asing dengan istilah ini, mungkin Anda adalah salah satu pengguna tanpa mengetahui istilah dari kegiatan tersebut. Sebenarnya apa sih pengertian online marketing? Berikut ini pembahasan menariknya untuk Anda!

Inilah Pengertian Online Marketing dan Strategi Melaksanakannya

Sudahkah Anda mengetahui pengertian online marketing sebelumnya? Online marketing adalah sistem pemasaran produk yang memanfaatkan sistem digital dan jaringan intenet. Penggunaan sistem online ini diharapkan mampu menjangkau lebih banyak orang. Sehingga produk yang dipasarkan akan lebih familiarkan dan menjaring lebih banyak konsumen yang potensial.

Ada banyak sekali kelebihan menggunakan sistem online dalam kegiatan marketing produk. Pertama, sistem ini membutuhkan biaya yang lebih terjangkau daripada marketing yang dilakukan secara offline. Karena Anda tidak perlu repot mencetak dan menyebarluaskan media promosi Anda di titik tertentu. Kedua, sistem marketing online juga lebih efektif daripada marketing konvensional. Tercatat, sebuah perusahaan yang melakukan marketing dengan sistem online mampu meraup keuntungan 2,8% lebih banyak daripada marketing konvensional. Ketiga, efektivitas marketing yang dilakukan juga dapat dievaluasi dengan mudah. Anda bisa mendapatkan data spesifik mengenai pengunjung konten Anda, dan membuat analisa apakah mereka sudah sesuai dengan target marketing Anda.

Lalu bagaimana caranya supaya online marketing Anda menjadi lebih efektif? Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Membuat Website Khusus

Ini akan menjadi seperti ‘rumah khusus’ yang menyediakan informasi lengkap tentang barang yang dipromosikan. Konsep website ini adalah toko online yang tidak berbeda dari toko offline yang ada di dunia nyata. Melalui website ini, Anda dapat bertransaksi sekaligus memantau traffic bulanan di semua platform yang Anda miliki.

Website bisa dibuat dari yang model sederhana maupun yang premium. Keuntungan lain memiliki website khusus untuk produk yang Anda tawarkan adalah meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap produk Anda, bahkan hingga mencapai kisaran 80%. Sebagaimana kepercayaan mereka pada produk yang memiliki toko offline di dunia nyata. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat tampilan website seimpresif mungkin.

2. Mempelajari SEO untuk Optimalisasi Konten

Banyak pelanggan cerdas yang memutuskan untuk melakukan riset terlebih dahulu terhadap produk yang akan dibeli. Selain untuk mengetahui spesifikasi produk yang dibeli, banyak di antara mereka yang berniat untuk membandingkan 1 brand dengan brand lainnya.

Dan brand teratas yang muncul di mesin pencari lebih berpeluang besar untuk menarik minat mereka. Menggunakan teknik Search Engine Optimization adalah salah satu langkah yang bisa lakukan untuk membuat produk Anda dapat ditemukan dengan mudah di mesin pencari.

3. Endorsement dengan Influencer

Selain memanfaatkan media sosial dan platform digital, salah satu strategi marketing online yang jitu adalah mengadakan kerja sama dengan public figure atau influencer. Hal ini dikarenakan mereka memiliki banyak followers dan penggemar, sehingga kemungkinan mereka akan melihat dan tertarik dengan produk Anda. Selain itu, produk Anda juga akan memperlihatkan kesan lebih berkelas dan meyakinkan jika sudah dikenakan oleh para influencer tersebut.

Tidak rumit, kan? Demikianlah pengertian online marketing dan beberapa informasi dasar tentang pemasaran online yang sangat menarik untuk Anda simak. Dapat langsung dipraktekkan untuk perkembangan bisnis Anda.

Baca Juga: Keuntungan Bekerja Sama dengan Jasa Digital Marketing Dreambox Agency

Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Kunjungi blog Dreambox Branding Agency di sini!